Surat pernyataan adalah aspek umum korespondensi dari bisnis dan individu. Aturan yang telah ditetapkan sebelumnya dan disepakati harus diikuti saat menulis surat ini.

Pembuatan surat ini lebih sering dilakukan untuk jabatan resmi karena merupakan tanda kesanggupan. Jadi, ketika membuat klaim ini, itu harus dilakukan dengan tepat dan benar. Pernyataan lisan dan tertulis dapat dibuat, namun dalam hal ini akan digunakan pernyataan tertulis. Tapi terkadang kita bertanya apa itu surat pernyataan? fungsi surat pernyataan? Dan ciri-ciri beserta contohnya? ingin tahu lebih jelasnya silahkan simak berikut ini.

 

Pengertian Surat Pernyataan?

Surat pernyataan, juga dikenal sebagai surat pengakuan, adalah penjelasan tertulis tentang kondisi atau situasi yang berkaitan dengan kesanggupan atau ketidaksanggupan seseorang dalam menyelesaikan suatu tugas. Tujuan penulisan surat pernyataan adalah untuk memberikan informasi penting.

Isi surat pernyataan juga bisa berkaitan dengan pernyataan bahwa orang tersebut tidak pernah melakukan tindakan atau berbuatan tertentu terhadap orang lain. Dalam situasi ini, surat pernyataan juga berfungsi sebagai sarana untuk memberikan pertanggungjawaban kepada orang atau kelompok tertentu kepada pihak lain.

Surat pernyataan juga sering menjadi persyaratan atau harus disertakan sebagai bukti kesanggupan pada syarat tertentu pada lamaran kerja. Dengan melampirkan surat pernyataan tersebut, dalam hal ini surat pernyataan bersifat formal karena mencantumkan ketentuan materai, sehingga memperkuat isi surat secara hukum.

 

Fungsi Surat Pernyataan

Selain memiliki fungsi sebagai bentuk dari pernyataan, surat pernyataan memiliki banyak fungsi lainnya, yaitu:

  1. Memberikan bukti pada suatu hal yang telah disepakati sebelumnya jika terjadi pelanggaran. Oleh karena itu, surat pernyataan merupakan alat bukti yang paling kuat menurut hukum jika terjadi pelanggaran.
  2. Menyatakan sebuah penjelasan tentang kesiapan dalam melakukan sesuatu yang berkelanjutan, bukan hanya kesiapan melaksanakan sesuatu melainkan juga kesiapan terhadap risiko yang akan terjadi ke depannya.
  3. Sebuah ketentuan atau dokumen pendukung yang dilaksanakan sebagai ketentuan tertentu dalam melakukan sebuah pekerjaan.
  4. Sebagai pertimbangan bahwa telah melaksanakan sebuah pernyataan yang bersangkutan dengan kesanggupan suatu kewajiban, oleh sebab itu dalam melakukan kewajiban tersebut disesuaikan dengan kesepakatan yang telah ditetapkan.

 

Manfaat Surat Pernyataan

Ada banyak keuntungan baik bagi pihak yang membuat pernyataan maupun pihak yang dituju. Surat pernyataan sangat bermanfaat bagi beberapa pihak, antara lain:

1. Bagi pembuat

Memberikan kejelasan pagi pembuat surat untuk menunjukkan kesanggupan atau kredibilitas kepada pihak lain.

2. Bagi Penerima

Menjadi keseriusan dan bentuk tanggung jawab yang mengikat dari pengirim.

3. Bagi Pihak yang Dinyatakan

Pihak yang disebutkan dalam surat pernyataan akan diuntungkan dengan adanya surat tersebut karena akan diakui apa yang telah dilakukannya baik sebagai anggota atau dalam kaitannya dengan kinerja, pengakuan dapat bermacam-macam bentuknya.

 

Ciri-Ciri Surat Pernyataan

Surat pernyataan mempunyai ciri-ciri sebagai berikut karena disertakan dengan surat dinas untuk menunjukkan kesanggupan melakukan sesuatu dengan membubuhkan stempel sebagai tanda resmi atau keseriusan surat:

  • Menggunakan bahasa formal dan informatif sesuai dengan pedoman
  • Menggunakan kalimat yang jelas tidak ambigu.
  • Menggunakan data yang lengkap untuk penulis dan objek surat.

Ciri-ciri surat pernyataan di atas juga harus digunakan sebagai standar untuk menghasilkan surat pernyataan yang bagus guna meningkatkan kualitas surat-menyurat. 

 

Contoh Surat Pernyataan

1. Surat Pernyataan Orisinalitas Karya

Untuk dapat mengikuti suatu kompetisi, seringkali pihak penyelenggara menuntut agar karya yang dikirimkan adalah asli bukan hasil plagiasi. Contoh Surat Pernyataan Keaslian Karya yang dibuktikan dengan keaslian karya tersebut, juga harus disertai dengan pernyataan yang menunjukkan bahwa karya peserta adalah asli.

 

Contoh Surat Pernyataan 1

 

 

2. Surat Pernyataan Kesiapan Kerja

Tujuan dari surat pernyataan kerja adalah untuk menyatakaan kesanggupan Anda untuk melaksanakan tugas seuai dengan tanggung jawab yang dibebankan.

 

Contoh Surat Pernyataan 2

 

 

 3. Surat Pernyataan Perjanjian

            Sebagai pengingat bagi pihak yang berkepentingan untuk melaksanakan atau mengingat isi surat pernyataan tersebut pada saat melaksanakan persyaratan administrasi sebagai dokumen pendukung atau pelengkap.

 

Contoh Surat Pernyataan 3

 

 

Demikian penjelasan mengenai surat pernyataan. Jika Anda membutuhkan informasi lebih lanjut tentang aplikasi untuk membuat surat pernyataan, bisa hubungi kami dengan cara klik logo WhatsApp yang ada di pojok kanan bawah halaman ini. Terima kasih.

 

 

 

Referensi:
https://www.tokopedia.com/blog/contoh-fungsi-surat-bermaterai-krj/
https://berita.99.co/contoh-surat-pernyataan-kerja/