Mengelola Dokumen Kontrak Dengan E-Office

2023-05-10T13:30:46+07:00 April 21st, 2023|Categories: Persuratan|Tags: , , |

integrasolusi.com – Walaupun terdengar sepele, pengelolaan dokumen kantor membutuhkan konsistensi, standardisasi, dan usaha yang tidak mudah. Hal ini terutama berkaitan dengan mengelola dokumen kontrak. Salah satu tantangan dalam hal ini adalah dibutuhkannya proses persetujuan berjenjang yang pastinya membutuhkan waktu tidak singkat. Di sinilah aplikasi e-Office berperan penting.

Apa Itu Dokumen Kontrak?

Dokumen kontrak merupakan dokumen yang mengatur hubungan hukum antara pihak satu dengan pihak lain mengenai hal-hal yang berkaitan dengan kerja sama antara pihak yang tertera dalam dokumen kontrak.

Dokumen kontrak pada umumnya memiliki masa berlaku kontrak. Beberapa contoh dokumen kontrak adalah Dokumen Tender atau Lelang, Surat Penunjukan (Letter of Acceptance), Syarat-syarat Perjanjian (Condition of Contract), dan Surat Perjanjian (Form of Agreement).

 

Baca juga: Mudahnya Penandatanganan Surat dengan Proses Berjenjang

 

Mengelola Dokumen Kontrak Dengan e-Office

Mengingat pentingnya dokumen kontrak, pengelolaan yang efektif dan efisien menjadi hal yang wajib. Mengelola dokumen ini biasanya membutuhkan proses approval berjenjang untuk memastikan semua pihak yang terlibat di dalam kontrak memahami dan menyetujui semua klausul yang tercantum.

Hal terpenting dalam proses persetujuan berjenjang adalah tahapan yang melibatkan tim hukum. Tim hukum akan meninjau kontrak dan memastikan isi kontrak sudah sesuai dengan hukum yang berlaku.

 

Baca juga: Kesulitan Tanda Tangan Ketika Penandatangan Tidak di Tempat? Ini Solusinya!

 

Tahapan lainnya adalah proses persetujuan dari tim manajemen perusahaan.  Tim manajemen memastikan kontrak yang mereka tandatangani sudah sesuai dengan visi dan misi perusahaan. Selain itu, semua pihak yang terkait di dalam kontrak harus memberikan persetujuan.

Baca juga:  Kendala Sistem Surat Menyurat Online, Mana yang Sering Ditemui?

Saat ini, approval berjenjang tidak lagi membutuhkan waktu berhari-hari akibat mobilitas pimpinan saat proses pembubuhan tandatangan dilakukan menggunakan aplikasi e office persuratan. Dengan e-Office pula, proses disposisi bisa lebih cepat dan komunikasi antar pihak pun menjadi lebih mudah dan bisa dilakukan secara real time.

Bahkan, proses tracking atau pelacakan status kontrak juga jadi lebih cepat dan mudah. Semua ini bisa bisa dilakukan melalui smartphone sehingga Anda bisa mengakses aplikasi e-Office kapan pun dan di mana pun.

Solusi mengelola dokumen kontrak secara lebih efektif dan efisien? InOffice Persuratan jadi solusi terbaik. Yuk cari tahu lebih jauh kelebihan aplikasi e-Office.