Mengupas Tuntas Keamanan Informasi Perusahaan dan Peran Penting Jasa Audit ISO 27001

2023-09-07T13:41:55+07:00 September 21st, 2023|Categories: IT Consulting|Tags: |

integrasolusi.com – Informasi bisnis merupakan berbagai informasi yang terkait dengan bisnis seperti data pegawai, pelanggan, strategi bisnis, riwayat komunikasi, informasi keuangan, dan masih banyak lagi. Berbagai informasi penting itu yang membuat informasi bisnis sering menjadi target pencuri data.

Informasi bisnis tidak hanya dikelola secara fisik tapi juga secara digital. Tanpa keamanan yang memadai, informasinya akan mudah dibobol oleh pencuri. Salah satu cara untuk mengamankan informasi bisnis di era digital ini adalah memanfaatkan jasa audit ISO 27001.

Mengapa Menjaga Keamanan Informasi Bisnis Penting?

Teknologi digital memberikan kemudahan bagi bisnis untuk menyimpan dan mengelola informasi bisnis. Namun, bukan berarti teknologi digital tidak memiliki celah untuk ditembus. Apalagi jika perusahaan kurang dalam memahami keamanan data bisnis.

Lalu apa yang membuat penjagaannya sangat penting?

Menghindari Penyalahgunaan Data

Pada informasi bisnis terdapat banyak sekali data penting yang harus dijaga kerahasiaannya. Apabila data-data tersebut bocor, kemungkinan besar data tersebut dapat disalahgunakan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. Karena itu perusahaan harus bisa menjaganya dengan baik agar penyalahgunaan dapat dihindari.

Meningkatkan Kepercayaan

Bayangkan ada dua perusahaan, A dan B. Perusahaan A memiliki keamanan data yang tinggi, sedangkan perusahaan B tidak memilikinya. Di antara keduanya, perusahaan mana yang akan lebih dipercaya? Tentu saja perusahaan B.

Bukan hanya pelanggan saja yang merasa aman, karyawan dan klien yang berhubungan dengan perusahaan pun akan merasa aman. Mereka tahu jika informasi penting mengenai mereka sudah terjaga dengan baik.

Mencegah Kerugian Finansial

Saat informasi bisnis ditembus, kepercayaan terhadap perusahaan akan runtuh yang tentunya merugikan perusahaan. Namun, ada bagian lain yang harus diperhatikan, yaitu kerugian finansial.

Anggaran yang harus dikeluarkan untuk mengatasi berbagai masalah keamanan itu tidaklah sedikit. Belum lagi jika kegiatan bisnis harus terhenti dan perusahaan terkena denda akibat tidak memenuhi aturan mengenai keamanan informasi.

Melaksanakan Peraturan Keamanan Data

Setiap negara memiliki aturan mengenai keamanan datanya tersendiri, begitu juga dengan Indonesia. Peraturan-peraturan itu dibuat agar prinsip-prinsip keamanan yang terdiri dari Confidentiality (Kerahasiaan), Integrity (Integritas), dan Availability (Ketersediaan) dapat terpenuhi. Sudah sepatutnya perusahaan melaksanakan peraturan-peraturan tersebut.

Baca juga:  Tujuan Manajemen Keamanan Informasi yang Perlu Anda Ketahui

Tentang ISO 27001

ISO 27001 adalah standar internasional untuk Information Security Management Systems atau ISMS. Mereka dapat membantu perusahaan dalam berbagai skala. Dengan ISO 27001, perusahaan dapat mengelola ISMS untuk melindungi data dan infrastruktur teknologi informasi mereka.

Versi terbaru dari ISO 27001 disebut sebagai ISO/IEC 27001:2022. Terdapat tiga tahun masa transisi bagi perusahaan yang memiliki sertifikasi ISO/IEC 27001:2013 untuk melakukan perubahan yang dibutuhkan pada ISMS mereka.

 

Bagaimana Jasa Audit ISO 27001 Membantu Bisnis?

Setelah mengetahui pentingnya keamanan di era digital dan teknologi ISO 27001, kini saatnya memahami peran jasa audit ISO 27001 dalam membantu bisnis. Apa saja manfaat yang bisa didapatkan dengan audit ISO 27001?

Memastikan Kerahasiaan Data

Kita sudah paham bahwa data-data penting perusahaan tidak boleh sampai jatuh ke tangan yang tidak bertanggung jawab. Cara terbaik untuk menyimpan, menggunakan, mengontrol akses, sampai menghancurkan data secara efektif adalah melalui ISO 27001.

ISO 27001 akan melakukan identifikasi celah dan potensi area yang rentan di seluruh perusahaan. Selanjutnya mereka menerapkan kontrol yang pas untuk mengelola, mitigasi, dan menangani risiko dengan efektif. 

Selain itu, integritas data akan dipastikan dengan bantuan prosedur organisasi data, pencadangan data, dan kontrol akses. Keberadaan sistem dan prosedur yang membantu mendeteksi ancaman dan mencegah serangannya akan meminimalkan gangguan terhadap bisnis.

