Semua Yang Harus Anda Tahu Tentang Knowledge Management System (KMS)

2023-05-24T10:01:29+07:00

integrasolusi.com Hai Sobat Office ! Kali ini kamu harus tahu ini nih tentang aplikasi Knowledge Management System (KMS), dan aplikasi ini diharapkan mampu menjadi keunggulan untuk perusahaan nanti, baik Sobat Office disini kita akan membahas nya ya.

Tetapi sebelumnya apa sih Knowledge Management System itu ? Ya disini Knowledge Management System (KMS), adalah suatu rangkaian kegiatan yang digunakan oleh organisasi untuk mengidentifikasi, menciptakan, menjelaskan, dan mendistribusikan pengetahuan (transfer pengetahuan) untuk digunakan kembali, diketahui, dan dipelajari di dalam organisasi tersebut yang diimplementasikan ke dalam sebuah sistem aplikasi digital. KMS sendiri  merupakan kolaborasi dari praktek  atau disiplin yang pilarnya adalah orang, proses, dan teknologi. Meskipun tujuan KMS adalah untuk enterprise secara menyeluruh, banyak perusahaan yang berhasil ketika memulai inisiatif dari satu departemen dan memperluas praktek-praktek tersebut ke seluruh bagian organisasi.Artinya banyak perusahaan mencapai sukses dengan pengetahuan yang dimilikinya oleh SDM-nya.

Salah satu kunci dari kesuksesan sebuah perusahaan adalah adanya kompetisi di dalam perusahaan itu sendiri, dari karyawan yang cerdas atau knowledge worker yang bekerja tanpa mengenal letih. Semakin cerdas dan pintar karyawan di perusahaan, maka akan semakin mudah pula perusahaan menghadapi perubahan. Salah satu solusi yang menarik saat ini adalah dengan menerapkan sebuah sistem yang mampu meningkatkan pengetahuan di internal perusahaan yang dinamakan Knowledge Management System (KMS).

Nah Sobat Office, KMS sendiri  memang diciptakan untuk memfasilitasi penangkapan, penyimpanan, pencarian, pemindahan dan penggunaan kembali pengetahuan. Dengan menggunakan knowledge management yang terus menerus, mensintesa yang akan menciptakan pengetahuan baru untuk bisnis yang akan di gunakan untuk mendukung bisnis yang sudah ada di perusahaan saat ini dan tentunya hal tersebut juga tidak kalah penting dalam pengembangan knowledge management di sebuah perusahaan.

Baca juga:  TRENDING: Ini 6 Langkah Dasar Memilih Aplikasi Helpdesk Terbaik!

Dari uraian di atas, sebenarnya apa sih tujuan Knowledge Management System (KMS) ? beberapa tujuannya adalah sebagai berikut :

  1. Penghematan waktu dan biaya, dengan adanya sumber pengetahuan (knowledge) yang terstruktur dengan baik, maka perusahaan tidak perlu bersusah payah dalam mencari literatur prosedur atau instruksi kerja yang pernah dibuatnya. Dengan aplikasi KMS ini, perusahaan akan lebih mudah untuk menggunakan pengetahuan tersebut untuk konteks yang lainnya, sehingga perusahaan akan dapat menghemat waktu dan biaya.
  2. Peningkatan aset pengetahuan. Dengan adanya aplikasi KMS ini, dapat dijadikan sumber pengetahuan, yang akan memberikan kemudahaan kepada setiap karyawan didalam perusahaan untuk memanfaatkannya, sehingga proses pemanfaatan pengetahuan di lingkungan perusahaan akan meningkat, yang akhirnya proses kreativitas dan inovasi akan terdorong lebih luas dan setiap karyawan dapat meningkatkan kompetensi dan produktivitasnya.
  3. Kemampuan beradaptasi, aplikasi KMS ini, akan memberikan kemudahana bagi perusahaan dalam beradaptasi dengan perubahan lingkungan bisnis yang terjadi, misalnya perkembangan teknologi dalam industri, dengan aplikas KMS semua informasi dan pengetahuan terbaru dapat diperoleh, karena adanya peran aktif dari pengguna untuk selalu meng-update pengetahuan mereka.
  4. Peningkatan produktivitas. Nah poin 4 ini, tidak kalah penting, karena dengan adanya aplikasi KMS, perusahaan akan lebih mudah dan efektif dalam menggunakan pengetahuan yang sudah ada, untuk digunakan ulang dalam proses atau pembuatan produknya, sehingga produktivitas dari perusahaan akan meningkat.

 

Nah itulah beberapa tujuan dari perlunya pengembangan aplikasi Knowledge Management System (KMS) pada perusahaan.

Bagaimana Sobat Office? Ingin lebih detail tentang informasi IntegraOffice KMS? dan ingin tahu produk dan layanan dari IntegraOffice lainnya?

Langsung saja Kontak Kami

Tim kami akan siap sedia membantu Sobat Office semua.

Terima kasih dan semoga informasi ini bermanfaat !

Baca juga:  Yakin? Cara Absen Anda Sudah Sesuai Protokol Kesehatan?