Jasa IT Yang Wajib Diketahui Untuk Kemajuan Organisasi Anda!

2024-01-04T09:55:16+07:00

integrasolusi.com – Hai Sobat Office! Di era kemajuan teknologi dan informasi seperti saat ini, banyak organisasi dan perusahaan terpaksa melakukan upgrade dan update secara berkelanjutan untuk mengikuti perkembangan teknologi dan informasi. Tidak jarang pula mereka menerima berbagai tawaran dari pengembang dan penyedia jasa untuk mendukung divisi IT mereka agar berjalan efisien sesuai visi dan misi organisasi. Banyak perusahaan dan organisasi juga sepakat menjalin kerja sama dengan pihak ketiga.

Dalam praktiknya, meskipun memiliki divisi IT sendiri, kerja sama dengan pihak ketiga tetap diperlukan. Secara sederhana, ketika organisasi ingin mengukur kinerja divisi IT-nya, hasilnya akan lebih netral dan akurat jika dilakukan oleh pihak ketiga yang independen. Dalam artikel ini, kami akan berbagi informasi tentang berbagai jenis layanan IT yang perlu Anda ketahui agar Anda dapat memilih dengan bijak layanan IT mana yang paling sesuai untuk organisasi Anda. Berikut adalah tiga jenis layanan IT yang wajib Anda ketahui agar divisi IT Anda dapat berfungsi lebih efektif dan berperan signifikan dalam mencapai visi organisasi.

1. IT Master Plan

IT Master Plan adalah perencanaan jangka panjang dalam pengembangan sistem informasi yang mendukung visi dan misi perusahaan. IT Master Plan berisi strategi organisasi atau perusahaan dalam memanfaatkan teknologi informasi sebagai alat pendorong dan untuk mendapatkan keunggulan kompetitif. Implementasi IT Master Plan bukanlah tugas yang mudah, oleh karena itu seringkali organisasi menjalin kerja sama dengan pihak ketiga untuk melaksanakannya.

2. Audit IT

Audit IT adalah bentuk pengawasan dan pengendalian infrastruktur teknologi informasi secara menyeluruh. Audit teknologi informasi ini dapat dilakukan bersamaan dengan audit finansial dan audit internal, atau dengan kegiatan pengawasan dan evaluasi lain yang serupa. Untuk memastikan audit IT berjalan dengan optimal, sebaiknya dilakukan oleh pihak ketiga karena harus independen dan bebas dari subjektivitas dibandingkan dengan audit internal.

Baca juga:  5 Prinsip Tata Kelola TI yang Wajib Dipenuhi

3. Pendampingan ISO 27001

ISO 27001 bertujuan untuk memastikan bahwa perusahaan memiliki kendali yang kuat dan memadai dalam keamanan informasi, menunjukkan tata kelola yang baik dalam penanganan dan pengamanan informasi, serta memiliki mekanisme untuk mengukur keberhasilan pengendalian keamanan. Manfaat lainnya adalah adanya pengkajian ulang yang independen terkait manajemen keamanan informasi melalui audit tahunan. Oleh karena itu, sebaiknya Anda juga melibatkan pihak ketiga dalam proses ini agar audit lebih objektif dan independen.

Dari ketiga jenis layanan IT yang kami sebutkan di atas, sudahkah Sobat Office memahami fungsi dan manfaat masing-masing? Pertimbangkanlah dengan bijak jenis layanan IT mana yang paling cocok dan penting untuk kemajuan divisi IT di organisasi Anda.

Jika Anda ingin membahas lebih lanjut atau mempertimbangkan layanan IT tertentu, Corporate Partnership kami siap untuk mendiskusikannya. PT Integra Teknologi Solusi dengan senang hati akan mendukung kemajuan IT di organisasi Anda. Semoga informasi ini bermanfaat.