pasarwa.id – Di momentum Peringatan Hari Kemerdekaan Indonesia yang ke-75 ini sudah seharusnya kita bersyukur karena inovasi dan kreativitas dari anak bangsa tidak pernah berhenti, salah satu wujud dari inovasi tersebut adalah pasarWA. PasarWA adalah aplikasi toko online berbasis website untuk mempermudah transaksi jual beli, di mana pembeli dapat melihat dan memilih katalog pruduk yang kemudian secara otomatis format pesanan atau detail transaksi akan dikirim melalu pesan Whatsapp ke penjual untuk selanjutnya diproses menjadi transaksi jual beli. Latar belakang diciptakannya aplikasi ini adalah untuk membantu UMKM, karena di masa pandemi secara langsung ataupun tidak langsung UMKM banyak yang terdampak akibat aturan pemerintah yang menerapkan social distancing yang mana interaksi sosial dibatasi demi menghambat petumbuhan kasus Covid 19.

Di masa pandemi seperti sekarang ini aktivitas masyarakat di luar ruangan cenderung berkurang, hal ini juga sejalan dengan aturan dari pemerintah yang menerapkan jaga jarak sosial. Akibat dari hal tersebut membuat pendapatan para pelaku UMKM menjadi merosot. untuk menanggulangi hal tersebut, salah satu solusi yang harus dilakukan adalah mengubah cara berjualan, yang sebelumnya berjualan secara konvensional harus diubah menjadi cara berjualan yang modern dengan memanfaatkan kecanggihan teknologi. Dukungan dari kecanggihan teknologi ini diharapkan mampu meningkatkan kembali pendapatan dari para pelaku UMKM untuk membantu memulihkan roda ekonomi yang sempat berjalan lambat akibat dari pandemi covid-19.

UMKM merupakan salah satu pilar penting dalam struktur ekonomi negara, terlebih negara yang masih berkembang seperti Indonesia. Hal tersebut disebabkan, UMKM memiliki kontribusi sebesar 60,3% dari total produk domestik bruto (PDB) Indonesia. Selain itu, UMKM menyerap 97% dari total tenaga kerja dan 99% dari total lapangan kerja. UMKM tercatat sebanyak 64,2 juta unit (data BPS 2020). Di negara berkembang seperti Indonesia yang mayoritas masyarakatnya kelas menengah ke bawah, peran pelaku UMKM sangat penting untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri guna menekan impor barang dan juga meningkatkan penghasilan masyarakat.

Jika UMKM bisa bangkit dengan jalan inovasi mengikuti perkembangan teknologi. Maka, “Indonesai Maju” akan segera terwujud. Salah satu bentuk revolusi industri 4.0 atau ekonomi digital adalah dengan mengubah jualan konvensional menjadi digital dengan menggunakan pasarWA.