Mengenal Apa Itu Surat Permohonan: Definisi, Fungsi, dan Jenisnya

2023-07-06T10:54:42+07:00 July 4th, 2023|Categories: Persuratan|Tags: , |

integrasolusi.com – Dalam menjalankan bisnis, terkadang Anda perlu membuat surat untuk suatu keperluan tertentu. Surat ini merupakan surat resmi yang dibuat agar pihak penerima surat melakukan sesuatu yang pihak pengirim kehendaki.

Dalam konteks bisnis, surat permohonan seperti apa yang biasanya sering dibuat? Lalu, bagaimana struktur surat permohonan yang benar? Temukan jawabannya di artikel berikut.

Apa Itu Surat Permohonan?

Sesuai dengan namanya, surat permohonan merupakan surat yang dibuat dengan tujuan untuk meminta suatu hal ke pihak penerima surat. Tujuan penulisannya beragam, tergantung pada permohonan apa yang dimintakan kepada si penerima surat.

Misalnya, jika Anda menulis surat permohonan sponsorship, itu artinya Anda meminta pihak penerima surat tersebut untuk menjadi sponsor untuk event yang Anda lakukan. 

Demikian juga dengan surat permohonan kerja sama. Jika Anda membuat surat ini, tujuan surat ini adalah untuk menjalin kerja sama dengan perusahaan lain untuk mengatasi masalah bersama, memperluas pasar, dsb.

 

Fungsi Surat Permohonan

Apa fungsi surat permohonan? Surat permohonan berfungsi sebagai bukti tertulis resmi yang digunakan untuk mengajukan permintaan dukungan atau bantuan dari pihak penerima surat.

 

Struktur Surat Permohonan

Pada umumnya, Anda bisa menjumpai aspek-aspek berikut dalam sebuah surat permohonan:

  1. Kop/kepala surat
  2. Identitas penerima surat
  3. Tanggal surat
  4. Nomor surat
  5. Perihal
  6. Lampiran
  7. Salam pembuka
  8. Isi surat
  9. Penutup dan salam penutup
  10. Identitas pengirim surat dan tanda tangan

 

Jenis-jenis Surat Permohonan

Dalam dunia bisnis, ada beberapa jenis surat permohonan yang sering dibuat. Di antaranya adalah sebagai berikut.

Baca juga:  Yuk Cari Tahu Cara Paperless di Kantor dengan Mudah!

1. Surat permohonan sponsor

Sebagaimana yang sudah disebutkan, surat permohonan sponsor merupakan surat permohonan yang dibuat untuk meminta bantuan dari perusahaan/bisnis lain sebagai sponsor untuk suatu acara. 

Makin banyak sponsor bisa Anda dapatkan, maka makin besar juga bantuan yang bisa diperoleh. Ini tentunya akan sangat membantu untuk memperlancar acara yang akan diselenggarakan. 

2. Surat permohonan kerja sama

Surat permohonan kerja sama merupakan surat permohonan yang dibuat untuk menjalin kerja sama dengan pihak/instansi lain. 

Tujuan kerja sama ini bermacam-macam, bisa untuk memperkuat hubungan antar bisnis, mengatasi masalah bisnis yang ada, atau saling memenuhi kebutuhan bisnis masing-masing. 

3. Surat permohonan izin acara

Jika perusahaan Anda akan mengadakan acara di tempat umum, biasanya surat permohonan izin acara perlu dibuat untuk memastikan suatu acara memiliki izin penyelenggaraan secara resmi. 

Dengan memiliki izin ini, acara diharapkan bisa dilaksanakan dengan lancar tanpa ada kendala.

Selain tiga jenis surat permohonan di atas, tidak menutup kemungkinan ada berbagai jenis surat permohonan lain yang dibuat dalam rangka menjalankan bisnis.

 

Nah, itulah penjelasan mengenai surat permohonan, fungsi, serta jenis-jenis surat permohonan yang umum dibuat dalam konteks bisnis. Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda.