Seberapa seringkah kalian sharing knowledge secara internal di terapkan di perusahaan anda ?

Terkadang hal kecil “ilmu berbagi” dengan sesama karyawan di dalam perusahaan cukup banyak kurang aktif diterapkan. Adanya perbedaan budaya dan penerapan bekerja di masing-masing instansi memiliki karakter sendiri. Cukup jarang diterapkan oleh manajemen perusahaan, memberikan kesempatan saling komunikasi antar grup atau antar divisi, bahkan dalam satu departemen. Namun, bedanya dengan PT Integra Teknologi Solusi perusahaan yang bergerak di bidang jasa IT sejak 2017 ini, telah memberlakukan event internal salah satunya adalah Sharing Knowledge. Mengapa ? Tujuan adanya kami membangun adanya sharing knowledge internal ini diterapkan supaya bisa berbagi ilmu, pengalaman, dan pemikiran maupun pandangan dari berbagai karyawan.

Diawali penerapannya dengan cara presentasi internal dari masing-masing team, kemudian kami bisa memberikan kesempatan yang ingin mengikuti event eksternal diluar kantor, apapun event seminar maupun webinar yang diikuti bisa dijelaskan kembali di internal karyawan Integra. “Ada event sharing knowledge sudah lama, kira-kira mulai diterapkan di akhir 2017. Awalnya dari direktur dan jajarannya di Integra karena sering menghadiri acara diluar, atau event seminar, bahkan terkadang beliau juga menjadi peserta kemudian pimpinan-pimpinan itu sering menceritakan apa yang telah didapatkan disana, lalu mulai di terapkan dibuatkan presentasi secara internal saja supaya tidak hanya pimpinan tsb yang dapat ilmu di event itu. Kami yang di kantor juga bisa mengikuti perkembangan informasi dari acara tersebut” ujar Amanda selaku Corporate Secretary PT Integra Teknologi Solusi.

Apakah hanya jajaran pimpinan dan direksi saja yang berbagi pengetahuannya ?

Integra selalu memiliki budaya kerja yang profesional, santai namun serius. Karena bekerja bersama milenial, segala persepsi harus saling disamakan di era saat ini. Tidak ada penerapan khusus bahwa staff biasa tidak sharing di kantor Integra, justru dari segala jabatan dan masa kerja karyawan tidak dipandang oleh budaya kerja di Integra. Tentu saja selama ini adanya sharing knowledge di bebaskan untuk seluruh karyawan yang ingin memberikan informasi apapun.
“Biasanya tidak harus IT yang dibahas terus di sharing knowledge, ada kok yang membahas umum. Ada yang membahas terkait manajemen perusahaan, ada yang menjelaskan seperti tips and trick pengelolaan keuangaan. Memang dikemas seperti itu supaya menarik, dan tidak monoton. Bahkan dari seluruh karyawan yang ada dari C level hingga staff, semua sudah pernah dapat giliran sharing knowledge offline saat di kantor, bahkan saat ini WFH pun kami tetap online  melalui daring” pungkas Amanda.

Manfaat adanya ini, dapat dihasilkan dan dinikmati sendiri oleh masing-masing karyawan. Tentunya kami juga memiliki aplikasi integraOffice Knowledge Management Systems (KMS), sengaja kami kembangkan berawal dari kebutuhan tim Integra hingga ada pihak client yang tertarik dibuatkan aplikasi tersebut untuk kebutuhan manajemen internal perusahaan mereka.

Dengan bangga, aplikasi yang kami kembangkan dari tahun 2017 ini berbuah manis banyak digunakan oleh perusahaan BUMN ternama salah satunya di Surabaya dan terbesar di Madiun.
Kedua perusahaan besar tersebut mempercayakan Integra sampai saat ini mengelola aplikasi KMS untuk memberikan manfaat bagi perusahaan BUMN, didukung dengan kecanggihan fitur-fitur terbaik dari integraOffice KMS. Manajemen perusahaan yang akan menjalankan sendiri, bagaimana aplikasi tersebut di terapkan untuk seluruh para karyawannya.

Bagaimanakah penerapan integraOffice KMS ? Yuk segera diskusi dengan kami lebih lengkapnya, dan dapatkan manfaatnya bagi perusahaan anda.

Semoga bermanfaat sobat office ! #SharingisCarring