integrasolusi.com – Tata kelola organisasi atau perusahaan saat ini telah banyak mengalami perubahan, bukan tanpa sebab adanya pandemi Covid-19 yang belum berakhir ini ternyata memberikan hikmah tersendiri, yakni semakin membuka mata para pimpinan organisasi atau manajemennya akan pentingnya peran Teknologi dan Informasi. Dengan banyaknya kebijakan-kebijakan pemerintah yang muncul sebagai upaya dalam menekan angka pertumbuhan Covid-19 ini memaksa organisasi harus beradaptasi, karena banyak proses kerja yang terkena dampaknya baik secara langsung maupun tidak langsung. Sebagian besar organisasi telah berupaya untuk menerapkan e-Office dalam melakukan aktivitas kerjanya. Alasannya sederhana, e-Office dirasa sebagai solusi yang tepat bagi instansi untuk menjadikan aktivitas organisasi menjadi lebih mudah, dan efektif.

Namun dalam prakteknya, tidak semua organisasi mampu untuk menerapkan e-Office secara mandiri, karena adanya keterbatasan tenaga yang berkompeten dibidangnya, sehingga tidak sedikit organisasi yang memilih untuk menggunakan jasa Vendor sebagai solusi. Menggunakan jasa Vendor sebagai alternative dalam menerapkan e-Office harus mempertimbangkan beberapa hal, agar implementasi e-Office itu sendiri dapat berjalan secara optimal. Jika dilakukan secara sembarangan dan tidak dipertimbangkan  secara matang,  akan muncul kekhawatiran tidak berjalannya e-Office  secara maksimal, namun ada kerugian finansial karena menggunakan jasa pihak ketiga atau Vendor yang juga memerlukan investasi tersendiri. Nah, pada kesempatan ini kami akan coba membagikan kepada Sobat Office mengenai beberapa tips yang bisa dijadikan sebagai bahan pertimbangan dalam memilih Vendor guna mengimplementasikan e-Office secara tepat guna, antara lain adalah :

  1. Berpengalaman Dalam Menerapkan e-Office di Berbagai Instansi dan Sudah Teruji.

Pengalaman merupakan sesuatu yang amat penting untuk dipertimbangkan, semakin berpengalan Vendor tersebut dalam membantu menerapkan e-Office di berbagai instansi maka semakin bagus. Berpengalamannya Vendor bisa mengartikan bahwa yang dilakukan adalah bukan coba-coba, melainkan berdasarkan dari success story yang dia miliki dari instansi-instansi yang pernah dibantunya.

  1. Menyediakan Adanya Kustomisasi Sistem

Setiap organisasi atau perusahaan, tentu memiliki kondisi dan kebutuhan yang pasti berbeda-beda. Ini sebabnya setiap aplikasi yang digunakan disuatu instansi tidaklah menjamin akan cocok juga jika digunakan di instansi lain. Itulah mengapa kustomisasi sistem menjadi sesuatu yang penting untuk kita pertimbangkan. Pilihlah sebisa mungkin Vendor yang  bisa menyesuaikan dengan kebutuhan instansi Anda.

  1. Pelayanan After Sales yang Baik.

Terakhir adalah pilihlan Vendor yang menyediakan layanan after sales yang memuaskan. Hal ini wajar saja, karena dalam perjalanannya mengimplementasikan e-Office bukan tidak mungkin jika akan menemui beberapa kendala, apalagi jika organisasi Anda tidak memiliki tenaga IT. Maka service dari  Vendor merupakan hal yang wajib tersedia.

 

Dari ketiga poin diatas, kami harap Sobat Office bisa lebih cermat dalam memilih calon Vendor mana yang tepat untuk membantu penerapan e-Office di instansi/organisasinya.

Hubungi atau kontak kami untuk informasi selengkapnya mengenai e-Office!!