integrasolusi.com –  Kita sebagai manusia yang merupakan makhluk sosial yang tidak bisa hidup tanpa adanya bantuan dan interaksi dengan orang lain, yang sibuk dan terlalu fokus mengejar mimpi-mimpi dan tujuan hidup masing-masing, terkadang melupakan hal-hal kecil yang mungkin dianggap sebagai hal sepele tetapi sebenarnya sangat berarti dan penting dalam kehidupan kita. Ya mungkin saja dari Anda sekalian pernah mengalaminya, atau bahkan tidak menyadarinya. Disini penulis akan sedikit mengupas hal-hal apa saja sih yang dianggap penting tetapi sangat berarti bagi kehidupan kita, mari kita simak artikel berikut ini.

Hal-hal kecil tetapi penting, seperti:

  1. Ucapan terima kasih, maaf dan tolong

Ini sebenarnya hal kecil  dan dianggap sangat sepele, hanya terdiri dari tiga kata sederhana saja, tetapi sering lupa kita ucapkan ke sesame. Ya memang sederhana dan simple saja sih dalam mengucapkannyam tetapi dampaknya sangat besar bagi hubungan kita sebagai mahkluk sosial. Ya kita mesti membiasakan diri, untuk berucap “terima kasih” ketika memerima bantuan, atau kata “maaf” ketika kita berbuat salah yang sengaja atau tidak, dan kata-kata “tolong” ketika kita akan meminta bantuan. Dan dengan ketiga kata sederhana itulah, hubungan kita dengan sesama akan tetap terjaga dengan baik.

 

  1. Jadilah pendengar yang baik

Ini hal kecil juga yang dapat berpengaruh pada kehidupan kita  ketika berinteraksi dengan orang lain. Biasakan mendengarkan dulu lawan bicara Anda, jangan sampai memotong pembicaraan. Cari waktu yang tepat untuk menanggapinya, karena dengan memotong pembicaraan, bisa-bisa Anda dianggap tidak sopan dan kurang menghargai orang lain. Lebih baik menjadi pendengar yang baik, sabar dan baru menilai atau menanggapi.

 

  1. Selalu tepat waktu

Mungkin dari sebagian orang, akan memandang sepele tentang ketepatan waktu, bisa karena memang sudah menjadi budaya jam karet, atau karena Anda sudah terbiasa akan keterlambatan. Hal ini tentu saja memang sepele, tetapi sangat merugikan ketika Anda sedang mengadakan janji dengan seseorang. Tidak mungkin kan, teman atau relasi Anda menunggu berlama-lama untuk ketemuan dan menganggap diri Anda tidak menghargai orang yang sudah bersusah payah datang tepat waktu, hanya karena hal sepele saja, yaitu datang tepat waktu.

 

  1. Tidak pelit

Kata-kata tidak pelit, bisa diartikan suka berbagi ke sessama. Baik itu berbagi dalam hal-hal yang biasa, seperti berbagi makanan, mentraktir teman kalau kita kita punya uang lebih dll, dan berbagi kemampuan yang kita miliki, seperti ilmu pengetahuan yang kita miliki, ketrampilan yang kita kuasai, dll. Dalam hal tidak pelit inilah, seseorang akan senang jika berhbungan atau menjalin relasi dengan Anda dan bahkan bisa saja Anda menjadi orang baik di mata mereka.

 

  1. Bersikap baik kepada siapa saja

Ini mungkin hal yang terkadang sering Anda lupakan. Karena bersikap baik, bukan hanya kepada orang kita kenal saja, melainkan kepada setiap orang, terlepas ada orang yang memang sengaja memanfaatkan niat  baik Anda. Kita sebagai makhluk sosial dan juga sebagai manusia Indonesia yang berbhineka tunggal ika, tentunya sangat wajar  kita harus bersikap  baik dan saling tolong- menolong dengan sesama, sebagai cermin dari budaya bangsa Indonesia yang suka bergotong-royong dengan sesama.

 

Itulah hal-hal kecil dan sederhana yang dapat dilakukan sehari-hari, yang tentunya mempunyai dampak besar bagi kehidupan sehari-hari maupun dimasa mendatang.

Sudahkan Anda menerapkan “Kecil Tetapi Penting” dalam kehiudpan sehari-hari?

Mulailah dari sekarang !

 

Terima kasih dan semoga bermanfaat.

 

 

 

 

 

Dari berbagai sumber :
https://blog.peduly.com/penting-inilah-5-hal-kecil-yang-berpengaruh-besar-dalam-hidupmu/
https://www.popular-world.com/groove/hal-hal-kecil-yang-ternyata-penting-dalam–116044/