Saat ini, beragam kegiatan yang terhubung dengan jaringan internet memberikan kemudahan yang sangat signifikan. Infrastruktur digital melahirkan berbagai inovasi di berbagai segmen kehidupan sehingga mampu memberdayakan setiap orang yang menginginkan kemudahan. Salah satu bentuk inovasi tersebut adalah Software as a Service atau disingkat SaaS. SaaS merupakan fasilitas digital yang memanfaatkan teknologi cloud computing yang memberikan kemudahan para pengguna untuk mengakses sebuah aplikasi. Sebelum penjelasan lebih lanjut, mungkin kita bertanya apa yang dimaksud cloud computing? Dikutip dari Jurnal Sains dan Teknologi, cloud computing adalah model komputasi yang sumber dayanya, seperti daya komputasi, media penyimpanan (storage) jaringan (network) dan perangkat lunak (software) dijalankan sebagai layanan melalui media jaringan, bahkan dapat diakses di mana pun selama terkoneksi dengan internet (Abidah, 2020). Dengan demikian cloud computing memiliki fasilitas komputasi yang mengandalkan jaringan internet dan fleksibel. Cloud computing ini dimanfaatkan oleh SaaS untuk memberikan pelayanan kepada pengguna melalui aplikasi tanpa harus terinstal di perangkat keras atau gadget Sobat Office. Sobat Office hanya membutuhkan browser atau mesin pencari untuk menggunakan aplikasi ini. 

Ada pun beberapa keuntungan ketika Sobat Office menggunakan SaaS, antara lain: 

  1. Biaya awal yang murah. Sobat Office tidak perlu membeli server dengan biaya yang tinggi, apabila Sobat Office memiliki gangguan pada server dapat menghubungi pengelola atau penyedia layanan SaaS.
  2. Kebebasan dalam memilih. Sifat SaaS yang fleksibel memumngkinkan Sobat Office untuk memilih teknologi atau aplikasi yang ingin digunakan.
  3. Mudah diintegrasikan dan dikolaborasikan. Beberapa penyedia SaaS memiliki layanan yang mampu memenuhi kebutuhan Sobat Office sesuai kebutuhan yang spesifik.
  4. Mudah digunakan. Seperti pada penjelasan sebelumnya, bahwa SaaS memiliki layanan yang memudahkan para pengguna, salah satunya SaaS dapat digunakan oleh siapa pun dan di mana pun, dan hal yang terpenting adalah terkoneksi dengan jaringan internet. 
  5. Mudah digunakan dan bermanfaat. Sobat Office dapat menggunakan layanan tersebut dengan mudah. SaaS dibangun untuk memudahkan para pengguna menggunakan layanan yang disediakan. 
  6. Meningkatkan efisiensi kerja. Dengan menggunakan SaaS, Sobat Office dapat mudah menyelesaikan pekerjaan dan tidak memutuhkan waktu yang lama dalam menyelesaikan pekerjaan ketika menggunakan SaaS. 

Beberapa kelebihan menggunakan SaaS membuat berbagai sektor pekerjaan menggunakan SaaS untuk memudahkan kinerja dan pelanggan dari berbagai badan usaha. Adaptasi era digital membuat lahirnya perusahaan yang menyediakan SaaS.

Nah salah satunya startup IT ternama di Surabaya, PT. Integra Teknologi Solusi sebagai pelopor pengembangan aplikasi SaaS Persuratan khususnya, sebagai perusahaan dibidang jasa IT kami bergerak pada penyedia layanan solutif dan terintegrasi kepada masyarakat yang memiliki kendala dalam hal administrasi birokrasi perkantoran yang berbasis pada jaringan digital. Simak kelebihan aplikasi persuratan kami :

 

Pertama, mampu memberikan pelayanan untuk membantu bisnis Sobat Office untuk bertransformasi ke era digital  melalui produk kami, IntegraOffice Persuratan. Guna meningkatkan performa kerja, Sobat Office dapat menggunakan SaaS E-Office melalui IntegraOffice Persuratan, karena pada layanan ini Sobat Office tidak perlu mengeluarkan biaya infrastruktur server, jaringan dan ruangan, hemat untuk biaya tambahan seperti listik dan AC. 

Kedua, Sobat Office tidak perlu biaya pengamanan (security atau sekuritas) akses fisik server, disaster recovery plan.

Ketiga, Sobat Office akan lebih mudah, cepat dan murah untuk menaikkan spesifikasi maupun penyimpanan.

Keempat, biaya aplikasi lebih murah, daripada mempekerjakan beberapa karyawan dengan kompensasi yang layak untuk memelihara infrastruktur dan aplikasi.

Kelima, Sobat Office tidak hanya mendapatkan layanan aplikasi, tetapi juga mendapat layanan support dan konsultasi dari kami apabila Sobat Office mengalami kendala atau memiliki pertanyaan.

Aplikasi yang kami sediakan dapat digunakan oleh para pemula karena aplikasi yang disediakan dibangun untuk memudahkan bagi berbagai kalangan. Produk yang kami sediakan juga sudah digunakan, teruji dan dipercaya oleh berbagai badan usaha swasta dan negara, serta instansi pemerintah pusat dan daerah. Untuk konsultasi dan informasi lebih lanjut, Sobat Office dapat menghubungi petugas kami, kami akan membantu Sobat Office secara hangat dan memberikan jalan keluar yang solutif atas permasalahan Sobat Office.