integrasolusi.com- Perkembangan teknologi saat ini telah memberikan dampak yang sangat besar terhadap aktivitas kerja kita, terutama aktivitas kerja kita di kantor. Salah satunya adalah kegiatan komunikasi dan koordinasi secara administratif dengan surat-menyurat, yang tidak asing lagi bagi mereka yang sehari-hari bekerja di kantor pemerintahan, pendidikan, dan swasta. Kini dengan berkembangnya teknologi informasi tentunya akan sangat membantu untuk mempermudah pekerjaan dan aktivitas perkantoran terutama surat-menyurat dan disposisi yang sebelumnya dilakukan secara manual konvensional kini lambat laun bertransformasi ke arah digital yang lebih modern dan efektif.

 

Bentuk transformasi digital proses surat-menyurat yang ada saat ini adalah dengan sebuah sistem aplikasi persuratan digital atau biasa dikenal dengan E-Office.m dengan adanya sistem persuratan digital ini, semua aktivitas persuratan dan disposisi dapat dilakukan secara efektif dan efisien.

 

Dalam perkembangannya, implementasi persuratan digital ini, banyak instansi/perusahaan menggunakan 2 cara, yaitu :1) mengembangkan dan membuat aplikasi persuratan digital sendiri atau 2) bekerjasama dan menyerahkan kepada pihak ketiga atau vendor aplikasi. Kedua cara tersebut dilakukan tentunya menyesuaikan kemampuan dan kebutuhan dari masing-masing instansi/perusahaan.

 

Namun seperti yang kita ketahui bersama, beberapa tahun belakangan ini, muncul sebuah terobosan baru yang dikembangkan oleh vendor penyedia jasa layanan aplikasi, yaitu yaitu SaaS (Software as a Service). Dimana dengan adanya pengembangan model  SaaS dan penyimpanan cloud lainnya, telah membuat daya tarik tersendiri bagi instansi/perusahaan dalam memilih dan menerapkan teknologi informasi di dalam aktivitasnya.

 

Sebenarnya apakah SaaS (Software as a Service) itu?

Sebagai informasi singkat saja Software as a Service, juga disebut sebagai SaaS adalah bentuk layanan berbasis cloud. Atau bisa dikatakan untuk segala hal mulai dari pemrosesan data dan penyimpanan data, hingga perangkat lunak di server yang dapat diakses dari server eksternal yang terhubung ke internet, dimana dalam implementasinya sangat mudah dan bisa disesuaikan dengan pasar serta kebutuhan dari masing-masing penggunanya

 

Apa yang membuat sistem SaaS ini menjadi daya tarik tersendiri bagi instansi/perusahaan?

Seperti penjelasan singkat di atas, tentunya SaaS mudah diimplementasikan dan mudah disesuaikan dengan kebutuhan, apalagi kebutuhan instansi/perusahaan dalam hal implementasi aplikasi E-Office persuratan digitalnya tanpa harus banyak effort yang dibutuhkan.

 

Berikut beberapa alasan mengapa harus menggunakan SaaS E-Office : 

1.Anda cukup mengeluarkan biaya sesuai yang digunakan

Dengan SaaS E-Office persuratan digital, Anda cukup membayar sesuai apa yang Anda butuhkan. Disini Anda tidak perlu lagi membeli sebuah paket sistem aplikasi yang besar dan mahal dengan fitur-fitur yang tidak Anda butuhkan, sehingga sistem ini bisa dikatakan hemat biaya dan fleksibel.

2.Mudah diakses dimana saja dan kapan saja

Dengan solusi berbasis cloud, Anda tidak perlu lagi menginstall aplikasi khusus sistem E-Office persuratan digital di PC/Laptop Anda. Selama Anda memiliki akses internet, Anda dapat menggunakan layanan SaaS di mana saja dan kapan saja. Cukup mudah bukan!

3.Hemat anggaran pengermbangan

Dengan SaaS E-Office persuratan digital ini, Anda tidak perlu repot-repot lagi mengembangkan aplikasi sendiri yang memakan banyak waktu, tenaga dan budget yang mahal. Dengan menyewa layanan SaaS ini, Anda tidak perlu mengembangkan, membeli, mendistribusikan, dan mengelola sendiri sistem aplikasinya. Semuanya sudah disediakan oleh vendor layanan sesuai kebutuhan Anda.

4.Layanan keamanan yang terjamin

Banyak yang ragu dan menanyakan masalah keamanan datanya bagaimana, dengan menggunakan layanan SaaS ini, Anda tidak perlu khawatir lagi tentang keamanannya. Mayoritas vendor penyedia layanan SaaS ini, tentunya sangat memperhatikan hal ini dan tentunya akan selalu bekerja keras dalam membangun sistem keamanannya dengan selalu update standarisasi keamanan data dan informasi yang berlaku saat ini.

5.Hanya butuh waktu yang singkat

Setelah menggunakan layanan SaaS E-Office persuratan digital ini, Anda tidak perlu waktu lama untuk melakukan penyesuaian data yang diperlukan dalam menggunakan aplikasi. Karena aplikasi sudah ada dan sudah jadi, Anda tinggal menyediakan data-data yang dibutuhkan, dan vendor penyedia jasa Saas akan membantu Anda dengan segera untuk mengaktifkan sistem aplikasinya. Cukup cepat bukan !

 

Nah itulah beberapa alasan mengapa SaaS E-Office menjadi daya tarik tersendiri bagi instansi/perusahaan. Namun tentunya masih banyak lagi alasan dan keuntungan SaaS E-Office  yang dapat Anda rasakan sendiri dengan mengimplementasikannya.

Untuk mendukung implementasi layanan SaaS E-Office, disini integraOffice Persuratan hadir sebagai salah satu penyedia jasa layanan SaaS dengan berbagai pilihan layanan yang sesuai dengan apa yang Anda butuhkan di kantor. Dan dapat mmembantu memberikan solusi atas permasalahan surat-menyurat dan disposisi di kantor  Anda dengan mudah, efektif dan efisien.

 

Dengan berbagai kemudahan yang ditawarkan layanan SaaS E-Office, apa lagi yang Anda tunggu? Klik disini atau segera hubungi kami