Populer: Ini Pentingnya Penerapan Keamanan IT Bagi Perusahaan!

2023-07-25T15:28:32+07:00 April 15th, 2020|Categories: Event, Inspiration|Tags: |

integrasolusi.com – Hai Sobat Office ! Siapa di sini yang masih sering salah artikan jika keamanan IT hanya berlaku untuk organisasi/perusahaan yang bergerak di bidang teknologi saja? Pada dasarnya kemanan IT dapat diterapkan di semua organisasi/perusahaan yang menjadikan data dan informasi sebagai aset yang harus dilindungi

Seiring dengan berkembangnya teknologi informasi yang semakin pesat, sistem keamanan IT dapat membantu organisasi atau perusahaan dalam membangun dan memelihara sistem manajemen keamanan informasi dengan baik. Berkaitan dengan sistem tersebut, pemerintah Indonesia memiliki fokus yang tinggi terhadap implementasi IT dengan menerbitkan beberapa peraturan sebagai acuan atau standar dalam implementasi tata kelola IT,  salah satunya adalah diterbitkannya Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia No. 04 Tahun 2016 tentang Sistem Manajemen Pengamanan Informasi.

Keamanan informasi merupakan suatu komponen penting yang harus dimiliki oleh organisasi/perusahaan. Sebagai contoh, pernah tidak Sobat Office mendengar hilangnya data perusahaan akibat bencana, atau pencurian data dan informasi dari suatu perusahaan yang kemudian diperjual belikan oleh oknum yang tidak bertangung jawab? Ya, semua hal tersebut haruslah diantisipasi oleh organisasi/perusahaan yang ingin aset data informasinya tetap terlindung dan terjaga keamanannya.

Di sisi lain, saat ini tingkat kepedulian masyarakat Indonesia terhadap keamanan informasi terbilang masih kurang. Bagi sebagian besar perusahaan, saat ini keamanan informasi masih dianggap sebatas untuk memenuhi syaratt atau standar terhadap suatu regulasi tertentu, padahal di lain pihak, perusahaan memiliki begitu banyak data dan informasi yang harus dilindungi.

Oleh karenanya, untuk bisa memberikan perlindungan informasi yang baik menjadi suatu tantangan tersendiri bagi perusahaan. Dan berikut ini adalah 3 aspek utama yang perlu diperhatikan dalam keamanan informasi:

3 Aspek Utama Keamanan Informasi

1. Kerahasiaan (Confidentiality)

Misalnya seperti data-data yang sifatnya pribadi, yang biasanya diberikan ke pihak lain untuk keperluan tertentu. Confidentiality memastikan agar informasi tetap terjaga dengan baik dari pihak yang tidak memiliki wewenang dalam mengakses informasi tersebut.

2. Integritas (Integrity)

Dalam hal ini artinya informasi tersebut tidak bisa dimodifikasi tanpa otorisasi yang jelas, serta dapat dipastikan bahwa informasi yang disampaikan tetap akurat dan juga lengkap.  Contoh jika terdapat perbedaan antara informasi atau data yang dikirimkan dengan yang diterima, maka aspek integrity tidak tercapai.

3. Ketersediaan (Availability)

Coba bayangkan jika kamu sebagai user yang absah ingin mengakses mail atau layanan lainnya, namun pada saat kamu membutuhkannya layanan tersebut tidak dipenuhi karena beberapa alasan, misalnya server yang down karena terkena hack dsb., aspek ini (availability) mampu memastikan bahwa ketersediaan data informasi hanya dapat diakses oleh pihak berwenang ketika dibutuhkan.

Bila salah satu aspek tersebut terganggu, dapat dipastikan keamanan data dan informasi di dalam suatu perusahaan pun akan ikut terganggu. Pengamanan informasi tersebut dapat dicapai dengan melakukan suatu kontrol yang terdiri dari kebijakan, proses, prosedur, struktur organisasi, serta fungsi-fungsi infrastruktur IT.

Lalu tools yang seperti apa yang baik digunakan untuk menunjang Keamanan Informasi tersebut? PT Integra Teknologi Solusi sebagai perusahaan Informasi Teknologi yang telah dipercaya oleh Kementrian, BUMN dan anak perusahaannya, serta Instansi maupun Universitas berskala nasional, menawarkan solusi melalui jasa IT Consulting yang dapat membantu semua proses tersebut dengan efektif dan efisien.

Baca juga:  Audit Berbasis Risiko: Bagaimana Cara Melakukannya dengan Efektif?

Mulai dari penerapan pelatihan untuk memperkenalkan ISO 27001 (Standarisasi Manajemen Keamanan Informasi), hingga implementasi kepada seluruh stakeholder perusahaan, yang dilanjutkan dengan penilaian resiko dst. akan dikupas secara tuntas oleh tenaga ahli khusus PT Integra Teknologi Solusi yang juga sudah bersertifikasi internasional.

Dan yang pasti, dengan menerapkan standar ISO 27001, organisasi atau perusahaan dapat melindungi dan memelihara kerahasiaan, integritas dan ketersediaan informasinya, serta dapat mengelola dan mengendalikan risiko keamanan informasi yang ada di dalamnya.

untuk memenuhi itu semua, PT Integra Teknologi Solusi akan terus berupaya memberikan solusi IT terlengkap dalam komunikasi dan perancangan, implementasi, konsultansi serta pelatihan solusi bisnis IT inovatif yang berkonseptual bagi semua perusahaan yang membutuhkannya.

Ingin lebih jelas informasi tentang jasa IT Consulting dari kami?

Langsung aja klik di sini atau klik tombol WhatsApp yang ada di bawah ini untuk informasi lebih lengkapnya.

Terima kasih telah membaca dan sampai jumpa di artikel kami selanjutnya 😊