Tanda Tangan Elektronik – Salah satu keunggulan IntegraOffice Persuratan adalah siap mendukung integrasi tanda tangan elektronik (TTE) atau tanda tangan digital. Fasilitasi tanda tangan elektronik di dalam aplikasi IntegraOffice Persuratan menjadi semakin lengkap sebagai aplikasi yang mendukung digitalisasi administrasi persuratan. Hal ini juga sejalan dengan tujuan pemerintah yang saat ini sedang mengembangkan pelayanan publik secara digital dan terintegrasi sebagai bentuk implementasi Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE). Implementasi ini tidak hanya dilakukan di sektor pemerintahan dan pelayanan publik, tetapi juga pihak swasta yang berupaya beradaptasi dengan perkembangan sarana digital untuk kemudahan pelayanan sehingga kerja menjadi lebih efektif dan efisien. Dengan demikian, pelayanan atas dukungan TTE dalam IntegraOffice Persuratan dapat dilakukan kepada siapa saja yang memiliki keinginan mentransformasi ekosistem kerja, seperti di lingkungan badan usaha milik negara dan daerah, swasta, pemerintah pusat dan daerah, organisasi dan sebagainya.

Saat ini beberapa perusahaan atau badan usaha dan sektor pemerintahan sudah menerapkan TTE di dalam aplikasi IntegraOffice Persuratan. Beberapa badan usaha dan instansi pemerintahan tersebut antara lain PT. Sarana Multigriya Financial, PT. Rajawali Nusindo, PT. SIER, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, Kemendikbud Ristek dan masih banyak lagi. Sebagai contoh yang sudah diterapkan oleh Kemendikbud Ristek sejak tahun 2019. Pada awal integrasi tanda tangan digital, Kemendikbud Ristek menggandeng IntegraOffice dengan iOtentik selaku penyelenggara sertifikat digital dan Government Certification Authority (GovCA) pertama dan telah terdaftar di Indonesia. Pelibatan iOtentik untuk mengintegrasikan TTE tersertifikasi yang sekaligus difasilitasi oleh aplikasi IntegraOffice Persuratan. Tanda tangan elektronik yang tersertifikasi telah banyak digunakan oleh berbagai kalangan dengan menggandeng pihak yang berwenang untuk menerbitkan sertifikasi tersebut. Terlebih pada instansi pelayanan publik yang memungkinkan adanya distribusi dokumen kepada institusi lain. Dalam hal ini Integra Teknologi Solusi melalui aplikasi IntegraOffice Persuratan siap untuk memfasilitasi kebutuhan tersebut.  

Contoh lainnya yang sudah menerapkan tanda tangan elektronik di IntegraOffice Persuratan adalah PT. Sarana Multigriya Finansial (PT. SMF). Perusahaan tersebut telah menerapkan tanda tangan elektronik di aplikasi IntegraOffice Persuratan sejak tahun 2021. Pada prosesnya, Integra Teknologi Solusi dengan pihak terkait, yaitu PT. SMF dan BSrE Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) melalui berbagai proses, antara lain instalasi sistem Balai Sertifikasi Elektronik (BSrE), testing, development atau mengintegrasikan aplikasi E-Office dengan tanda tangan elektronik BSrE, uji kesesuaian untuk mengetahui apakah proses integrasi sesuai dengan tujuan, dan yang terakhir adalah implementasi. Keseluruhan proses integrasi hingga implementasi tidak membutuhkan waktu yang lama karena hanya melakukan proses sinkronisasi hasil integrasi pada server development ke dalam server production. Kesesuaian antara server production dan development menjadi kunci keberhasilan implementasi tanda tangan elektronik BSrE dengan aplikasi IntegraOffice Persuratan. 

Penggunaan aplikasi IntegraOffice Persuratan sangat fleksibel. Di tengah perkembangan teknologi dan dihadapkan dengan masyarakat dengan latar belakang yang beragam, tentu menuntut keberagaman kebutuhan pula. Fleksibilitas ini dapat dilakukan oleh Integra Teknologi Solusi untuk memenuhi kebutuhan pelanggan aplikasi IntegraOffice Persuratan yang menginginkan kemudahan dengan tidak meninggalkan faktor keamanan dan kenyamanan pengguna.

 

Tunggu apa lagi untuk menggunakan IntegraOffice Persuratan untuk kenyamanan dan keamanan dokumen atau administrasi Sobat Office. Layanan kami terbuka untuk siapa saja yang menginginkan konsultasi dan pemasangan demi tercapai tujuan kemudahan kinerja Sobat Office, klik di sini.