Mengenal Apa Itu Aplikasi Approval dan Kegunaannya untuk Bisnis

2024-01-04T10:58:27+07:00 July 6th, 2023|Categories: Persuratan|Tags: |

integrasolusi.com – Apakah Anda sudah mengenal apa itu aplikasi approval? Aplikasi ini merupakan inovasi teknologi yang bisa membantu mempersingkat waktu verifikasi dan approval dokumen. Aplikasi ini juga akan sangat berguna apabila sebuah dokumen membutuhkan tanda tangan berjenjang.

Seperti apa cara kerja aplikasi approval dalam mempersingkat waktu verifikasi dokumen dan penandatanganan berjenjang? Berikut penjelasannya untuk Anda.

Susahnya Penandatanganan Berjenjang

Pengambilan keputusan bisnis sering kali tidak bisa hanya melibatkan satu-dua orang saja, terlebih jika keputusan yang mau diambil adalah keputusan yang besar. 

Biasanya, persetujuan atas suatu keputusan bisnis ditandai dengan penandatanganan dokumen bisnis. Ketika pihak-pihak terkait sudah menandatangani dokumen tersebut, ini artinya mereka sudah setuju sehingga keputusan bisnis bisa dijalankan tanpa ada kendala.

Sayangnya, penandatanganan suatu dokumen sebagai bukti persetujuan terkadang tidak bisa berjalan dengan lancar. Beberapa alasannya adalah karena pihak-pihak yang harus menandatangani dokumen tersebut tidak hadir di kantor, atau dokumen belum sempat dilihat karena kesibukan masing-masing.

Selain itu, proses penandatanganan terhambat bisa saja disebabkan oleh dokumen yang perlu ditandatangani belum diserahkan ke pihak lain yang perlu memberikan tanda tangannya.

Karena alasan inilah aplikasi approval dibuat. Selain bisa digunakan untuk memverifikasi dan melakukan persetujuan (approval), aplikasi ini bisa digunakan untuk lacak proses tanda tangan berjenjang.

Baca juga:  A-TTAP, Solusi untuk Permudah Dokumen Flow yang Butuh Persetujuan Berjenjang

Kegunaan Aplikasi Approval

Misalnya, divisi pembelian mengajukan pengajuan pembelian bahan baku/perlengkapan. Apabila nominal berada di bawah Rp1 juta, persetujuan hanya perlu dilakukan oleh divisi terkait saja. 

Lain halnya jika pengajuan pembelian yang diajukan sampai Rp50 juta, pengesahan perlu dilakukan oleh divisi terkait, kepala departemen, dan general manager.

Lantas apa peran aplikasi approval di sini? Aplikasi approval akan membantu karyawan untuk meminta persetujuan dari pengambil keputusan terkait dan melakukan lacak proses tanda tangan berjenjang

Alhasil, karyawan bisa meminta persetujuan dengan lebih mudah. Proses pengajuan persetujuan juga bisa dipantau dengan lebih mudah. Karyawan jadi bisa mengalokasikan waktunya untuk mengerjakan tugas lain tanpa perlu bolak-balik ‘mengejar’ persetujuan dari pihak-pihak terkait.

Baca juga:  Aplikasi Tanda Tangan Anti Palsu untuk Proses Persetujuan Tanda Tangan Berjenjang

Nah, itulah penjelasan mengenai apa itu aplikasi approval dan kegunaannya dalam dunia bisnis. Dengan adanya aplikasi approval, proses verifikasi dan persetujuan atas suatu dokumen jadi bisa dipantau dengan lebih mudah. Inovasi teknologi ini bisa membantu menghemat waktu sehingga karyawan bisa mengalokasikan waktunya untuk melakukan hal lain.