Memahami Lebih Jauh tentang Konsep Surat

2024-01-03T08:34:05+07:00 November 7th, 2022|Categories: Persuratan|Tags: |

integrasolusi.com – pembuatan surat, konsep surat adalah komponen penting yang tidak boleh diabaikan. Konsep surat atau anggitan perubahan perencanaan pembuatan surat sebelum surat tersebut dikirimkan atau diterbitkan.

Dalam pembuatan konsep surat, kerahasiaan juga perlu diperhatikan. Pasalnya, setiap surat memiliki kepentingan dan kekuatan yang berbeda. Ada surat-surat tertentu yang hanya boleh dibuat oleh sekretaris pimpinan, perusahaan atau oleh konseptor surat yang sudah ditunjuk.

Pengertian Konsep Surat

Konsep surat bisa dimaknai sebagai aktivitas menyusun informasi secara tertulis sebelum informasi tersebut disampaikan kepada publik. Ada juga yang menyebutkan bahwa konsep surat adalah kegiatan penyusunan dan pengarsipan alat komunikasi tertulis (surat) untuk kemudian disampaikan kepada pihak ketiga atau pihak lainnya.

Bagi Anda yang sering membuat surat untuk kebutuhan perusahaan atau instansi, fitur konsep surat sangat penting. Adanya konsep surat akan memudahkan Anda dalam menulis dan mengelola sistem persuratan. Dengan begitu, berbagai kesalahan pada surat yang akan dikirimkan bisa diminimalisasi.

Bagaimana Langkah Pembuatan Konsep Surat?

Untuk membuat konsep surat sendiri, ada beberapa tahapan yang perlu dilakukan antara lain:

  • Mengetahui tujuan pembuatan surat (untuk apa surat tersebut dibuat)
  • Menuliskan tanggal penulisan surat dan tujuannya
  • Menuliskan dengan lengkap maksud dan tujuan pembuatan surat. Jika surat yang dibuat adalah surat penawaran, maka isinya harus tentang penawaran. Begitu juga jika surat dimaksudkan untuk tujuan lain seperti perjanjian jual beli dan lain sebagainya
  • Membuat penutup surat.

Setelah konsep surat selesai dibuat, maka langkah selanjutnya adalah meminta persetujuan dari pihak yang berwenang (misalnya dari pimpinan organisasi atau perusahaan). Pihak yang berwenang harus memastikan tujuan konsep surat sudah sesuai. Setelah disetujui, surat bisa diketik dan diberi tanda tangan yang menandakan keabsahan isinya.

Baca juga:  Pengelolaan Surat Elektronik yang Efisien dan Efektif melalui IntegraOffice Persuratan

Bikin Konsep Surat, Makin Mudah dengan inOffice Persuratan!

Membuat konsep surat sangat penting untuk memastikan isinya sesuai dengan tujuan penulisannya. Bersama fitur konsep surat yang disediakan oleh inOffice Persuratan, Anda bisa lebih mudah dalam membuat konsep surat. Hubungi kami sekarang juga di sini untuk mendapatkan beragam penawaran terbaik!