Positive thinking adalah suatu sikap mental yang membuat kita berharap untuk mendapatkan hasil yang baik dan menguntungkan. Dengan kata lain, positive thinking mempunyai pengertian proses dalam menciptakan pikiran yang baik untuk mengubah energi positif menjadi suatu kenyataan. Dari arti positive thinking kita sudah dapat memahami bagaimana cara berpikir positif dapat memberikan rasa optimis dalam menghadapi suatu keadaan yang mungkin tidak menyenangkan. Intinya, kekuatan positive thinking dapat menciptakan kebahagiaan dan ketenangan lahir dan batin dalam menghadapi situasi apapun.

Mengapa positive thinking panting? Karena jika pada pikiran kita sebagian besar positif, maka kita akan menjadi fokus pada hal-hal baik, pikiran bahagia, dan hasil yang sukses. Sebaliknya, jika pikiran kita sebagian besar negatif, maka kita akan menjadi fokus pada hal-hal buruk, pikiran sedih, hasil dan tindakan yang gagal dan berperilaku negatif pula. “Berpikir positif lebih dari sekadar slogan. Berpikir positif dapat mengubah cara kita bersikap. Dan saya sangat percaya bahwa ketika saya berpikir positif, itu tidak hanya membuat saya lebih baik, tetapi juga membuat orang-orang di sekitar saya menjadi lebih baik”. Kata Harvey Mackay.bisnisman Amerika Serikat.

Lalu, apa sih keuntungan dari berpikir positif itu? Dikutip dari kompas.com berikut manfaat dari berpikir positif.

  1. Mengatasi stres

Berpikir positif dapat membantu kita dalam mengatasi situasi stres, mengabaikan pikiran negatif, mengganti pikiran pesimis menjadi optimis, mengurangi kecemasan dan mengurangi stres. Ketika kita mengembangkan sikap positif kita bisa mengontrol hidup kita dengan baik.

  1. Menjadi lebih sehat

Apa yang sedang kita pikirkan secara langsung dapat memengaruhi tubuh dan cara kerjanya. Sebagai informasi orang yang berpikir negatif lebih mudah terkena depresi.

  1. Percaya diri

Dengan berpikir positif, maka kita lebih percaya diri, tidak berpikir untuk mencoba menjadi orang lain.

  1. Bisa mengambil keputusan yang benar

Dengan berpikir positif, dapat mencegah kita dalam mengabil keputusan yang salah. Berpikir positif membuat kita dapat mengambil keputusan dengan cepat dan tepat.

  1. Meningkatkan fokus

Dengan pikiran positif maka kita lebih fokus saat menghadapi masalah, tidak membuang-buang waktu dengan berpikir negatif.

  1. Bisa mengatur waktu lebih baik

Dengan berpikir positif, dapat meningkatkan fokus serta kemampuan membuat keputusan yang lebih baik dan lebih terorganisir. Hal ini akan membantu kita lebih banyak waktu untuk diri sendiri dan keluarga.

  1. Lebih sukses dalam hidup

Bersikap positif tidak hanya dapat meningkatkan fokus kita, lebih dari itu merupakan awal dari keberhasilan yang dapat mengubah hidup kita.

  1. Memiliki banyak teman

Saat berpikir positif, kita akan menarik perhatian orang, dan ketika orang tersebut dekat dengan kita mereka akan merasa nyaman.

  1. Menjadi pemberani

Awal dari ketakutan adalah karena selalu berpikiran negatif. Berpikir positif menghilangkan rasa takut. Sikap positif akan melahirkan sikap berani dalam meghadapi setiap tantangan dalam hidup.

  1. Hidup lebih bahagia

Sikap percaya diri merupakan suatu fakta bahwa kita bahagia menjadi diri kita sendiri dan tidak mencoba untuk menjadi orang lain. Jika kita memiliki pikiran positif, kita selalu bahagia, damai, sehat.

Sedangkan tips menerapkan positive thinking adalah sebagai berikut:

  1. Gunakan kata-kata positif ketika berbicara.
  2. Hilangkan semua perasaan yang negative.
  3. Gunakan kata-kata yang membangkitkan kekuatan dan kesuksesan.
  4. Analisis apa yang salah
  5. Pikirkan kegagalan sebagai peluang.
  6. Memaafkan diri sendiri.

Tidak semua pemikiran positif dapat diterima oleh semua orang. Bahkan beberapa orang menganggapnya sebagai omong kosong, dan mencemooh orang yang mengikutinya, tetapi banyak juga orang yang menerima pemikiran positif sebagai fakta dan percaya pada efektivitasnya.

 

 

 

 

 

disadur dari  artikel : https://lifestyle.kompas.com/read/2011/08/06/10050416/Inilah.10.Keuntungan.Positive.Thinking.?page=all