Solusi Ampuh Mencegah Pemalsuan Surat Dokter

2023-05-23T14:21:33+07:00 December 17th, 2022|Categories: Persuratan|Tags: , |

integrasolusi.com – Surat Keterangan Dokter rentan dipalsukan karena berbagai alasan. Salah satunya adalah untuk mendapatkan akses perjalanan menggunakan Surat Antigen. Apalagi dengan adanya pandemi, surat keterangan palsu bisa menyebabkan penyakit menjadi tidak terkontrol dan menular ke berbagai daerah. Untuk itu, diperlukan sistem surat-menyurat untuk mencegah pemalsuan surat medis yang mumpuni. 

 

Pemalsuan Surat Dokter yang Marak di Indonesia

Surat Keterangan Dokter adalah surat keterangan yang menyatakan tentang kondisi kesehatan seseorang. Surat Dokter atau surat sakit ini bisa digunakan untuk pengajuan biaya perawatan, izin tidak bekerja, bahkan untuk Surat Antigen bisa memberikan izin untuk bepergian ke luar negeri. 

Sayangnya, banyak yang menyalahgunakan Surat Dokter dan membuat pemalsuan surat untuk kepentingan pribadi maupun golongan. Padahal, surat dokter palsu bisa dipidana, baik yang memalsukan maupun dokter atau lembaga yang mengeluarkan surat tersebut. 

 

Penyebab Maraknya Surat Dokter Palsu

Surat dokter palsu makin marak di Indonesia karena kemudahan untuk memalsukan dokumen tersebut. Mulai dari cap surat, kop surat hingga tanda tangan dokter bisa dipalsukan dengan mudah menggunakan alat scan dan perangkat komputer. 

Selain itu, arsip Surat Dokter juga sulit dicari dan dipastikan kebenarannya dengan sistem surat-menyurat manual. Klinik yang memiliki daftar riwayat pasien dan arsip manual, membutuhkan waktu lama untuk mencari surat tersebut. Akhirnya, surat palsu sulit untuk dideteksi. 

 

Mencegah Berkas Medis Palsu Menggunakan Cara Modern

Menggunakan teknologi dan sistem persuratan elektronik dapat mencegah Pemalsuan surat dokter. Anda dapat memonitor dan mencari surat dokter yang sudah dikeluarkan dengan mudah. Selain itu, keamanan data berkas medis terjamin dan tidak mudah untuk diakses. 

Baca juga:  Bagaimana Anda Bisa Menghemat Anggaran Kertas, Menyingkat Birokrasi dan Tracking Surat Dengan Mudah Dalam Persuratan !

Menggunakan integraOffice Persuratan, proses pembuatan Surat Keterangan Dokter akan lebih praktis dan langsung tersimpan secara elektronik. Aplikasi ini otomatis menyimpan secara digital dan mengarsipkannya. Mendeteksi surat palsu pun dapat dengan mudah dilakukan tanpa perlu ketelitian dan membongkar semua arsip.

Dengan menggunakan produk PT Integra Teknologi Solusi, yakni integraOffice, Anda dapat mencegah Surat Keterangan Dokter Palsu. Dengan integraOffice, Anda dapat memastikan setiap Surat Dokter dan surat online yang ditulis dapat dipertanggungjawabkan.