Salam Sobat Office! Tentu Anda semua sudah tidak asing lagi dengan proses surat-menyurat bukan? baik surat-menyurat secara perseorangan atau dengan instansi. Yang mana aktivitas membuat surat kemudian mencetak dan selanjutnya mengirimkan ke tujuan adalah hal rutin dan akan selalu ada dalam proses surat-menyurat di kantor. dimana aktivitas persuratan yang dijalankan merupakan salah satu alat komunikasi secara tertulis administratif yang digunakan untuk menyampaikan informasi antar individu atau individu dengan instansi/perusahaan, yang tentu saja proses persuratan yang ada menjadi salah satu dasar dalam menjalankan rangkaian kegiatan sehari-hari instansi/perusahaan.

 

Masalah surat-menyurat 

Karena menjadi salah satu dasar dalam menjalankan aktivitas instansi/perusahaan, tentunya proses surat-menyurat yang ada harus dikelola dengan baik dan seefektif mungkin. Memang ada berbagai cara dalam mengelola persuratan yang ada, baik secara modern maupun secara manual konvensional, tapi saat ini meskipun kita sudah di era digital, nyatanya banyak instansi/perusahaan yang memanajemen surat-menyuratnya masih secara manual yang tentu saja sudah tidak efektif lagi untuk masa sekarang. Bisa Anda bayangkan, dengan semakin tinggi dan kompleksnya aktivitas persuratan yang ada saat ini, namun masih dikelola secara manual tentu akan memunculkan banyak masalah, misalnya saja ; 

  • Penomoran berulang/ganda pada surat
  • Pengarsipan yang rumit
  • Susah monitoring proses persuratan yang ada
  • Seringnya miskoordinasi dan miskomunikasi dalam proses persuratan
  • Proses surat membutuhkan waktu yang lama, dll

 

Solusi E-Surat integraOffice

Nah sebagai solusi berbagai permasalahan persuratan manual seperti di atas, alangkah baiknya Anda semua bisa terbuka dan menerima terhadap kemajuan teknologi digital yang berkembang pesat saat ini.  Karena dengan teknologi, semua masalah surat-menyurat pada instansi Anda dapat dihindari dan dapat dihilangkan, yaitu dengan memanfaatkan aplikasi persuratan berbasis digital elektronik E-Surat atau biasa kita kenal dengan E-Office. Karena aplikasi persuratan digital E-Surat ini memang dihadirkan untuk membantu mempermudah dalam pengelolaan manajemen persuratan di kantor agar berjalan efektif dan efisien. 

Salah satu aplikasi persuratan digital yang sudah teruji dan sudah terpercaya adalah aplikasi E-Surat integraOffice, dimana aplikasi persuratan digital E-Surat integraOffice ini sudah banyak digunakan dan membantu proses Persuratan di Kementerian, Pemerintah Provinsi, BUMN, BUMD, Instansi Pendidikan hingga Organisasi lainnya. Apalagi selain sudah didukung aplikasi berbasis web, persuratan digital E-Surat integraOffice ini sudah didukung dengan aplikasi mobile Android dan iOS, selain itu aplikasi persuratan digital ini juga dilengkapi dengan beberapa  fitur utama, antara lain : 

  1. Pengelolaan surat masuk dan keluar ; fitur E-Surat integraOffice ini berfungsi menangani proses terhadap surat, mulai dari pendataan surat yang masuk, hingga pembuatan surat keluar
  2. Pengelolaan disposisi ; berfungsi untuk menangani proses disposisi terhadap surat, mulai dari pembuatan disposisi, meneruskan disposisi, hingga monitoring laporan terhadap disposisi hingga verifikasi surat yang dibuat berdasarkan perintah disposisi.
  3. Manajemen hak akses; berfungsi untuk mengatur user (penambahan, penghapusan, dan pengubahan data) juga pengaturan kewenangan atau role yang mengatur kewenangan setiap pengguna. Selain itu fitur E-Surat integraOffice ini dilengkapi sistem sekuritas untuk melindungi akses terhadap konten sebuah surat dan kemudahan akses untuk pengguna dengan portable gadget.
  4. Pembuatan draft/konsep surat keluar ; nah untuk fitur E-Surat integraOffice ini ini memfasilitasi pengguna sehingga dapat berkolaborasi membuat draft /konsep surat keluar melalui aplikasi. Aplikasi persuratan digital integraOffice ini sudah mendukung mulai dari pembuatan draft/konsep surat, hingga revisi/verifikasi surat hingga surat tersebut disetujui untuk menjadi surat keluar yang resmi.

 

Konsep surat aplikasi E-Surat integraOffice

Seperti yang telah dijelaskan di atas, terkait beberapa fitur utama dari aplikasi persuratan digital E-Surat integraOffice, tentunya setiap fitur punya keunggulan dan manfaatnya masing-masing. Salah satunya adalah adanya fitur draft/konsep surat, yang mana fitur ini  pada persuratan digital ini memberikan kemudahan dan membantu Anda sebagai pengguna aplikasi meminimalisir kesalahan dalam membuat surat dan menjadikan surat tersebut sesuai dengan konsep dari persuratan yang ada. Selain itu dengan fitur ini, Anda tak perlu repot-repot harus mencetak/mengeprint dahulu dokumen suratnya. Mudah bukan!

Untuk menggunakan fitur konsep surat ini,  Anda harus punya hak akses untuk masuk ke dalam menu Konsep Surat ini dan bisa membuat konsep surat terlebih dahulu tanpa harus tuli-menulis dan cetak-cetak surat dulu. Dalam aplikasi persuratan digital E-Surat ini, Anda juga bisa memilih template surat yang sudah tersedia dan sesuai dengan kebutuhan untuk surat yang akan dibuat, jadi tak perlu repot-repot mencari contoh konsep surat yang ada.

Nah dari konsep surat yang Anda buat tadi, tentunya akan di review dan di verifikasi oleh verifikator surat, dan lagi-lagi cukup dilakukan dalam aplikasi persuratan digital E-Surat integraOffice ini, selanjutnya baru proses persetujuan dan penandatanganan oleh pimpinan.

 

Bisa Anda bayangkan bukan? Dengan adanya Konsep Surat pada persuratan digital E-Surat integraOffice dapat membantu mempermudah dalam membuat surat, mulai dari konsep surat, verifikasi surat dan proses tanda tangan yang semuanya dilakukan di dalam aplikasi. Jadi Anda tak Perlu Nge-Print lagi, Bikin Surat Cukup Pakai E-Surat integraOffice !

 

Ingin segera merasakan kemudahan dari E-Surat integraOffice

Langsung saja Klik Disini sekarang untuk mendapat informasi detailnya atau Hubungi Kami untuk berdiskusi secara GRATIS