Memantau progress surat dan disposisi merupakan hal yang sangat penting bagi pimpinan, karena dapat berpengaruh besar terhadap komunikasi dan kebijakan yang akan dilaksanakan pada instansi”

integraOffice Persuratan – Kemajuan teknologi seperti sekarang ini, tentunya memberikan dampak dan pengaruh yang besar pada aktivitas kerja kita di kantor. Tentu saja dengan memanfaatkan teknologi yang ada dapat membantu dan memudahkan pekerjaan kita sehari-hari, sehingga bisa lebih efektif dan efisien.

Salah satu contoh aktivitas yang akan kita bahas kali ini adalah proses surat-menyurat dan disposisi. Siapa sih yang tidak yang tidak kenal dengan surat-menyurat dan disposisi? Tentu saja bagi Anda yang berkecimpung di tata kelola perkantoran pastinya paham betul tentang proses surat-menyurat dan disposisi. Karena proses tersebut merupakan sarana komunikasi secara tertulis dan dapat digunakan sebagai dasar untuk melakukan aktivitas perkantoran lainnya di suatu instansi/perusahaan.

Namun terkadang tidak semuanya aktivitas persuratan dan disposisi ini berjalan dengan lancar, justru sebaliknya muncul berbagai masalah-masalah pada proses persuratan dan disposisinya, seperti lambatnya surat diterima pimpinan, lambatnya proses disposisi, sulit memantau proses surat dan disposisi yang ada, adanya surat yang terselip atau hilang, dll. 

Pada sebagian orang, mungkin permasalahan dalam proses persuratan dan disposisi dianggap sepele. Namun pada instansi/perusahaan besar yang intensitas persuratan dan disposisinya tinggi,  tentu saja dapat berdampak buruk pada aktivitas dan kinerja instansi/perusahaan tersebut, karena dengan sistem persuratan yang tidak efektif, pimpinan sebagai pucuk koordinator dan  pemberi perintah kepada bawahannya akan kesulitan dalam memantau proses persuratan dan disposisi yang ada, sehingga aktivitas pada instansi/perusahaan tidak berjalan sebagaimana mestinya.

Bagaimana solusi agar pimpinan bisa pantau proses persuratan dan disposisi?

Sebenarnya caranya cukup mudah, yaitu dengan memanfaatkan teknologi digital yang ada saat ini, yaitu dengan memanfaatkan aplikasi persuratan online atau biasa dikenal dengan aplikasi e-Office atau e-Surat. Dengan hadirnya sistem persuratan online ini, berbagai permasalahan yang timbul pada proses persuratan dan disposisi dapat dihindari dan bahkan dihilangkan.

Karena aplikasi persuraan ini berbasis online atau menggunakan internet, mulai dari surat masuk, disposisi, membuat surat keluar, mengarsipkan surat, memantau proses dan progress surat/disposisi, dll dilakukan secara online dan digital melalui aplikasi e-Office/e-Surat. Jadi Anda tidak perlu lagi bersusah payah dalam mengirimkan surat fisik atau sekedar perintah disposisi dari atasan dengan mendatangi satu per satu tujuan, melainkan cukup dari aplikasi persuratan online e-Office ini

Apalagi sekarang ini aplikasi persuratan online e-Office yang sebelumnya dikembangkan dalam versi web, sekarang ini sudah dikembangkan dalam versi aplikasi mobile yang langsung dapat diunduh di smartphone masing-masing pengguna. semua aktivitas dari membaca surat-surat, disposisi sampai dengan  melakukan tracking surat dan disposisi dapat dilakukan hanya dari smartphone saja. Yang tentu saja itu semua sangat membantu memudahkan pimpinan dalam memantau proses surat dan disposisi yang ada, sehingga komunikasi dan koordinasi dengan para bawahannya dalam pelaksanaan aktivitas instansi/perusahaan dapat dilakukan secara efektif dan efisien.

 

Dengan berbagai kemudahan dan keunggulan menggunakan aplikasi persuratan online, apalagi yang Anda tunggu!

 

Untuk Informasi  lebih lanjut, Anda  bisa langsung klik disini, atau bisa kontak kami sekarang

Semoga bermanfaat 🙂