Mengapa Universitas Hasanuddin Membutuhkan E-Office untuk Diintegrasikan dengan TTE

2023-05-10T11:56:41+07:00 April 22nd, 2023|Categories: Persuratan|Tags: , , |

integrasolusi.com – Kegiatan surat menyurat menjadi kegiatan yang tidak bisa lepas dari aktivitas harian di perguruan tinggi atau universitas. Selain sebagai sarana komunikasi formal di lingkungan internal universitas, persuratan juga berlaku dalam hubungan dengan pihak eksternal.

Peranan e-Office di universitas-universitas di Indonesia sangatlah krusial—tidak terkecuali perguruan tinggi negeri di kota Makassar, Universitas Hasanuddin (Unhas). Di kesempatan kali ini, kami akan membahas pentingnya e-Office terkait TTE Universitas Hasanuddin.

Mengapa Integrasi TTE dengan E-Office Sangat Bermanfaat

Salah satu kendala dalam persuratan adalah ketika penandatanganan, misalnya Rektor, tidak berada di tempat. Hal ini berakibat tertundanya proses penandatanganan surat, yang bisa jadi cukup mendesak. 

Tanda Tangan Elektronik (TTE) yang mungkin saja telah dimiliki Rektor tidak bisa dipakai karena proses surat menyurat masih dilakukan secara manual. Namun, apabila ada e-Office Unhas, maka proses integrasi TTE dengan e-Office bukan lagi hal yang mustahil. 

Mengapa menyambungkan dua poin ini sangat penting? Selain mempermudah proses tanda tangan surat, integrasi TTE dengan e-Office juga akan menghemat waktu, mengurasi risiko hilangnya data, dan keamanan lebih terjamin.

 

Baca juga: Kenalan dengan E Office Persuratan Universitas Hasanuddin, Apa Manfaatnya?

 

Tanda Tangan Elektronik (TTE) Mencegah Praktik Pemalsuan Tanda Tangan

Seperti yang sudah Anda ketahui, TTE sangat sulit dipalsukan, berbeda dengan tanda tangan konvensional. Hal ini karena TTE merupakan kode QR yang unik dan pastinya kode QR TTE tiap orang berbeda. 

Pemerintah sendiri telah menyatakan dukungan penuh terhadap penerapan Tanda Tangan Elektronik ini. Penggunaan dan keabsahan atau autentikasi TTE sudah terjamin secara hukum Indonesia. Aturan pemakaiannya diatur dalam UU ITE Nomor 11 Tahun 2008. 

Baca juga:  Mengenal S3 Amazon Web Services (AWS) dan Fungsinya

 

Baca juga: Sosialisasi inOffice Secara Online dengan UKI Jakarta

 

Dengan menyambungkan TTE dan aplikasi e-Office, Rektor atau anggota UNHAS yang berwenang lainnya dapat membubuhkan tanda tangan di mana pun mereka berada. Selain itu, e-Office memiliki fitur notifikasi apabila terdapat surat yang membutuhkan disposisi.

Selain memudahkan proses tanda tangan, Unhas tidak perlu khawatir lagi perihal tata kelola surat menyurat. E-Office memiliki banyak sekali keutamaan seperti penomoran surat otomatis, aplikasi mobile, tracking surat, monitoring surat, dan pembatasan akses. Semua ini tentu akan membuat tata kelola persuratan Unhas menjadi lebih terdepan.

Itu tadi pentingnya menyambungkan TTE yang sudah ada dengan e-Office Unhas. Ingin berkonsultasi tentang e-Office persuratan ini? inOffice akan membantu segala kebutuhan teknologi dan keamanan data Anda.