Pentingnya Absensi Online di Instansi Pemerintahan

2023-05-24T10:46:02+07:00

integrasolusi.com sekarang eranya dimana semuanya serba digital dan online, hal itu tentunya akibat pesatnya perkembangan teknologi  informasi, yang semakin hari semakin banyak inovasi-inovasi baru yang dapat membantu dan memudahkan semua aktivitas kita sehari-hari. Dari aktivitas pribadi kita sampai akvitas kerja kita di kantor, begitu halnya bagi instansi/perusahaan, yang tentunya akan mendapatkan kemudahan dan keuntungan apabila mengimplementasikan kemajuan teknologi secara tepat guna. Salah satunya adalah pemanfaatan teknologi informasi dalam hal pengelolaan kehadiran pegawai dengan menggunakan absensi online di instansi pemerintahan. Mengapa instansi pemerintahan? Karena instansi pemerintahan terutama PNS, saat ini menjadi sorotan dalam pelayanan kepada masyarakat, yang mengharuskan setiap PNS dalam instansi pemerintahan memiliki tanggung jawab dalam meningkatkan kinerjanya, salah satunya adalah kedisiplinan dalam hal kehadiran / Absensi, dengan adanya kedisplinan dalam hal absensi, tentunya akan meningkatkan kinerjanya dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat agar lebih cepat, efektif dan efisien.

Meskipun di instansi pemerintahan dalam pengambilan keputusan harus melalui birokrasi yang berjenjang dan harus menunggu konfirmasu dari Dinas yang menangani bidang tek nologi informasi. Namun terkadang ada beberapa instansi pemerintahan yang mengambil keputusan masing-masing dalam hal menentukan inovasi apa yang sesuai dengan lingkungan instansinya. Seperti dalam implementasi pengelolaan absensi dengan mengandalkan mesin absen atau dengan metode lainnya. Namun seiring berjalannnya waktu dan perkemnbangan teknologi yang semakin pesat, penggunaan mesin absensi sudah mulai ditinggalkan karena dirasa kurang efektif dan efisien.

Nah untuk solusinya saat ini, muncul inovasi dalam hal absensi, yaitu dengan sistem aplikasi absensi berbasis online, yang kini sudah banyak dikembangkan dan ditawarkan oleh banyak penyedia jasa IT. Mengapa implementasi absensi online penting bagi instansi pemerintahan? Karena :

  1. Mudah digunakan
  2. Data kehadiran pegawai dapat dipantau secara akurat
  3. Penghitungan jam kerja pegawai lebih akurat
  4. Meminimalisir kecurangan dalam hal absensi, terutama pegawai dengan mobilitas tinggi.
  5. Dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja sesuai kebijakan instansi
  6. Dapat diintegrasikan dengan data kepegawaian yang ada
  7. Didukung dengan teknologi canggih saat ini ( GPS dan Face Recognition)
  8. Biaya terjangkau.
Baca juga:  Jangan Asal Pakai, Tips Memilih Aplikasi E-Office yang Kredibel dan Sesuai Budget

 

Nah itulah beberapa hal tentang pentingnya penerapan absensi online di instansi pemerintahan, namun sebenarnya masih banyak lagi keuntungan dan manfaat yang diperoleh bila instansi Anda menerapkan absensi secara online.

Disini PT Integra Teknologi Solusi sebagai salah perusahaan IT yang solutif dan inovatif akan mensupport sepenuhnya prose goog governance di instansi Anda, menghadirkan integraOffice Absensi (iOA) dalam memberikan solusi dan kemudahan absensi pegawai dengan mudah, cepat dan akurat, absensi dapat dilakukan kapan saja dimana saja, dengan  berbagai macam manfaat  yang dapat diperoleh, salah satunya adalah adanya fitur GPS dan Face Recognition serta dengan aplikasi iOA ini pastinya hemat anggaran.

Tertarik menggunakannya, segera hubungi kami untuk mendapatkan informasi detailnya.