No Ribet dan No Palsu: Tanda Tangan Online Untuk Tanda Tangan Dokumen

2024-01-04T10:55:44+07:00 July 11th, 2023|Categories: Persuratan|Tags: |

integrasolusi.com – Dengan makin berkembangnya teknologi, maka proses birokrasi di perkantoran atau organisasi pun jadi turut berkembang. Kalau dahulu, proses meminta tanda-tangan ke atasan susahnya minta ampun karena atasan tidak sedang di kantor atau kantor cabang dan kantor pusat terpisah jarak yang tidak dekat, sekarang sudah ada solusinya.

Meminta tanda tangan dokumen bisa dilakukan dengan lebih cepat dan efisien dengan aplikasi tanda tangan digital atau online. Memang aman? Yuk, cari tahu bersama.

Apa Itu Aplikasi Tanda-Tangan Digital?

Aplikasi tanda tangan digital merupakan aplikasi yang membuat tanda tangan dokumen bisa dilakukan secara online dengan menggunakan tanda tangan QR code. Kode QR ini merupakan kode unik yang bisa di-scan dan dicek keasliannya. Jadi, Anda tidak perlu khawatir mengenai risiko pemalsuan tanda-tangan.

Proses tanda-tangan cepat bukan lagi angan-angan karena proses pemberian tanda-tangan pada dokumen online bisa dilakukan di mana pun dan kapan pun. Selain itu, Anda bisa menghemat biaya operasional karena tidak perlu lagi menggunakan kertas dan ATK.

 

Mengapa Harus Beralih ke Tanda-Tangan Digital?

Dibandingkan dengan tanda-tangan digital, tanda-tangan konvensional jauh lebih mudah dipalsukan. Untuk menambah keabsahan dokumen yang telah dibubuhkan tanda-tangan basah, biasanya tanda-tangan dilakukan di atas materai. 

Berbeda dengan tanda-tangan digital. Pemakaian materai tidak dibutuhkan karena cukup satu kali klik, maka akan langsung tersambung dengan TTE. Selain tidak akan dipalsukan, tanda-tangan juga bisa diberikan kapan pun dan di mana pun.

 

Aplikasi Persuratan Dengan Fitur Tanda-Tangan Digital

inOffice memiliki aplikasi surat-menyurat yang sudah terintegrasi dengan tanda-tangan elektrik. Fitur tanda-tangan online yang dikembangkan oleh inOffice menggunakan metode kriptografi asimetris. Metode ini akan menghindari terjadinya penyalahgunaan pada dokumen online.

Baca juga:  Fungsi Utama Verifikasi Dokumen dan Cara Kerjanya

A-TTAP atau Aplikasi Tanda-Tangan Anti Palsu dari inOfffice menyimpan data-data otentik dari pemilik tanda-tangan, sehingga tanda-tangan akan terverifikasi secara otomatis. Selain itu, tanda-tangan digital ini juga tidak akan mungkin digandakan.

Jadi, pastikan perusahaan dan organisasi Anda pun menggunakan A-TTAP dari inOffice. Untuk info lanjut, silakan hubungi kami!