Percaya atau Tidak ! SEO dan SEM Sangat Membantu Digital Marketing dalam Proses Bisnis

2023-05-26T09:57:48+07:00

Hai sobat office, tahu kah anda SEO dan SEM bisa merubah omset bisnis anda menjadi meningkat drastis ? Ini sebagai salah satu fungsi mengapa perlu mengembangkan digital marketing dalam proses bisnis anda, tentu manfaat utama adalah meningkatkan penjualan anda. Simak kali ini tujuan harus anda pikirkan lebih awal terkait SEO dan SEM !

SEO

SEO yang merupakan singkatan dari Search Engine Optimization atau optimasi mesin pencari adalah sebuah suatu strategi atau serangkaian teknik yang sistematis untuk menempatkan website atau blog berada di halaman utama SERP (Search Engine Result Page) dan potensial sesuai dengan keyword yang ditentukan. Melakukan SEO memerlukan keterampilan dan ketekunan. Selain itu, melakukan SEO juga membutuhkan keterampilan analisis, kompetitif, dan strategis. Hal ini dikarenakan dibutuhkannya analisis untuk meneliti kata kunci atau keyword apa yang akan ditargetkan. Secara teknis, SEO membutuhkan waktu minimal tiga bulan untuk mendapatkan hasil yang optimal. Tujuan utama melakukan SEO adalah untuk meningkatkan traffic visitor atau kunjungan dengan keyword yang tertarget. Salah satu indikator utama keberhasilan SEO adalah semakin tingginya posisi website atau blog dengan keyword tertentu di search engine. Semakin tinggi posisi website atau blog dengan keyword tertentu di search engine, maka semakin tinggi pula pengunjung atau visitor yang berkunjung ke website atau blog tersebut

SEM
Merupakan singkatan dari Search Engine Marketing. Sama seperti SEO, SEM juga memiliki tujuan untuk mendapatkan tampilan website atau blog pada halaman utama Search Engine Result Page. Pengguna SEM umumnya identik dengan penawaran produk. Biasanya, pengguna SEM yang beriklan du search engine adalah toko-toko online yang memiliki produk atau jasa untuk dijual. Meskipun ada, umumnya sangat jarang ditemukan pengguna SEM yang mempromosikan konten tulisan saja. Yang membedakan SEO dan SEM adalah dalam segi biaya. SEM merupakan trik pemasaran internet yang membutuhkan biaya, sedangkan SEO gratis alias tanpa biaya. Secara teknis, pembayaran Search Engine Marketing umumnya dilakukan dengan cara pay per click atau dengan ketentuan berapa lama waktu. Hasil SEM akan dengan cepat terlihat dari berapa besar dana yang dialokasikan. SEM berfungsi untuk meningkatkan pengunjung dan popularitas, serta keyword yang akan ditargetkan. Baik SEO dan SEM memiliki tingkat kesulitan masing-masing.

Baca juga:  Simak, Ini 7 Cara Menghindari Dampak Buruk Dalam Mengelola Keluhan!

Search Engine Optimization dan Search Engine Marketing tidak digunakan untuk adanya persaingan satu sama lain, tetapi SEO dianggap sebagai bagian dari layanan SEM. Apabila Anda memutuskan untuk melakukan bisnis di dunia internet, sebaiknya website yang Anda miliki dapat ditampilkan pada mesin pencarian organik dan juga pada bagian yang diiklankan. Ini artinya, SEO dan SEM dibutuhkan untuk memperluas jaringan bisnis di dunia online.

Tentunya strategi ini juga sedang berlaku hingga saat ini supaya integraOffice juga bisa membantu pasar diluar sesuai kebutuhannya.

Semoga Bermanfaat !

https://www.webarq.com/id/memahami-seo-dan-sem-bagi-pemula-digital-marketing