integrasolusi.com – Sudah menjadi rahasia umum bahwa teknologi dan informasi memiliki peran besar dalam membantu kesuksesan suatu perusahaan atau organisasi. karena dengan adanya sumber daya teknologi dan informasi yang baik, akan memudahkan perusahaan untuk mewujudkan visinya. Tak heran bahwa cukup banyak sekali organisasi yang berinvestasi besar-besaran di bagian teknologi dan informasi dalam perusahaan, dengan harapan kemajuan teknologi yang dimiliki dapat menjadi nilai keunggulan tersendiri bagi organisasi dalam bersaing. Namun, tahukah Anda bahwa ternyata tidak semua organisasi yang memiliki sumber daya teknologi dan informasi telah berjalan seperti yang diharapkan, alih-alih membantu kemajuan organisasi yang ada justru menghabiskan banyak anggaran dalam organisasi karena dalam prakteknya yang justru tidak sejalan dengan visi dan misi organisasi.

Salah satu metode yang tepat digunakan untuk menghindari hal demikian adalah dengan menerapkan IT Master Plan. IT Master Plan merupakan suatu perencanaan jangka panjang dalam pengembangan sistem informasi guna mendukung visi dan misi perusahaan. IT Master Plan berisi strategi-strategi organisasi atau perusahaan dalam memanfaatkan teknologi informasi sebagai enabler dan menambah keunggulan yang kompetitif. IT Master Plan membahas mulai dari visi dan misi organisasi atau perusahaan sampai pada perencanaan manajemen proyek IT.

Saat ini, penggunaan teknologi dan informasi di perusahaan semakin meningkat. Tidak hanya untuk proses operasional sehari-hari, tetapi juga dalam proses pengambilan keputusan. Bahkan, di beberapa sektor industri seperti perbankan dan keuangan ketergantungan pada IT sangat besar.
Namun demikian, perusahaan tidak bisa secara gegabah mengeluarkan investasi untuk implementasi TI.  Mereka perlu memperhitungkan cost dan benefit yang dihasilkannya. Itulah sebabnya, perusahaan membutuhkan semacam blue print yang sering disebut IT master plan atau IT strategic plan  sebagai dasar perusahaan dalam mengimplementasi IT.

IT Master Plan pada intinya berisi rencana strategis perusahaan dalam melakukan implementasi dan membangun sistem informasi. Di dalamnya memuat pedoman kebutuhan sistem informasi seperti apa yang diperlukan perusahaan. IT Master Plan merupakan turunan dari business plan perusahaan. Alasannya, IT diimplementasikan  sebagai tool untuk membantu perusahaan mencapai visi dan misinya. Maka, tanpa ada visi dan misi yang jelas dari perusahaan, maka IT Master Plan juga tidak bisa di bangun.

Banyak sekali tentu manfaat dari IT master plan untuk perusahaan, yang nanti akan kami bahas di kesempatan artikel lainnya. sebagai contoh saja, IT Master Plan menjadi dasar bagi perencanaan perusahaan dalam investasi dan implementasi TI untuk kedepannya. Dengan demikian, perusahaan tidak lagi sekadar beli ataupun install apikasi, tetapi harus mempunyai perencanaan yang baik.

Jika Anda ingin mengetahui lebih lanjut mengenai IT Master Plan dan implementasinya, serta ingin berdiskusi dan konsultasi secara gratis dengan kami yang telah berpengalaman membangun IT Master Plan. Silahkan untuk menghubungi kami, kami siap membantu Anda

 

 

 

 

 

Sumber :
https://itgid.org/training-master-plan/