Persuratan Elektronik: Aplikasi yang Wajib Dimiliki untuk Memudahkan Proses Surat-menyurat

2023-07-24T09:04:54+07:00 February 11th, 2022|Categories: Persuratan|Tags: , , |

Aplikasi persuratan elektronik diciptakan untuk memberikan solusi dan kemudahan dalam mengelola proses surat-menyurat dalam sebuah instansi atau perusahaan.

integrasolusi.com – Surat merupakan salah satu media komunikasi formal yang selalu dipakai oleh instansi atau perusahaan dalam penyampaikan pesan atau kabar kepada instansi atau pihak lain. Pada jaman dulu, surat identik dengan sebuah tulisan di atas kertas yang mengandung informasi baik pesan atau kabar untuk disampaikan kepada intansi atau orang lain. Dalam praktikknya kegiatan surat-menyurat dahulu sangat memakan waktu dan tanaga karena pada prosesnya semuanya masih dilakukan secara manual.

Dewasa ini, terlebih di zaman industri 4.0, kegiatan surat-menyurat mayoritas sudah dilakukan secara lebih cepat karena telah banyak yang memanfaatkan teknologi, baik melaui email atau surat elektronik, atau bisa juga menggunakan aplikasi perpesanan seperti whatsapp, telegram, dll. Namun, menggunakan media tersebut juga masih belum memenuhi kebutuhan karena surat yang diterima dan dikirim akan bercampur dengan surat atau pesan lain yang tentu akan sangat sulit untuk dikelola.

Untuk memberikan solusi pada masalah tersebut, perlu segera berpindah menggunakan aplikasi persuratan elektronik khususnya yang mampu mengakomodasi kebutuhan surat-menyurat yang  mampu memberikan kemudahan dalam mengelola surat masuk, surat keluar, disposisi masuk, disposisi keluar, informasi masuk dan informasi keluar yang tidak bercampur dengan pesan lain dan hanya fokus pada pengelolaan persuratan elektronik sehingga mudah dalam men-tracking atau melacak surat atau mencari surat di kemudian hari jika diperlukan.

Urgensi Penggunaan Aplikasi Persuratan Elektronik Saat Ini Tidak Dapat Ditunda-tunda

Kecepatan informasi yang didapat, bisa menjadi landasan atau dasar dalam memutuskan suatu yang cepat dan akurat. Hal ini tentu saja akan sangat membantu pimpinan dalam menjalankan tugas sebagai decision maker dalam sebuah instansi atau perusahaan sehingga goal atau tujuan dari perusahaan dapat tercapai dengan maksimal.

Baca juga:  Sulit Melacak Progress Surat dan Disposisi? 

 

Aplikasi Surat-menyurat inOffice

mockup persuratan

Aplikasi persuratan inOffice diciptakan untuk memberikan solusi dan kemudahan dalam mengelola proses surat-menyurat dalam sebuah instansi atau perusahaan.

Pada aplikasi persuratan ini terdapat fitur-fitur yang dapat memudahkan dalam mengelola proses surat-menyurat seperti surat masuk, surat keluar, disposisi masuk, disposisi keluar, serta informasi masuk informasi keluar kepada pimpinan.

Selain itu, pada aplikasi surat-menyurat ini juga terdapat fitur tambahan yang dapat menunjang aktivitas persuratan seperti draf surat yang mana fitur ini sangat membantu sekretaris atau orang yang diberikan tanggung jawab dalam membuat draf surat sebelum dijadikan surat keluar.

Selain itu, aplikasi persuratan inOffice juga mempunyai fitur tracking surat yang mana fitur ini dapat membantu memudahkan dalam melihat sejarah perjalanan surat.

Yang tidak kalah penting. di aplikasi surat-menyurat ini juga terdapat fitur penomoran otomatis pada surat keluar sehingga duplikasi nomor surat tidak akan pernah terjadi.

 

Demikianlah penjelasan mengenai persuratan elektronik yang mampu mengakomodasi kebutuhan surat-menyurat yang cepat, mudah, dan efisien waktu. Jika instansi Anda belum menggunakan aplikasi surat-menyurat, sudah saatnya segera hubungi kami sekarang juga

 

Have a nice day