Sistem Informasi Bisnis: Pengertian, Jenis, dan Manfaatnya

2024-01-04T11:02:43+07:00 July 9th, 2023|Categories: Persuratan|Tags: |

integrasolusi.com – Dalam bisnis, terdapat istilah sistem informasi bisnis. Bisnis sendiri merupakan suatu usaha perorangan, perusahaan atau organisasi yang ditujukan kepada konsumen dengan tujuan mendapatkan keuntungan atau laba. 

Sistem informasi sendiri adalah suatu sistem sebagai hasil dari teknologi yang menyediakan informasi guna mendukung manajemen dan operasi bisnis. Nah, bagaimana dengan sistem informasi bisnis? Yuk, cari tahu bersama.

Pengertian Sistem Informasi Bisnis

Dari dua pengertian tadi, dapat kita simpulkan bahwa sistem informasi bisnis merupakan kumpulan teknologi informasi atau perangkat lunak yang digunakan untuk mengumpulkan, mengelola, dan menyimpan informasi bisnis.

Sistem informasi bisnis akan mendukung aktivitas bisnis serta membantu manajemen dalam pengambilan keputusan strategis.

Baca juga:  Aplikasi Persuratan, Jawaban Kemudahan dalam Bisnis

Manfaat Sistem Informasi Bisnis

Mengapa perusahaan memerlukan yang namanya sistem informasi bisnis ini? Berikut beberapa manfaat dari sistem informasi bisnis:

Memudahkan Administrasi Bisnis

Anda tidak perlu lagi melakukan proses administratif secara manual. Kegiatan administratif kantor akan diproses secara sistematis, optimal, efektif, dan efisien. 

Perusahaan Menjadi Unggul di Tengah Persaingan Bisnis

Dengan memiliki sistem informasi bisnis yang dapat diandalkan, value perusahaan akan meningkat di antara banyaknya kompetitor di luar sana. 

Menyimpan Data Bisnis

Data atau informasi bisnis merupakan aset penting perusahaan. Karena itu, sangatlah penting menyimpan dan menjaga data bisnis dengan aman. 

Memudahkan Pengambilan Keputusan

Dengan memiliki sistem informasi bisnis, manajemen lebih mudah mengambil keputusan strategis terkait proses bisnis seperti produksi hingga penjualan.

Baca juga:  Dokumen Manajemen Sistem Solusi Alternatif Pengelolaan Dokumen Anda

Jenis-Jenis Sistem Informasi Bisnis

Adapun jenis-jenis sistem informasi bisnis yaitu:

Aplikasi Surat

Aplikasi surat merupakan aplikasi pengelolaan persuratan dan membantu administrasi birokrasi perkantoran. 

Aplikasi Manajemen Dokumen

Aplikasi manajemen dokumen digunakan untuk mengelola secara otomatis dan mengontrol akses terhadap aktivitas dokumen. Aplikasi manajemen dokumen juga menyimpan histori revisi.

Aplikasi Approval atau Persetujuan Dokumen

Aplikasi approval atau persetujuan dokumen ini biasanya memiliki fitur tanda-tangan QR code yang memudahkan proses disposisi dan persetujuan tanpa khawatir adanya risiko tanda tangan palsu.

Itu tadi pengertian, manfaat, dan jenis-jenis sistem informasi bisnis. Untuk kebutuhan persuratan, sistem manajemen dokumen, dan kebutuhan teknologi informasi lainnya, hanya inOffice yang bisa Anda andalkan.

Baca juga:  Berikut Tahapan Flow Dokumen Atau Alur Persetujuan Dokumen

inOffice memiliki konsep solusi yang sudah terbukti dan tervalidasi, solusi berbasis cloud/SAAS, support aplikasi Android dan iOS, serta unggul. Konsultasikan kebutuhan perusahaan Anda dengan inOffice sekarang.