Mengapa Aplikasi Helpdesk Penting Bagi Organisasi Anda

2024-01-08T10:00:43+07:00

integrasolusi.com Helpdesk adalah sebagai pusat bantuan dan informasi, dimana keluhan, masalah dan pertanyaan-pertanyaan  yang dilaporkan secara teroganisir ke unit-unit yang berwenang di suatu organisasi/perusahaan. Dalam hal ini, helpdesk sebagai bagian dari fungsi pelayanan, yang mempunyai tanggung jawab sebagai pusat solusi dalam memecahkan masalah dan memberikan informasi-informasi dari feedback yang diberikan kepada organisasi/perusahaan.

Pada dasarnya helpdesk adalah sebuah departemen atau unit dalam organisasi/perusahaan yang melayani/menanggapi atas pertanyaan-pertanyaan, keluhankeluhan dari pelanggan/pengguna, baik internal maupun eksternal. Dalam hal ini tanggapan atas pertanyaan-pertanyaan dan solusi dari permasalahan yang dlaporkan, biasanya disampaikan melalui telepon, email,fax, dll, dan bahkan ada yang langsung ke  pelanggan  melalui layanan helpdesk di kantor atau unit-unit perusahaan.

Seiring dengan perkembangan teknologi informasi saat ini, tak jarang organisasi/perusahaan memanfaatkan teknologi yang ada, yaitu dengan menggunakan aplikasi helpdesk yang berbasis digital dan online (internet), dan sangat wajar apabila sekarang ini, orang mendengar kata Helpdesk akan terbayang sebuah aplikasi web ataupun mobile application yang digunakan untuk mendapatkan informasi lebih atau melaporkan keluhan-keluhan dari pengguna ke pemilik produk/layanan (perusahaan).

Lalu mengapa aplikasi helpdesk penting bagi organisasi?

Sebuah organisasi/perusahaan tentunya memiliki pengguna atau pelanggan, sebagai bagian eksternal dari perusahaan, yang tentunya akan mememerlukan informasi detail tentang layanan/produk yang ditawarkan oleh organisasi/perusahaan. Selain itu, mereka para pelanggan pastinya aka memberikan feedback perusahaan, baik itu positif atau negatif terkait layanan/produk yang diberikan. Untuk menanggapi pertanyaan dan memberikan solusi atas keluhan dari pelanggan, organisasi/perusahaan harus mampu memberikan pelayanan terbaiknya secara mudah, efektif dan efisien. Yaitu dengan memggunakan aplikasi Helpdesk.

Karena implementsi aplikasi Helpdesk akan memberikan manfaat bagi organisasi/perusahaan, antara lain :1.Kepuasan pelanggan

Baca juga:  integraOffice Cloud: Kelola Komunikasi Persuratan Digital di Hari Nan Fitri

Karena dengan implementasi aplikasi Helpdesk dengan baik, tentunya akan membuat respon atas pertanyaan dan keluhan pelanggan jadi lebih cepat dan efektif. Dengan demikian dapat meningkatkan kepuasan pelanggan perusahaan.

2.Peningkatan produktivitas.

Karena dengan aplikasi Helpdesk, setiap pertanyaan dan keluhan-keluhan akan dikelola dengan baik, dengan mengarahkan pertanyaan dan keluhan ke pusat resolusi yang diinginkan dan sesuai dengan masing unit yang berwenang. Dengan demikian akan mencegah miskomunikasi dan miskoordinasi antar unit dalam perusahaan, sehingga penyelesaian masalah dapat selesai dengan cepat, tepat dan efektif. Hal ini tentunya akan berpengaruh pada aktivitas perusahaan, sehingga bisa meningkatkan produktivitas.

3.Peningkatan kualitas produk

Dengan adanya aplikasi Helpdesk yang diimplementasikan dengan baik, semua feedback dari pelanggan akan otomatis terkelola dengan tepat dan terpusat, sehingga hasil pengelolaan feedback tersebut, dapat dijadikan bahan evaluasi bagi perusahaan dalam meningkatkan kualitas produk/layanan kedepannya.

4.Meningkatkan keuntungan

Dengan aplikasi Helpdesk, manajemen perusahaan dapat membuat laporan-laporan hasil evaluasi tentang layanan/produk, sehingga dapat meminimalkan terjadinya layanan/produk yang tidak sesuai dengan pelanggan. Yang nantinya dapat meningkatkan keuntungan perusahaan, karena pelanggan puas dan daya beli meningkat.

5.Hemat anggaran dan waktu

Dengan menggunakan aplikasi Helpdesk dengan baik dan tepat, tentunya akan dapat mebantu perusahaan dalam penghematan anggaran, yaitu aplikasi Helpdesk dapat mengurangi biaya dan waktu yang dikeluarkan perusahaan dalam memberikan umpan balik setiap laporan dan keluhan pelanggan secara tepat, efektif dan efisien.

 

Itulah beberapa manfaat dari aplikasi Helpdesk, namun sebenarnya masih banyak sekali manfaat dan keuntungan lainnya yang didapat organisasi/perusahaan dalam implementasi aplikasi Helpdesk.

Selanjutnya apakah organisasi Anda telah memiliki apliakasi Helpdesk yang baik? Atau malah organisasi Anda belum menggunakan sama sekali?

Baca juga:  Sosialisasi Penggunaan Aplikasi E Office pada Sekretariat Kantor Distrik Sarmi Kabupaten Sarmi Papua

Serahkan kepada integraOffice Helpdek untuk mewujudkan kebutuhan organisasi Anda yang handal dan telah teruji. integraOffice Helpdek mampu memberikan solusi sesuai kebutuhan organisasi Anda.

Hubungi kami segera! Untuk detail informasinya