integrasolusi.com– Tahukah anda tentang OKR (objectives and key results) ? Biasanya dalam instansi perusahaan menerapkan penilaian untuk mengukur kinerja para karyawannya. OKR ini sebagai laporan harian dari hasil penilaian tersebut, langkah awal untuk melakukan pemantauan pencapaian tujuan maka OKR dibentuk supaya bisa mengukur sejauh mana tim di dalam organisasi mampu mencapai target perusahaan. Terutama yang bekerjasama dalam tim, maka per individu juga akan di evaluasi berdasarkan dari analisa nilai OKR.

PT Integra Teknologi Solusi sebagai salah satu perusahaan start up terkemuka di Surabaya, baru di awal tahun 2020 ini menggunakan sistem OKR karyawan meningkatkan bisnisnya dalam mencapai tim terbaiknya. Masing-masing divisi atau team di Integra, terbagi menjadi lima bagian diantaranya ada tiga produksi yang tergolong tim teknis, satu tim pemasaran, dan juga satu tim support operasional perusahaan. Tentunya integra sangat membutuhkan OKR ini sebagai task management dari masing-masing tim, karena jajaran direksi perlu mengukur kemampuan karyawan. Seperti yang diungkapkan Amanda selaku Corporate Secretary PT Integra Teknologi Solusi bahwa “Sistemnya tetep daily report, jadi setiap hari selalu ada laporan tim kerjakan apa saja. Ya setiap karyawan punya target masing-masing sesuai jobdes yang dia kerjakan. Bobot kerjanya bisa di ukur disitu. Seberapa efektif dia kerja, dan sampai mana progress yang dia kerjakan.” Ungkapnya.

Sistem OKR dapat diketahui seberapa efektif  target yang ingin dicapainya, progress yang dilakukan setiap minggu ini agar memudahkan pengontrolan secara real time dan tepat sasaranya. “Okr itu ada planning, sebagai acuan kerja” ucap tambahan Amanda, disini menerangkan bahwa rencana dalam bekerja harus sudah dirancang untuk pandangan satu minggu ke depan target kerjanya apa saja dan bagaimana prosesnya. OKR yang di gunakan hingga berjalan hamper delapan bulan ini diterapkan di Integra, menurut Eka Pramudita selaku Direktur PT Integra Teknologi Solusi bahwa “Mulai mencoba OKR ini, cukup efektif bisa di ukur load kerja masing-masing, dan apabila ada bisa menjadi motivasi untuk bekerja secara tepat waktu”. Tidak dipungkiri bahwa Integra memiliki client besar di kalangan pemerintahan dan BUMN di beberapa kota besar di Indonesia, tentu saja dituntut sesuai setiap kontrak perjanjian kerja dalam jangka waktu penyelesaiaan waktu satu atau tiga bulan bahkan bisa enam bulan berjalan. Tentu sebagai perusahaan startup IT terkemuka dengan professional kami bisa memberikan layanan yang terbaik untuk sobat office dimanapun berada. Tim internal integra pun dengan OKR menjadikan tombak ukur waktu, deadline harus tercapai supaya memperlancar pekerjaan sehari-hari.

 

Semoga bermanfaat sobat office !