integrasolusi.com – Pandemi Virus Corona sudah benar-benar memberikan dampak yang luar biasa di seluruh sektor, mulai dari perekonomian, pariwisata, hiburan dan lain sebagainya, termasuk memberi dampak pula pada tata kelola organisasi. Di Indonesia khususnya, pandemi Covid-19 ini telah mendorong berbagai macam kebijakan dari pemerintah sebagai upaya untuk menekan angka pertumbuhan korban Covid-19. Di dunia kerja sendiri, tentu sudah tidak asing dengan istilah PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar), atau mungkin WFH (work From Home), itu semua adalah contoh beberapa kebijakan yang dikeluarkan oleh pemerintah, khususnya untuk bidang perkantoran sebagai upaya meminimalkan angka pertumbuhan dan penyebaran virus Corona.

Adanya kebijakan-kebijakan seperti demikian tentu memaksa pihak manajemen organisasi untuk beradaptasi dengan situasi yang ada. Aktivitas kerja yang mungkin dilakukan secara tatap muka, berada dalam satu kantor, tentu saat ini harus terbiasa dengan suasana kerja yang mengharuskan menjaga jarak dengan sesama, atau mungkin berkerja dari rumah masing-masing. Ini menjadi suatu tantangan bagi manajemen sebuah organisasi/perusahaan untuk bisa menciptakan sistem kerja yang tetap efektif ditengah pandemi yang masih belum berakhir seperti sekarang.

Salah satu solusi yang dibutuhkan oleh kalangan dunia kerja, mulai dari perkantoran, instansi pendidikan, bahkan instansi pemerintahan,  yaitu dengan menerapkan sistem e-Office. Sistem e-Office ini akan sangat membantu dan mempermudah aktivitas perkantoran. Salah satu contohnya adalah aktivitas surat- menyurat dan disposisi, bagi mereka yang sedang WFH tentu ini akan menjadi salah satu hambatan yang serius jika masih menggunakan sistem persuratan manual. Oleh karena itu sistem surat-menyurat secara online menjadi salah satu solusi, agar tetap berjalan meski tidak berada di kantor.

Belum lagi tentang pengarsipan atau manajemen dokumen, tentu organisasi akan kesulitas dalam melakukan pengarsipan, pencarian dokumen dan aktivitas kearsipan lainnya. Ada juga masalah absensi karyawan, pandemi Covid-19 yang masih tergolong tinggi ini, aktivitas absensi menjadi sesuatu yang wajib mendapat perhatian khusus. Dimana masih banyak organisasi yang menggunakan sistem absensi semi konvensional seperti fingerprint, check clock, dan lain sebagainya. Cara -cara seperti itulah tentu sudah tidak lagi relevan dengan protokol kesehatan dimana masih memicu antrian dan memunculkan kerumunan, bersentuhan satu sama lain. Sehingga dibutuhkan sebuah solusi absensi yang tidak ribet dan memudahkan karyawan tanpa terikat dengan mesin tertentu.

Kita tentu sepakat bahwa e-Office ce merupakan solusi yang efektif bagi kalangan dunia kerja untuk tetap lancar menjalankan pekerjaannya ditengah pandemi. Diluar itu sebenarnya e-Office sendiri merupakan tools yang sangat cocok bagi organisasi walaupun kondisi pandemi ini telah berakhir, karena perannya yang sangat membantu walaupun tidak berkaitan langsung dengan proses inti dari organisasi itu sendiri.

Ingin lebih detail tentang aplikasi e-Office segera hubungi kami tim kami akan siap membantu Anda!