Mudah! Ini Cara Membuat Tanda Tangan Anti Palsu

2024-01-04T11:02:51+07:00 February 6th, 2023|Categories: Persuratan|Tags: |

integrasolusi.com – Pembuatan surat atau dokumen resmi kerap dibutuhkan dalam berbagai kesempatan. Mulai dari kesepakatan kredit, pengumuman pemerintah, kerja sama antarpihak, bukti pelunasan dari sebuah transaksi, hingga bukti kronologis kegiatan tertentu.

Sebagai tanda keresmian, surat dan dokumen memerlukan tanda tangan yang autentik. Saking pentingnya tanda tangan asli dalam sebuah dokumen, oknum-oknum tidak bertanggung jawab kerap mencari celah agar bisa memalsukannya.

Nah, demi melindungi surat dan dokumen yang dibuat, Anda harus mengetahui cara membuat tanda tangan anti palsu.

Mengapa Perlu Membuat Tanda Tangan Digital Anti Palsu?

Tanda tangan digital yang tidak dapat dipalsukan dapat memberikan beragam manfaat, misalnya,

1. Meningkatkan keamanan dokumen

Maraknya kasus pemalsuan tanda tangan perlu diwaspadai. Pasalnya, jika sampai tanda tangan Anda ditiru oleh oknum yang tak bertanggung jawab, tanda tangan atau dokumen bisa digunakan untuk hal-hal berbahaya. Belum lagi, pemilik tanda tangan yang justru tertuduh bila ada masalah serius.

Supaya hal itu tak terjadi, tanda tangan anti palsu sangat diperlukan. Selain membuat dokumen lebih aman, cara ini akan mencegah pelaku kejahatan memanfaatkan data penting Anda.

2. Meningkatkan produktivitas

Ketika Anda memiliki segudang dokumen atau surat yang harus ditandatangani, tentu akan merepotkan bila harus melakukannya satu per satu. Nah, tanda tangan digital akan mempercepat penyelesaian dokumen dan akan menghemat waktu.

 

Cara Mudah Membuat Tanda Tangan Anti Palsu

Tanda tangan digital anti palsu bisa dibuat menggunakan aplikasi E Office Persuratan dari integraOffice. Tanpa perlu ribet, setiap surat yang dibuat di aplikasi ini akan disisipi tanda tangan digital berbentuk QR Code secara otomatis.

Baca juga:  Digital Signature QR Code

Apabila ingin mengecek keaslian dokumen, tinggal pindai kode QR dengan kamera. Tanda tangan kode QR yang dipalsukan bisa langsung ketahuan. Sebagai contoh, ketika dipindai, kamera tidak dapat membaca kode atau malah menerjemahkan secara keliru.

 

Sekian penjelasan tentang cara praktis membuat tanda tangan digital pada dokumen atau surat agar tak mudah dipalsukan. Ternyata, cukup dengan inOffice Persuratan, kegiatan surat-menyurat menjadi lebih praktis dan aman! Tertarik untuk mencoba?