Optimalkan Pengelolaan Teknologi Informasi Bisnis Anda dengan Konsultan COBIT

2024-01-04T09:08:24+07:00 September 22nd, 2023|Categories: IT Consulting|Tags: |

integrasolusi.com – Teknologi informasi merupakan salah satu penentu jalannya sebuah perusahaan. Supaya aktivitas bisnis bisa berjalan sesuai harapan, tata kelola TI harus dikerjakan oleh ahlinya, yaitu konsultan COBIT.

Apa sebenarnya yang dimaksud dengan COBIT? Seperti apa kerangka kerjanya serta bagaimana implementasinya? Simak pembahasan singkat berikut.

Apa yang Dimaksud dengan COBIT?

Dilansir dari laman itgid.org, COBIT merupakan singkatan dari Control Objectives for Information and Related Technologies. COBIT dapat diartikan sebagai kerangka kerja yang bertujuan untuk mengelola sumber daya TI perusahaan secara efektif.

Seperti kita tahu, informasi adalah hal yang sangat penting dalam sebuah organisasi. Tata kelola TI yang baik akan membantu perusahaan mencapai target yang telah ditetapkan.

Baca juga:  PLN Tarakan Dorong Peningkatan IT Maturity Level Lewat COBIT Assessment

Seperti apa Kerangka Kerja COBIT?

Lantas, seperti apa kerangka kerja COBIT itu? Menurut informasi dari laman Altha Consulting, kerangka kerja COBIT harus memenuhi kebutuhan bisnis dengan melibatkan aplikasi, sumber daya, serta proses TI yang tepat guna.

Dalam pelaksanaannya, pengaturan TI terbagi dalam 2 hal, yakni:

  1. Desain, yaitu yang menjabarkan sejumlah aturan atau pedoman pelaksanaan tata kelola TI agar target bisnis dapat tercapai.
  2. Implementasi, yaitu menjabarkan hasil yang dapat didapat ketika perusahaan sudah menjalankan kontrol atas berbagai aktivitas TI. Hasil tersebut dapat dijadikan alat evaluasi atas performa kerja aktivitas TI.

 

Apa Saja Tahap-Tahap Implementasi COBIT?

Dirangkum dari berbagai sumber, implementasi COBIT mengenal beberapa fase dari awal sampai akhir. Fase-fase tersebut adalah:

  1. Mengidentifikasi kebutuhan akan perubahan manajemen yang lebih efisien.
  2. Selanjutnya, dibuat pemetaan COBIT yang dimulai dari tujuan perusahaan hingga proses TI. perhitungan risiko juga dilakukan pada fase ini. 
  3. Fase ini menentukan tujuan dari pengembangan dan peninjauan manfaat pedoman COBIT secara menyeluruh.
  4. Pembuatan rencana solusi 
  5. Tahap selanjutnya adalah penerapan solusi yang telah dirumuskan sebelumnya dengan menggunakan matriks COBIT.
  6. Tahap pengoperasian secara terus menerus juga pengawasan terhadap target profit yang telah ditetapkan.
  7. Terakhir, dilakukan penilaian keberhasilan, penetapan kebutuhan mendatang, serta pengembangan yang berlanjut.
Baca juga:  Manfaat Mengukur IT Maturity Level dari Framework COBIT

Kelola perangkat TI bisnis Anda secara maksimal agar target perusahaan bisa dicapai dengan efektif. Hubungi konsultan COBIT yang mumpuni untuk memenuhi kebutuhan tersebut.