Melindungi Reputasi Perusahaan

Belakangan ini sering terjadi serangan siber yang merugikan perusahaan, klien, maupun pelanggan. Akibatnya, banyak perusahaan yang kehilangan pelanggan karena dianggap tidak becus dalam mengatasi serangan tersebut. Reputasi perusahaan yang buruk membuat mereka kesulitan mendapatkan kembali kepercayaan pelanggan.

Beberapa organisasi hanya mau bekerja sama dengan organisasi yang menerapkan ISO 27001. Dari situ bisa dilihat betapa pentingnya keamanan data untuk organisasi mereka.

Dengan jasa audit ISO 27001, perusahaan dapat menunjukkan kepada pelanggan bahwa sistem keamanan informasi di perusahaan dapat dipercaya. Jasa audit 27001 eksternal itu memberikan kepercayaan ekstra kepada pelanggan sehingga mereka tidak khawatir mengenai data-data penting mereka di perusahaan.

Deteksi awal serangan pun membuat perusahaan dapat menentukan solusi terbaik untuk mengatasinya sebelum serangan dapat terjadi. Jadi, perusahaan dapat terus mempertahankan reputasi baik mereka.      

Terhindar dari Hukuman dan Denda

Perusahaan memiliki kewajiban untuk memenuhi peraturan yang ada, termasuk peraturan mengenai keamanan informasi digital. Tidak main-main, perusahaan bisa dikenakan sanksi dan denda apabila tidak bisa memenuhi kewajibannya.

Di Indonesia ada UU ITE. Pada Pasal 3 UU ITE, ada prinsip kehati-hatian dan tanggung jawab yang diberikan kepada PSE atau Penyelenggara Sistem Elektronik baik itu korporasi atau pemerintah untuk melakukan penerapan akuntabilitas sistem elektronik, yaitu harus aman, andal, dan bertanggung jawab.

Sebagai contoh pemberlakuan denda yang pernah terjadi adalah pada British Airways. Mereka diberikan denda sebesar £20 juta atau sekitar Rp 387 miliar setelah 400,000 data pribadi pelanggan BA dicuri peretas. ICO memutuskan bahwa keamanan yang dimiliki British Airways tidak memadai untuk melindungi data pelanggan.

Menambah Nilai Perusahaan Dari Pesaing

Bila perusahaan berada di industri yang sangat kompetitif, akan lebih sulit untuk menonjol di antara perusahaan lainnya. Jasa audit ISO 27001 akan menambah nilai perusahaan yang membedakannya dengan para pesaing. Ini karena perusahaan dapat menunjukkan kepada pelanggan bahwa mereka secara aktif mengatasi ancaman keamanan dan menghindarinya.

Kredibilitas yang baik ini pun akan menjadi acuan saat perusahaan mendapatkan penawaran tender. Banyaknya klien yang mematok ISO 27001 sebagai prasyarat membuat perusahaan yang sudah menerapkannya lebih cepat dalam mengajukan tender pada klien potensial. 

Perusahaan yang ingin mengembangkan bisnis di pasar global juga akan sangat terbantu dengan ISO 27001 sebab kepatuhan ISO 27001 menjadi salah satu syarat masuk utama.

Membuat Karyawan Lebih Sadar Akan Keamanan Informasi

Menjaga keamanan pada teknologi digital umumnya dianggap sebagai tugas IT saja. Karyawan lain tidak merasa mereka harus waspada karena bukan bagian dari tugas mereka. 

Asumsi itu yang memungkinkan pembobolan sistem informasi perusahaan yang terjadi karena kelalaian karyawan. Contohnya, ada karyawan yang membuka e-mail tidak dikenal dengan link phising di komputer perusahaan. Tindakannya membuat keamanan data terbuka dan akhirnya dibobol oleh hacker.

Kejadian seperti itu dapat dicegah dengan ISO 27001. Proses keamanan yang melibatkan seluruh karyawan dari berbagai level akan meningkatkan kesadaran mereka mengenai keamanan data penting. Mereka jadi tahu apa saja yang harus dilakukan agar serangan tidak terjadi di perusahaan.

Baca juga:  Jasa ISO 27001 dan Konsultan ISO 27001

Penutup

Setelah banyaknya kasus pembobolan data perusahaan dan pelanggan, makin banyak orang yang khawatir dengan data mereka. Oleh sebab itu, perusahaan harus semakin aktif dalam menerapkan keamanan informasi. Supaya tujuan keamanan data dapat tercapai, perusahaan dapat memanfaatkan jasa audit ISO 27001.

Kelebihan ISO 27001 dalam mendeteksi ancaman dan mengatasinya membuat perusahaan terhindar dari ancaman siber, reputasi memburuk, sampai kerugian finansial. Setiap pelanggan baru yang akan datang tidak akan merasa terancam karena perusahaan yang dipilih memberikan perlindungan terbaik kepada data mereka.

Jika Anda membutuhkan Konsultan ISO 27001 segera hubungi kami!