Special Interview: Mengenal Sosok Berjasa Di Balik Kesuksesan integraOffice DMS. 

2023-05-24T14:03:15+07:00

integrasolusi.com- Hai Sobat Office, kali ini admin ingin cerita sedikit tentang sosok yang berjasa di balik kesuksesan salah satu layanan yang kami miliki, yakni integraOffice Document Management System (DMS). Disini PT Semen Indonesia Tbk. berkolaborasi dengan PT Integra Teknologi Solusi berhasil mengembangkan layanan integraOffice DMS yang disesuaikan dengan model bisnis PT Semen yang selanjutnya diberi nama “Aplikasi SIMPLE”.

Sejak tahun 2018 PT Semen Indonesia Tbk. telah sukses mengimplementasikan Aplikasi SIMPLE di lingkungan kerjanya. Hal ini tidak lepas dari sosok Developer PT Integra Teknologi Solusi yang telah bekerja keras, bahu membahu untuk mengembangkan sebuah aplikasi hebat yang dapat membantu meningkatkan kinerja perusahaan. Mereka adalah Mas Chanif, Mas Edo dan Mas Lukman, begitu sapaanya, sosok-sosok muda inspirasional yang mempunyai peranan penting di PT Integra Teknologi Solusi dalam mengembangkan aplikasi integraOffice DMS. Tanpa basa basi lagi, yuk langsung simak wawancara spesialnya di bawah ini:

Boleh perkenalkan diri secara singkat dan sudah berapa lama bergabung di PT Integra?

Chanif: Saya lahir dan besar di Gresik, latar belakang saya adalah seorang IT yang dimana lebih fokus di sub-programmernya. Di PT Integra sendiri, saya sudah bergabung kurang lebih 1 tahunan sebagai Front End Programmer. Satu lagi saya ini orangnya simple. Simple-men hehe.

Edo: Saya orangnya cheerful dan asalnya dari Bondowoso, sebuah kabupaten di Jawa Timur yang terkenal dengan produk tapenya yang manis seperti saya, hehe. Selain itu saya juga suka bermain musik. Posisi saya di PT Integra sendiri sebagai Back End Programmer dan sudah bergabung sekitar 2 tahunan lebih.

Lukman: Saya biasa dipanggil Lukman dan asal dari “LA” (Lamongan City) begitu orang-orang menyebutnya sebagai bahan candaan, hehe. Makanan favorit saya itu bakso dan hobi saya terbilang cukup unik yaitu rebahan, haha. Saya sudah bergabung di PT Integra ± di atas 1 tahun dan posisi saya sebagai Quality Assurance. Oh iya, satu lagi, saya tipe orang perfectionist.

 

Baca juga:  Macam-macam Dokumen yang Membutuhkan Persetujuan dari Atasan, Apa Saja?

Bagi orang awam yang sedang membaca artikel saat ini, mungkin boleh dijelaskan sedikit apa itu Front End Programmer, Back End Programmer dan apa itu Quality Assurance?

Chanif: Front End Programmer di sini tugasnya adalah sebagai pengembang dari sebuah website yang di mana di tuntut untuk mengolah sebuah desain murni menjadi sebuah tampilan website yang menarik dan interaktif bagi pengguna. Sedangkan Back End Programmer lebih menitikberatkan ke mesin yang bekerja dibalik layar sebuah website.

Edo: Mungkin saya akan menambahkan sedikit dengan analogi yang seperti ini. Jika Front End Programmer itu adalah sebuah sebuah kulit (hal yang tampak secara kasat mata), maka Back End Programmer itu adalah tulang-tulangnya (hal yang tidak tampak secara langsung).

Lukman: Quality Assurance mudahnya adalah sebuah proses untuk memastikan dan memeriksa sebuah software yang telah dikembangkan sesuai dengan kebutuhan yang diminta oleh klien.

Bisa diceritakan sedikit, kenapa tertarik untuk terjun ke dunia teknologi?

Chanif: Berawal dari modal nekat, dari yang ga tahu apa-apa, saya melihat sepertinya menyenangkan kalau saya bisa mendalami bidang Teknologi Informasi. Di sisi lain saya suka dengan logika yang di mana seorang programmer itu juga berhubungan dengan logika, itulah kenapa saya terjun ke dunia ini karena sesuai dengan keinginan saya.

Edo: Kebetulan latar belakang saya kuliah di bidang IT dan ingin menerapkan apa yang saya pelajari di bangku kuliah bisa diterapkan di dunia kerja agar tidak sia-sia. Kemudian saya juga tidak terlalu suka dengan design-design mock up dan sebagainya, sehingga saya lebih memilih sub-programmer.

Lukman: Kurang lebih sama dengan Mas Edo, karena background kuliah saya di bidang Teknologi Informasi, dan saya merasa nyaman dengan bidang ini sehingga akhirnya saya memustuskan untuk fokus di bidang teknologi.

 

Siapakah mentor terbaik menurut teman-teman dalam perjalanan karir hingga saat ini?

