Tata Naskah Dinas Elektronik, Pengertian dan Dasar Hukumnya

2023-05-23T15:05:14+07:00 October 6th, 2022|Categories: Persuratan|

integrasolusi.com – Seiring perkembangan teknologi, instansi pemerintah telah menerapkan Tata Naskah Dinas Elektronik atau TNDE dalam administrasi persuratan. Apa pengertian, dasar hukum, dan bagaimana penerapan TNDE di pemerintahan? Begini penjelasan selengkapnya. 

Dasar Hukum Tata Naskah Dinas Elektronik

Pelaksanaan Tata Naskah Dinas Elektronik merupakan bagian dari program pengembangan sistem elektronik pemerintah (e-government). Dasar hukum pelaksanaannya mengacu pada Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) No. 6 Tahun 2011. 

Sebagai pedoman umum TNDE, peraturan itu bertujuan mendukung pemanfaatan IT untuk meningkatkan efektivitas dan produktivitas kerja, serta tertib administrasi pemerintahan. Adapun tata naskah dinas elektronik adalah pengelolaan naskah dinas secara elektronik untuk mempermudah dan mempercepat proses pengambilan keputusan.

 

Mengapa Penerapan TNDE Penting dalam Instansi Pemerintahan?

Pengelolaan naskah dinas berbasis elektronik kemudian diwujudkan dalam pembuatan aplikasi TNDE. Penerapan dan penggunaan aplikasi persuratan elektronik ini penting dalam instansi pemerintahan karena beberapa alasan, yaitu:

    • Naskah dinas berfungsi sebagai informasi tertulis sekaligus alat komunikasi kedinasan dalam lingkup instansi terkait. 
    • Mendukung penanganan surat secara dinamis yang berfungsi penting bagi instansi bersangkutan, seperti pedoman kerja, bukti tertulis, sarana pengingat, dan komunikasi tertulis.
    • Meningkatkan kualitas administrasi persuratan, baik dari aspek surat-menyurat, disposisi, pengarsipan surat masuk dan keluar, dan pemantauan prosesnya.
    • Menunjukkan komitmen instansi untuk berpartisipasi aktif dalam penerapan good governance dan e-government. 
    • Sebagai upaya memperbaiki dan mengembangkan diri dalam tata pelaksanaan SOP untuk meningkatkan pelayanan publik. 

 

Peran integraOffice dalam Penerapan TNDE di Indonesia

Aplikasi E-Office Persuratan integraOffice hadir mendukung transformasi instansi pemerintahan agar bersinergi lebih baik dalam era industri 4.0. E-Office Persuratan menjadi aplikasi TNDE unggulan yang mampu menjadi solusi masalah persuratan. 

Aplikasi integraOffice berkomitmen meningkatkan birokrasi persuratan (naskah dinas) secara efektif, cepat, dan terpantau dengan baik. Aktivitas persuratan di instansi jauh lebih praktis dan mudah berkat beberapa fitur utama E-Office Persuratan

Mulai dari surat masuk dan keluar, pembuatan disposisi, pelaporan, penyampaian informasi, sampai penomoran otomatis. Semua aktivitas persuratan terekam server dan di-backup otomatis. Dengan pengaturan hak akses yang mudah, siapa saja bisa memiliki hak akses sesuai jabatan dalam instansi tersebut. 

Ingin menjadi bagian dalam transformasi menuju e-government? Kontak kami dan dapatkan penawaran khusus untuk aplikasi tata naskah dinas elektronik di instansi Anda.