Salam Sobat Office ! pastinya sudah tahu bukan kalau di pemerintahan, perusahaan, instansi, dan sektor industri saat ini sangat dipengaruhi oleh teknologi dan informasi. Kemajuan teknologi dan informasi dapat membantu sebuah perusahaan dalam mengembangkan strategi yang dijadikan sebagai faktor pendorong dan sumber daya untuk mencapai visi dan misi perusahaan. Dalam hal ini perusahaan biasa menggunakan strategi seperti : Sistem Informasi, Teknologi dan Manajemen Informasi, yang biasa dinela dengan IT Master Plan. Strategi informasi manajemen perusahaan ini  merupakan rencana strategis jangka panjang yang mendukung tercapainya visi dan misi perusahaan yang biasanya untuk jangka waktu 5 tahunan.

 

Rencana jangka panjang  IT Master Plan ini sangat dibutuhkan oleh suatu perusahaan, karena tujuan strategisnya akan sangat membantu perkembangan dan kemajuan perusahaan itu sendiri di masa yang akan datang. Beberapa fungsi dari rencana dari IT Master Plan  digunakan sebagai pedoman atau dasar perencanaan perusahaan dalam melakukan dan memaksimalkan  implementasi teknologi informasi yang ada, sebagai alat kontrol untuk mengetahui kinerja dari implementasi teknologi informasi, dan sebagai alat untuk menentukan risiko yang mungkin terjadi sebagai  akibat dari implementasi teknologi informasi tersebut.

 

Sangat penting untuk diketahui bagi perusahaan, bahwa jika suatu perusahaan tidak memiliki rencana jangka panjang IT Master Plan, maka akan timbul konsekuensi yang dapat merugikan perusahaan di masa depan. Misalnya, investasi TI dan implementasinya  dilakukan tanpa adanya tujuan dan dukungan bisnis yang memadai, sistem yang dibangun tidak terintegrasi dengan baik, yang tentu saja dapat menyebabkan data menjadi tidak akurat dan sumber informasi terkait tidak berhubungan sama sekali dengan rencana strategis IT Master Plan.. Selain itu, mungkin juga tidak ada mekanisme untuk memutuskan dan menentukan  jumlah sumber daya yang akan dibutuhkan, Manajemen informasi yang rendah,menyebabkan informasi tidak konsisten, tidak tersedia, tidak akurat atau bahkan terlalu lambat. Yang dapat menimbulkan kesalahpahaman antara pengguna dan pelaksana teknologi informasi yang pada akhirnya dapat memicu konflik internal di perusahaan

 

Nah karena itulah, mengapa perusahaan harus memiliki IT Master Plan, agar rencana jangka panjang IT bisa klebih terarah dan target dan visi misi perusahaan bisa tercapai.

 

Mengapa penerapan strategi IT Master Plan  sangat penting bagi perusahaan ?

Implementasi strategi IT Master Plan menjadi sangat penting, karena : 

  1. Perusahaan akan mendapat keunggulan kompetitif dari peluang bisnis yang sudah direncanakan menggunakan IT Master Plan
  2. Menerapkan strategi TI yang selaras dapat mengidentifikasi dimana teknologi informasi dapat berkontribusi paling besar, sehingga perusahaan dapat secara tepat memprioritaskan investasi bidang teknologi informasinya.
  3. Anggaran yang dikeluarkan jauh lebih efektif dan infrastruktur TI yang dibangun dapat dengan  mudah disesuaikan dengan rencana jangka panjang IT
  4. Mengembangkan sumber daya yang memadai dan kompeten untuk menyebarluaskan strategi teknologi informasi ke seluruh level di perusahaan..
  5. Strategi IT Master Plan ini  diperlukan untuk melakukan inisiatif perencanaan teknologi dan informasi oleh suatu organisasi agar lebih fokus sesuai dengan visi misi perusahaan. 

Selain itu dalam pelaksanaan IT Master Plan juga harus didukung oleh kedisiplinan, pengendalian, identifikasi, kerjasama dan akuntabilitas dari masing-masing pihak yang terlibat di dalamnya agar berjalan sesuai dengan a[a yang sudah direncanakan.

Itulah penjelasan singkat mengapa rencana jangka panjang IT atau IT Master Plan sangat penting bagi perusahaan dan sebenarnya masih banyak keuntungan-keuntungan yang akan didapat perusahaan di masa mendatang dengan implementasi IT Master Plan.

Sekarang bagaimana dengan perusahaan Anda ? apakah sudah melakukan implementasi IT Master Plan dengan tepat ? atau masih ragu dalam pelaksanaannya?

 

Tunggu apalagi ! Hubungi kami sekarang ! untuk mendapatkan informasi detail terkait persiapan apa saja dan informasi detail dari IT Master Plan

Sumber : 

https://si.ittelkom-pwt.ac.id/2017/07/18/pentingnya-it-master-plan/