Chanif: Sebelum mengambil Pendidikan S1, saya pernah mengambil sekolah profesi application developer yang akhirnya mempertemukan saya dengan salah satu dosen yang namanya Pak Benhart, yang banyak membantu saya dalam mempelajari banyak hal tentang programmer, bahkan bisa dibilang apa yang saya pelajari di bangku perkuliahan S1, tidak sebanding dengan ilmu yang dimiliki Pak Benhart.

Baca juga:  PENTING : Produk integraOffice Yang Perlu Anda Ketahui !

Edo: Saya lebih suka diskusi dengan teman-teman di komunitas ataupun teman kampus sehingga dapat dibilang, tidak ada mentor khusus dalam perjalanan karir saya.

Lukman: Kalau boleh jujur, sama dengan Mas Edo, saya tidak mempunyai mentor dalam perjalan karir saya. Lebih let it flow saja dan tanya-tanya ke rekan kerja saja jika ada yang kurang saya pahami.  

 

Seperti yang diketahui, dari hasil kolaborasi teman-teman, lahirlah aplikasi integraOffice DMS. Apa yang melatar belakangi lahirnya aplikasi tersebut?

Lukman: Jawaban mungkin akan saya wakilkan. Latar belakang lahir aplikasi ini adalah pada saat itu perusahaan mendapatkan sebuah tantangan dari klien yang dimana mereka membutuhkan aplikasi untuk me-manage dokumen yang mereka miliki untuk mengimplementasikan perusahaan berstandar ISO. Yang di mana syarat mutlak dari ISO harus mereka penuhi, dan kebetulan salah satunya adalah memanajemen pengelolaan dokumen, sehingga lahirnya integraOffice DMS ini.

Selama proses pengembangan aplikasi, adakah hambatan yang dihadapi dan bagaimana solusinya?

Edo: Hambatan yang kami hadapi akan saya wakilkan, dan sepertinya teman-teman juga setuju dengan saya, jadi karena proses bisnis klien ini bisa dikatakan sangat kompleks, sehingga kami harus benar-benar memahami alur bisnisnya dengan baik, dan solusinya juga tidak lepas dari bantuan rekan-rekan kerja yang saling support dan berkoordinasi membantu mengembangkan aplikasi, sehingga pada akhirnya kami mampu mengatasi hambatan tersebut. Bisa dikatakan aplikasi SIMPLE yang kami kembangkan milik PT Semen Indonesia Tbk. adalah aplikasi Document Management System terbaik dalam memanajemen sebuah dokumen yang ada, karena sudah sesuai dengan standarisasi ISO.

Apa yang membedakan aplikasi integraOffice DMS dengan aplikasi yang serupa? Silahkan boleh diwakilkan jawabannya.

Baca juga:  Apa Itu Akta Pendirian Usaha? Berikut Definisi, Fungsi dan Persyaratan Pembuatannya

Edo: Sebenarnya banyak sekali strength point dari aplikasi DMS kami, salah satunya tadi juga sudah disebutkan sebelumnya yaitu sesuai dengan standarisasi ISO, dan saya rasa satu hal ini yang tidak dimiliki aplikasi yang serupa, yakni fitur watermark, yang di mana dapat memberikan perlindungan dokumen dengan maksimal dari oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab, karena apapun dokumen yang terunduh akan otomatis tercetak sebuah watermark yang di mana tertuliskan siapa yang mencetak , pada hari apa, pukul berapa, dokumen apa yang dicetak dsb. tertulis secara detail di dokumen yang tercetak.

 

Untuk ke depannya, siapakah yang menjadi target dari integraOffice DMS?

Lukman: Menurut kami integraOffice DMS bisa diterapkan di lingkup Pemerintahan, BUMN, BUMD dan juga perusahaan-perusahaan Swasta yang membutuhkan pengelolaan dokumen untuk membantu perkembangan bisnis utamanya.

 

Apakah ada rencana untuk mengembangkan aplikasi integraOffice DMS versi selanjutnya yang mengikuti perkembangan zaman?

Chanif: Tentu, dengan adanya perkembangan zaman kami akan terus mengembangkan aplikasi yang sesuai yang dibutuhkan pasar.

 

Sebagai penutup, apa harapan kalian ke depannya berkaitan dengan bidang yang digeluti sekarang ini? Silahkan dijawab dari Mas Edo.

Edo: Hingga saat ini saya berharap agar ke depannya saya mempunyai kesempatan untuk mempelajari hal baru tertutama menguasai coding pada mobile application seperti di iOS maupun Android.

Lukman: Berkembang mengikuti zaman. Setiap hari teknologi selalu berkembang, jadi harapan saya dengan terus mengikuti perkembangan zaman, saya bisa selangkah lebih unggul dalam bidang teknologi.

Chanif: Harapannya juga tetap berkembang, jangan sampai 5 tahun ke depan tetap nyaman di posisi sebagai programmer saja, minimal bisa menjadi Product Manager.

Nah Sobat Office ! Itulah sosok-sosok inspiratif yang berjasa bagi PT Interga Teknologi Solusi. Kalau kamu penasaran sama aplikasi integraOffiice DMS, langsung saja kontak kami.

Atau bisa juga melalui tombol WhatsApp di bawah ini. Terima kasih sudah membaca dan selamat berakhir pekan Sobat Office! 😊