Pahami Bagaimana Alur Proses Pengiriman Surat Elektronik dan Manfaat E Surat Bagi Organisasi

2023-08-24T14:27:12+07:00 August 26th, 2023|Categories: Persuratan|Tags: |

integrasolusi.com – Dalam sebuah organisasi pasti akan selalu ada kegiatan yang berkaitan dengan surat-menyurat. Seiring berkembangnya teknologi informasi, kini surat-menyurat tidak lagi menggunakan cara konvensional. Dengan hadirnya e Surat, surat-menyurat dapat dilakukan dengan digital menggunakan aplikasi e Office berbasis web. 

Nah, seperti apa alur proses pengiriman surat elektronik? Apa saja manfaat e Surat bagi organisasi? Yuk, kita simak berikut ini!

Langkah-langkah dalam Proses E Surat

Penulisan E Surat

Langkah pertama dalam proses e-Surat adalah mengidentifikasi jenis surat yang dibutuhkan sebab setiap surat memiliki format penulisan yang berbeda. Setelah menentukan jenis dan tujuan surat yang akan ditulis, kita dapat menuliskan e Surat dengan format yang sesuai.

Kita juga dapat melakukan kolaborasi tim untuk menulis, memeriksa, atau mengubah isi e-surat secara real-time sehingga lebih efisien dan menghemat waktu.

Penandatanganan Digital

Setelah menuliskan e-Surat sesuai tujuan dan format, ajukan e-Surat untuk ditanda tangani atau dikoreksi oleh pimpinan/atasan. Apabila e-Surat sudah disetujui, atasan akan membubuhkan tanda tangan digital pada e-surat sebagai tanda tangan yang sah.

Baca juga:  Bagaimana Proses Persuratan dengan Aplikasi Surat Elektronik?

Pengiriman Surat Elektronik

Setelah e-Surat disetujui oleh pimpinan tertinggi, surat akan diserahkan kembali kepada bagian administrasi atau tata usaha untuk diberikan nomor surat. Selanjutnya, departemen terkait melakukan pengiriman surat elektronik.

Penerimaan E Surat

Surat yang masuk ke organisasi akan diterima oleh bagian administrasi atau tata usaha. Kemudian, staff akan melakukan registrasi penerimaan surat ke dalam aplikasi e Surat / e-Surat untuk didistribusikan kepada penerima e-surat.

Penyimpanan dan Pengarsipan

Alur terakhir yaitu pengarsipan dan penyimpanan e-Surat. Surat yang masuk maupun surat yang keluar akan diarsipkan berdasarkan nama pengirim, nomor, tanggal dan dilakukan secara terorganisasi dan sistematis agar memudahkan akses pencarian surat.

Sistem penyimpanan e-Surat juga dapat diintegrasikan dengan sistem e Office sehingga pengelolaan dokumen dan surat dapat lebih terpusat dan efisien.

Baca juga:  Yuk Cari Tahu Mengapa E-Surat Menjadi Solusi Praktis Masalah Perkantoran Masa Kini!

Manfaat E-Surat Bagi Organisasi

Manfaat aplikasi e-Surat salah satunya adalah digunakan untuk pengelolaan, mulai dari pengiriman surat elektronik hingga penyimpanan. Manfaat lainnya dari penggunaan aplikasi e Surat, yaitu:

  1. Dapat membantu organisasi dalam mematuhi peraturan dan kebijakan terkait surat-menyurat dengan cara berikut:
  2. Mengurangi penggunaan kertas untuk upaya keberlanjutan lingkungan.
  3. Melakukan perlindungan data pribadi dengan menerapkan langkah-langkah keamanan yang ketat.
  4. Melakukan audit kepatuhan dengan menerapkan audit trail yang lengkap dengan mencatat setiap timeline e Surat.
  5. Dapat meningkatkan efisiensi dan produktivitas organisasi dengan cara:
  6. Pengiriman yang cepat melalui jaringan internet sehingga mengurangi waktu yang dibutuhkan untuk pengiriman surat fisik melalui pos atau kurir.
  7. Mengurangi biaya untuk mencetak, penyimpanan, dan pengiriman surat fisik.
  8. Memudahkan untuk kolaborasi tim secara real-time.

Nah, demikian tadi merupakan alur proses pengiriman surat elektronik. Dengan mengadopsi e Surat, organisasi dapat mengoptimalkan penggunaan teknologi untuk memenuhi kebutuhan surat-menyurat dengan lebih efisien.