Memahami Jenis-Jenis Surat Resmi, Kegunaan, dan Cara Pembuatannya

2023-12-20T11:53:13+07:00 March 20th, 2023|Categories: Persuratan|Tags: , |

integrasolusi.com – Cara pembuatan surat resmi jauh berbeda dengan surat pribadi. Anda perlu membuatnya sesuai dengan kebutuhan. Oleh karena itu, dalam proses pembuatannya, Anda harus memahami jenis surat berdasarkan isinya. Dengan begitu, Anda dapat menyusunnya dengan format yang benar. 

Jenis-Jenis Surat Resmi Berdasarkan Isinya

Dengan memperhatikan bagian isinya, Anda akan menemukan ada 7 jenis surat resmi yang perlu diketahui, yaitu: 

1. Surat Keputusan

Sesuai namanya, surat ini mempunyai fungsi untuk menyampaikan keputusan pimpinan atau atasan terhadap sebuah permasalahan. Contohnya adalah surat keputusan pengangkatan, surat keputusan pencopotan, dan lain sebagainya.

2. Surat Permohonan

Berikutnya adalah surat permohonan. Pembuatan surat ini bisa dilakukan oleh pihak personal yang ditujukan kepada instansi ataupun antar lembaga. Contohnya antara lain adalah surat permohonan bantuan dana, surat permohonan mutasi kerja, dan lain-lain.

Baca juga: Jenis Surat Berdasarkan Tingkat Penyelesaiannya

3. Surat Kuasa

Ada pula jenis surat resmi yang dikenal sebagai surat kuasa. Keberadaannya berguna untuk membuktikan bahwa telah ada penunjukan kuasa secara resmi kepada seseorang. Di dalam surat, Anda perlu menuliskan pihak pemberi kuasa dan penerima kuasa. 

4. Surat Pengantar

Jenis-jenis surat resmi berikutnya adalah surat pengantar. Biasanya digunakan oleh masyarakat umum yang ingin mengurus dokumen tertentu kepada instansi pemerintah. Contohnya adalah surat pengantar dokumen, surat pengantar keterangan tidak mampu, surat pengantar kerja, dan lain-lain.

5. Surat Perintah

Ada pula surat perintah yang berguna untuk menyampaikan instruksi dari atasan kepada bawahan. Contohnya adalah surat perintah lembur, surat perintah perjalanan dinas, dan lain sebagainya.

Baca juga:  Ubah Arsip Fisik Menjadi Arsip Digital: Meningkatkan Efisiensi dan Aksesibilitas

6. Surat Undangan

Ada pula surat undangan yang sifatnya resmi. Contohnya adalah surat panggilan kerja, surat panggilan dari kejaksaan, dan lain-lain.

7. Surat Edaran

Terakhir, Anda dapat menjumpai jenis surat berdasarkan isinya berupa surat edaran. Surat ini memiliki fungsi sebagai pemberitahuan kepada pihak-pihak terkait. Contohnya adalah surat edaran hari libur, surat edaran pelaksanaan kegiatan, dan lain-lain. 

Baca juga: Jenis Surat Berdasarkan Tingkat Keamanan Isinya

Setiap jenis surat resmi mempunyai format dan cara penulisannya yang berbeda-beda. Anda perlu menyusunnya dengan tepat biar tujuan pembuatannya bisa tercapai. Untuk hal yang satu ini, Anda bisa memanfaatkan solusi aplikasi persuratan yang praktis dari inOffice. 

inOffice menyediakan fasilitas aplikasi persuratan yang memungkinkan Anda menyusun surat secara otomatis sesuai kebutuhan. Terdapat format surat  yang bisa Anda manfaatkan dalam setiap proses penyusunannya. Jadi, tak ada lagi hambatan ketika ingin menyusun surat dinas yang cepat, praktis, dan efisien.