pasarWA :  Tips Mengatur Stok Barang Agar Jualan Tetap Lancar

2020-09-21T17:08:16+00:00

pasarwa.id – Seakarang ini, sedang terjadi  perubahan perilaku konsumen akibat adanya pandemi Covid-19, yang dulunya  dalam membeli suatu kebutuhan cenderung untuk bertemu langsung dengan penjualnya, sekarang lebih memilih membeli secara online/ daring. Begitupun dengan penjual, yang dulunya lebih mengutamakan bertemu langsung pembelinya, sekarang lebih gencar lagi berjualan secara online. Dalam aktivitas kesehariannya, para penggiat usaha online tidak hanya memasarkan produknya di berbagai macam marketplace yang ada sekarang ini, tetapi juga memanfaatkan jejaring sosial yang mereka punya dalam memasarkan produknya. Tidak jarang para penggiat usaha online serig merasa kewalahan dalam melakukan rekap orderan dan merekap data stok barang yang dijual,sehingga kadang karena terlalu fokus pada rekap orderan hingga lupa akan ketersediaan stok barang dagangannya, yang menyebabkan pelanggan kecewa dan reputasi toko menjadi jelek.

Nah untuk itu, agar tetap bisa memantau dan mengatur stok barang yang dijual, serta agar pelanggan tidak kecewa, ada beberapa tips bagi penjual dalam mengelola stok barang, sebagai berikut :

  1. Menggunakan Metode FIFO ( First In First Out)

Metode ini sudah tidak asing lagi dan sering diterapkan. Stok yang lebih dulu masuk adalah stok yang dijual, hal ini  perlu karena untuk menghindari produk yang ada masa kadaluarsanya dan tidak tahan lama. Selain itu, car ini juga membantu mempermudah penjual dalam proses pencatatan stok produknya. Ini sangat cocok buat usaha makanan dan produk-produk musiman yang cepat berganti.

  1. Rutin Memantau Stok Barang

Cara ini yang harus dan wajib dilakukan penjual, harus selalu melakukan check & re-check setiap produk yang dimilikinya. Dan dengan update ketersediaan stok barang yang kita miliki, tentunya tidak akan mengecewakan konsumen yang akan membelinya.

  1. Activity-Based Costing Method

Atau lebih dikenal dengan metode ABC, dimana dengan metode ABC ini penjual dituntut untuk bisa mengkatagorikan barang dagangannya berdasarkan cost atau biaya yang dikeluarkan. Atau bisa juga metode ini untuk mengklasifkasi barang apa saja yang kita jual, mulai harga paling mahal, menengah dan harga paling murah, sehingga kita dengan mudah dapat memantau barang mana saja yang ada.

  1. Jaga Hubungan dan Komunikasi dengan Supplier

Ini penting, karena penjual yang tidak bisa memproduksi produknya jelas tergantung sama supplier, dan sejak dari awal kita harus menjaga hubungan dan komunikasi yang baik dan bisa mengenali tentang supplier produk kita. Dengan demikian, tentunya kita tidak akan sulit untuk mendapatkan barang yang kita butuhkan dan tentunya kita bisa tawar menawar harga produk dengan mereka.

  1. Manfaatkan Perkembangan Teknologi Informasi

Ini juga harus dan wajib dilakukan daripada menggunakan cara manual yang bikin repot dan ribet dalam mengelola stok, caranya bagaimana? Ya dengan menggunakan aplikasi atau software  yang banyak disediakan oleh penyedia jasa, ya tentunya aplikasi yang membantu kita mengelola jualan kita dong. Jangan sampai kita pakai software aplikasi yang mahal dan tentunya tidak sesuai dengan kebutuhan kita.

Nah itulah beberapa tips yang bisa di implementasikan Ketika kita mengelola jualan kita agar tetap lancer dan kita tetap bisa memuaskan konsumen kita. Untuk mendukung tips di atas, tentunya lebih jika penjualmenggunakan cara jualan yang lebih mudah, hanya cukup share link tokonya saja, tinggal tunggu orderan yang otomatis terhubung ke nomor WhatsApp penjual.

Memang ada aplikasi yang seperti itu ?

Coba dech,  klik pasarwa.id , dapatkan manfaatnya dan kemudahannya

Tunggu apalagi !

 

×

Hello!

Klik untuk mengirim Chat di WhatsApp atau kirim email ke support@integrasolusi.com

× Hubungi Kami di Whatsapp