integrasolusi.com – Dalam dunia bisnis saat ini, penggunaan teknologi sangat erat kaitan nya dengan perkembangan bisnis. Bahkan perusahaan-perusahaan terbesar pun seperti berlomba-lomba dalam mengembangkan dan mengadopsi berbagai teknologi. Umumnya, untuk mengikuti perkembangan teknologi dan mengarahkan strategi IT dari sebuah perusahaan dilakukan oleh seorang General Manager atau Direktur IT yang memiliki sebuah tim IT yang lengkap untuk mengurus operasional IT sehari-hari sehingga dia dapat lebih berkonsentrasi dalam menjalan peran sebagai nahkoda dari sisi teknologi di perusahaan nya.

Sayang nya, tidak banyak perusahaan skala kecil hingga menengah yang menunjukkan antusiasme yang sama. Mereka melihat bahwa IT sebagai pengeluaran yang besar dan tidak berkaitan langsung bisnis bahkan banyak yang beranggapan bahwa IT adalah cara yang sangat mewah dan kurang berdampak langsung dalam mengembangkan bisnis. Ditambah lagi, mengikuti perkembangan teknologi bagi para pebisnis yang umum nya memiliki latar belakang bukan dari bidang IT merupakan hal yang tidak mudah dan untuk memiliki seorang General Manager atau Direktur IT dengan pengalaman dan wawasan yang cukup luas itu biaya nya cenderung mahal.

Di sini peran sebuah perusahaan konsultan IT yang memiliki pengalaman di berbagai bidang teknologi, jaringan yang sangat luas serta solusi IT yang sesuai menjadi sangat bermanfaat. Setidak nya ada 7 manfaat dari bekerja sama dengan konsultan IT bagi pengembangan bisnis sebuah perusahaan, antara lain adalah :

  1. Anda dapat lebih berkonsentrasi dalam menjalankan strategi bisnis Troubleshooting perangkat IT di perusahaan Anda atau menciptakan teknologi baru untuk digunakan di bisnis Anda bukanlah alasan kenapa Anda memulai bisnis. Jangan habiskan waktu berharga Anda hanya untuk troubleshooting, supaya Anda dapat lebih berkonsentrasi dalam mengembangkan strategi bisnis perusahaan Anda.
  2. Penerapan teknologi dapat dilakukan dengan lebih efisien dan efektif IT bukanlah ilmu yang dapat Anda kuasai dalam waktu yang singkat terutama mengingat luas nya perkembangan teknologi yang ada sekarang. Menggunakan jasa konsultan IT dengan teknologi yang sudah terbukti menurut pengalaman mereka akan sangat menghemat waktu Anda dan perusahaan Anda sehingga teknologi dapat diterapkan dengan lebih efisien dan tepat sasaran.
  3. Pengeluaran dapat lebih terkontrol Sebuah studi mengatakan bahwa melakukan outsourcing solusi IT dapat menghemat biaya 25% hingga 50% daripada apabila sebuah perusahaan membangun tim IT sendiri yang serba bisa. Dengan biaya yang sudah tetap, semua pengeluaran dapat lebih terkontrol dan semua proyek IT pun lebih dapat diukur keberhasilan nya.
  4. Resources yang bersifat on-demand apabila Anda butuh tenaga konsultasi tambahan untuk mengejar tenggat waktu, misalnya seperti mengejar waktu peluncuran unit bisnis baru, Anda hanya perlu meminta kepada konsultan IT Anda untuk mengalokasikan lebih banyak personel. Walaupun pasti akan ada biaya tambahan, namun biaya tersebut lebih kecil daripada resiko mundur nya proyek Anda.
  5. Meningkat nya produktifitas Konsultan IT dapat membawa produktifitas ke perusahaan Anda melalui komunikasi yang terbuka, knowledge-sharing dan kolaborasi dengan karyawan-karyawan di perusahaan Anda. Perusahaan Anda menjadi lebih terbuka terhadap inovasi-inovasi baru yang akan dihasilkan oleh karyawan-karyawan Anda sendiri.

 

Solusi IT yang tepat dapat membantu dalam meningkatkan kinerja di perusahaan Anda, sehingga mampu maju bersaing. Disini PT Integra Teknologi Solusi sebagai salah satu perusahaan yang bergerak di bidang IT , akan senantiasa membantu Anda untuk memanfaatkan kemajuan teknologi dan informasi kedalam bisnis Anda.

Ingin berdiskusi dan berkonsultasi secara GRATIS tentang kebutuhan IT !!

Silakan kontak kami

 

 

 

 

 

 

Sumber :
https://teknokrat.co.id/7-manfaat-penting-nya-konsultan-it-dalam-pengembangan-it-dan-bisnis/

.