Lambatnya Respons Persuratan dan Disposisi Sekolah, Ini Akibatnya!

2023-05-23T16:52:12+07:00 January 31st, 2023|Categories: Persuratan|Tags: , , |

integrasolusi.com – Sama seperti instansi publik lainnya, sekolah juga memiliki tugas penting untuk menerapkan manajemen persuratan, disposisi, akses informasi, dan privasi. Namun, di tengah sibuknya tugas untuk melayani siswa dan masyarakat, tanggung jawab perihal persuratan dan disposisi di sekolah kerap terbengkalai.

Padahal, persuratan dan disposisi merupakan salah satu cara efektif bagi sekolah untuk bisa terhubung dan menerima bantuan dari pihak luar agar tetap bisa bersaing dan bertahan. Jadi sudah jelas, bahwa aktivitas ini tidak boleh diremehkan sebab lambatnya respons surat dan disposisi bisa menyebabkan aktivitas sekolah terhambat. 

Masalah yang Bisa Timbul Akibat Lambatnya Respons Surat dan Disposisi

Apakah Anda bekerja di salah satu lembaga sekolah tapi masih menerapkan pedoman persuratan dan disposisi manual? Melakukan pencetakan dokumen, pemindahan, pelampiran surat, review, persetujuan, dan disposisi secara konvensional biasanya sangat tidak efisien, baik dari segi waktu, tenaga, dan pikiran. 

Terlebih lagi, jika dewan atau kepala sekolah sedang tidak berada di tempat, pasti akan menyebabkan penumpukan surat dan disposisi. Kurangnya koordinasi dalam efektivitas persuratan dan disposisi di sekolah ini menyebabkan aktivitas pembelajaran pun jadi kurang maksimal dan tujuan pembelajaran jadi lebih sulit untuk dicapai.

Selain berdampak pada proses pembelajaran, lambatnya respons persuratan dan disposisi dalam lingkungan sekolah bisa menimbulkan beberapa masalah fatal, seperti:

  • Menimbulkan perbedaan persepsi antara kepala sekolah dengan guru, siswa, dewan sekolah, atau pihak-pihak lain yang terkait.
  • Penerimaan dan penyampaian informasi yang salah sehingga memengaruhi berbagai aktivitas di sekolah, mulai dari pembelajaran, asesmen, hingga supervisi guru dan kepsek.
  • Memicu konflik internal di sekolah.
  • Merenggangkan hubungan kemitraan sekolah dengan masyarakat. 
  • Kesulitan mendapatkan dukungan dana dari pemerintah, seperti Bantuan Operasional Sekolah (BOS).
Baca juga:  Bagaimana Menyelesaikan Masalah Disposisi Dalam hitungan Detik !

 

Atasi Lambatnya Respons Surat dan Disposisi dengan E-Surat

Sekarang, Anda tahu apa masalah yang bisa ditimbulkan akibat lambatnya respons persuratan dan disposisi di sekolah jika dibiarkan berlarut-larut. Tentu Anda tidak mau hal tersebut sampai terjadi, bukan? Nah, solusinya Anda bisa menggunakan aplikasi E-Surat Sekolah untuk membuat progres persuratan dan disposisi jadi lebih efektif.

Menggunakan aplikasi ini akan banyak membantu Anda. Mulai dari pengiriman serta penerimaan surat dan disposisi, pengecekan secara real-time, hingga memberi tanggapan terhadap hasil instruksi selanjutnya bisa Anda lakukan dengan praktis, mudah, dan paperless.