Tanda Tangan Elektonik – Tanda tangan adalah bentuk khusus dari tulisan tangan dengan karakter tertentu sebagai bukti persetujuan seseorang atas sebuah dokumen. Dahulu, tanda tangan harus ditulis menggunakan pena berwarna hitam atau biru. Orang menyebutnya sebagai tanda tangan basah. Namun kini, siapa pun bisa memakai tanda tangan digital atau elektronik. 

Apa Itu Tanda Tangan Elektronik?

Tanda tangan elektronik adalah data dalam bentuk elektronik yang disatukan dengan dokumen secara digital. Data itu dapat berupa informasi elektronik, tetapi tidak terbatas pada goresan tanda tangan. Wujudnya bisa jadi file suara, checklist persetujuan, atau kode OTP yang dikirim ke nomor ponselmu.

Nah, TTE ini dinyatakan sebagai alat autentikasi dan verifikasi yang sah oleh Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 11 tahun 2008. Karena itu, dalam pendaftaran TTE, pengguna wajib mengunggah KTP, mengisi alamat Email, serta nomor ponsel. Setelah TTE diverifikasi, biasanya pengguna mendapatkan sertifikat digital.

Perbedaan TTE Certified dan Non-Certified

Saat ini, banyak penyedia jasa menawarkan fitur TTE sebagai pengganti tanda tangan basah. Namun, sebagian dari mereka kerap menyediakan TTE non-certified. Meski tidak ada larangan menggunakan TTE jenis ini, kamu perlu memerhatikan perbedaannya.

Perbedaan pertama terletak pada lembaga yang mengeluarkan TTE tersebut. TTE certified dikeluarkan oleh jasa penyelenggara sertifikasi elektronik dari swasta maupun pemerintah yang dibuktikan dengan sertifikat digital. Sementara itu, TTE non-certified tidak menggunakan jasa penyelenggara sertifikasi elektronik. 

Dari segi kekuatan hukum, TTE certified lebih kuat dan integritasnya terjamin. Sebaliknya, TTE non-certified tidak mempunyai kekuatan hukum yang dapat dipertanggungjawabkan.

Biasanya, TTE non-certified ini berbentuk hasil pemindaian tanda tangan basah bukan dari lembaga berwenang. Selain itu, bentuknya bisa berupa kode QR yang menandakan kepemilikan dokumen. 

Jasa Penyedia  TTE Certified dan Penerapannya pada integraOffice Persuratan

Penyedia TTE certified biasanya memiliki aplikasi tersendiri untuk membubuhkan tanda tangan. Namun, aplikasi tersebut tidak terhubung dengan dokumen digital sehingga kamu harus mengunggah secara manual. 

Untuk itu, integraOffice hadir dengan fitur integrasi TTE certified yang menjamin keamanan dan keabsahan surat. Jadi, cukup dari satu aplikasi ini, kamu bisa menikmati dua fitur sekaligus, yakni e-surat dan integrasi tanda tangan elektronik.

Demikian sekilas ulasan tentang perbedaan tanda tangan elektronik certified dan non-certified. Untuk memudahkan aktivitas korespondensi bisnismu, gunakan integraOffice Persuratan yang menyediakan beragam fitur canggih. Salah satu fiturnya adalah integrasi dengan TTE certified. Tertarik?