integrasolusi.com – Kita bekerja hampir setiap hari, tidak memungkiri bahwa aktivitas yang sama apabila dilakukan setiap hari, seringkali membuat kita bosan, belum lagi bila beban pekerjaan yang semakin bertambah dan tidak wajar tiap harinya. Atau bahkan persaingan ditempat kerja antar sesama karyawan yang bisa memicu bertambahnya ketidaknyamanan saat bekerja. Ketidaknyaman yang berlangsung terus-menerus mengakibatkan performa kinerja karyawan menjadi turun, dan hal ini juga mampu mengakibatkan kita jadi stress.

Sekacau apapun tempat kerja Anda atau kondisi Anda saat ini, tetaplah tenang dan selalu berpikir positif agar masalah-masalah yang sedang dihadapi bisa lebih mudah diselesaikan. Nah berikut tips-tips agar tetap bahagia meskipun banyak halang-rintang menghadang:

  1. Manajemen Waktu yang Baik

Dalam satu minggu terdapat hari efektif bekerja dan tidak, lakukan pengaturan waktu dengan membatasi kapan waktu bekerja dan kapan waktu free (tdak bekerja). Apabila dalam satu minggu hari efektif kerja senin-jumat, maka maksimalkan waktu sabtu-minggu Anda untuk melakukan kegiatan lain, seperti berkumpul dengan keluarga, main game, main dengan teman, atau sekedar istirahat. Namun jika waktu efektif kerja Anda senin-minggu, maka batasi jam kerja Anda, misal kerja Anda 8 jam, maka waktu setelahnya lah yang digunakan untuk free.

  1. Atur Beban Kerja

Kadang beban kerja menumpuk bisa jadi diakibatkan karna kurangnya pengelompokan kerjaan, terkadang ada banyak pekerjaan yang mungkin bisa dikerjakan secara berkelompok atau kerjasama tim, sehingga pekerjaan tersebut bisa lebih cepat selesai, seminimal mungkin jangan sampai memnumpuk pekerjaan sendirian, manage dan bagilah beban kerjamu sebaik mungkin.

  1. Pahami Apa Maunya Diri

Apabila stress menyerang, coba bicarakan dengan diri sendiri, Apa yang sedang Anda rasakan?, jujur pada diri sendiri mampu membuat anda mengetahui masalah apa yang sebenarnya Anda alami, sehingga bisa lebih mudah juga untuk menemukan jawaban dari masalah Anda, hal ini juga mampu meminimalisir Anda untuk membuat keputusan yang cepat dan akhirnya membuat Anda menyesal dikemudian hari.

  1. Membahagiakan Diri dan Apresiasi Diri

Pekerjaan memang penting, karna pada dasarnya itu merupakan sumber penghasilan utama dan tentunya untuk bertahan hidup, namun dalam hidup tidak melulu soal pekerjaan, kita juga punya kehidupan lain selain pekerjaan, orangtua, teman-teman dan juga diri kita sendiri yang perlu dibahagiakan. Carilah hal-hal yang mampu membuat Anda bahagia, biasanya disebut Me Time, seperti shopping, jalan-jalan keliling kota, berkebun, menggambar, atau hal-hal kecil lainnya. Perlu juga dalam hidup Anda mengapresiasi diri Anda, karena telah kuat dan bertahan hingga detik ini, bisa dengan membeli barang yang selama ini Anda inginkan, atau sekedar melakukan perjalanan luar kota yang Anda idamkan.

  1. Fokus pada Hal Positif

Pahami diri apa yang sebenarnya Anda sukai ketika di kantor, seperti hal sederhana meletakkan bunga di meja, atau menyukai pemandangan sekitar, mengobrol dengan teman yang sevisi, atau bahkan menjauhi/berusaha bodoamat teman-teman yang toxic, hal-hal kecil namun yang bisa membuat mood Anda bagus, dapat membuat Anda lebih nyaman bekerja ditempat tersebut

  1. Tetap Bergerak

Diam di satu titik dapat membuat manusia jadi jenuh, maka lakukanlah pergerakan-pergerakan yang mampu membuat Anda rileks, seperti berkeliling sebentar di lingkungan kerja, atau sekedar mengambil minum, atau bahkan hal kecil dengan melakukan peregangan otot.

 

Beberapa hal diatas sedikit tips agar Anda tetap bahagia meskipun banyak sekali pekerjaan menumpuk, ada banyak hal lain yang mungkin juga bisa membuat bahagia, namun semua itu tergantung masing-masing individu, karena pada dasarnya “Hanya diri kita sendirilah yang dapat menyelesaikan masalah dalam hidup kita”.

 

Selamat bekerja dan semoga selalu bahagia~

 

 

 

 

 

Reference:
https://economy.okezone.com/read/2018/02/23/320/1863664/tips-tetap-bahagia-meski-kerjaan-menumpuk
https://cantik.tempo.co/read/1031487/supaya-tetap-happy-meski-pekerjaan-bertubi