Panduan Mengelola Surat dengan Cara yang Modern dan Praktis

2023-05-10T11:50:51+07:00 April 29th, 2023|Categories: Persuratan|Tags: , , |

integrasolusi.com – Pengelolaan surat, baik surat masuk maupun surat keluar, adalah proses penting dalam setiap lembaga atau organisasi. Proses ini memerlukan ketelitian dan kerap membutuhkan waktu yang lama. Namun, tahukah Anda kalau saat ini ada cara yang lebih efektif dalam menangani surat. 

 

Baca juga: Persuratan Digital Solusi Mengelola Data Persuratan Secara Online

 

Alih-alih menggunakan metode konvensional, Anda dapat mempertimbangkan untuk mengikuti panduan mengelola surat secara modern. Dalam metode ini, Anda dapat melakukan pengelolaan surat yang sepenuhnya berlaku secara digital. 

Panduan Mengelola Surat Secara Digital

Dalam pengelolaan surat secara konvensional, Anda perlu melakukan berbagai tugas yang memakan banyak waktu, seperti: 

  • Menyiapkan banyak lembaran kertas untuk mencetak surat
  • Melakukan pemeriksaan surat keluar dan masuk
  • Meminta persetujuan surat dari atasan
  • Mengecek disposisi surat
  • Melakukan pencarian surat
  • Mengubah isi surat

Namun, tahukah Anda kalau semua tugas yang sifatnya repetitif tersebut dapat teratasi jadi lebih praktis dengan menggunakan aplikasi inOffice Persuratan dari PT Integra Teknologi Solusi. Anda bisa memperoleh banyak kemudahan saat menggunakannya, seperti: 

1. Sistem Penomoran Surat yang Otomatis

Penomoran surat keluar butuh ketelitian. Kesalahan kecil dapat menimbulkan masalah dalam administrasi kantor. Anda dapat meminimalkan kesalahan ini dengan adanya fitur penomoran surat otomatis pada inOffice Persuratan. 

2. Cara Pencarian yang Mudah

Setiap surat dalam inOffice Persuratan disimpan dalam bentuk digital. Oleh karena itu, proses pencarian dapat Anda lakukan cukup dengan mengetikkan kata kunci dari surat yang ingin dicari. 

Baca juga:  Monitoring Surat dan Disposisi Lebih Mudah dengan E-Surat

3. Cara Pelacakan yang Realtime

Disposisi surat secara konvensional sangat memakan waktu. inOffice Persuratan mempunyai fitur yang memungkinkan Anda untuk melacak status disposisi surat secara digital. Dengan cara ini, Anda dapat mengetahui status surat secara realtime. Lebih praktis dan cepat. 

4. Kemudahan dalam Melakukan Kolaborasi

Pemanfaatan inOffice Persuratan dapat pula mempercepat proses pembuatan surat. Draft surat bisa tersimpan secara digital dan dapat diakses oleh beberapa orang sekaligus. Dengan begitu, kesalahan dalam penulisan dapat segera diperbaiki tanpa butuh waktu lama. 

5. Dapat Diakses dari Mana Saja dan Kapan Saja

Terakhir, Anda bisa mendapatkan kemudahan inOffice Persuratan berkaitan dengan aksesibilitas. Anda dapat mengakses surat dari mana saja dan kapan saja, tanpa terhalang oleh jarak maupun waktu. Aplikasi ini dapat Anda jalankan lewat perangkat desktop maupun mobile

 

Baca juga: Macam-Macam Persuratan Elektronik untuk Mengelola Surat

 

Dengan berbagai kemudahan tersebut, tak heran kalau inOffice Persuratan adalah solusi cara menangani surat yang modern dan praktis, kan? Yuk, segera pakai aplikasi persuratan yang modern ini!