integrasolusi.com – Guna memiliki proteksi terhadap data dan informasi penting, setiap perusahaan hendaknya memiliki sertifikasi keamanan informasi. Proteksi tadi bisa dimiliki perusahaan yang telah mendapatkan Sistem Manajemen Keamanan Informasi (ISMS) ISO 27001.

ISO 27001 mencakup banyak aspek sistem manajemen keamanan informasi, misalnya keamanan siber, manajemen risiko, audit, dan banyak lagi. Apakah langkah mendapatkan sertifikasi ISO 27001? Berikut ini tips agar mudah mendapatkan sertifikasi ISO 27001.

Manfaat Sertifikasi ISO 27001

Sebelum membagi tips atau trik mendapatkan sertifikasi ISO 27001, Anda perlu tahu manfaat sertifikasi keamanan informasi ini:

  • Data dan informasi perusahaan akan tetap aman.
  • Meningkatkan kepercayaan klien atau partner kerja karena perusahaan Anda mampu mengelola risiko keamanan.
  • Dengan meningkatkanya citra perusahaan, keuntungan lain pun akan didapatkan.
  • Perusahaan berperan aktif dalam persyaratan hukum sesuai UU ITE dan Permenkominfo No.4 Tahun 2016 tentang Sistem Manajemen Pengamanan Informasi.

 

Tips Agar Mudah Mendapatkan Sertifikasi ISO 27001

Berikut ini proses untuk mendapatkan sertifikasi keamanan informasi:

  • Gap Analysis

Gap analysis adalah metode yang diterapkan agar perusahaan mampu mengidentifikasi apakah sistem yang dipakai berjalan dengan tepat dan efektif. Dengan gap analysis, perusahaan juga bisa tahu apakah sistem mampu memenuhi target atau harapan.

  • Analisis Risiko

Tips agar mudah mendapatkan sertifikasi ISO 27001 selanjutnya adalah mengenali risiko yang ada atau mungkin muncul. Dengan mengetahui potensi risiko, perusahaan mampu mengambil tindakan pencegahan.

  • Dokumentasi

Setelah menerapkan gap analysis dan kajian risiko, Anda perlu mendokumentasikan seluruh proses tadi dengan baik. Dua tahap tadi akan berpengaruh pada tahap selanjutnya, seperti perencanaan, pelaksanaan, hingga evaluasi.

  • Implementasi

Setelah perencanaan dan dokumentasi tersusun, proses selanjutnya adalah mengimplementasikan sistem manajemen keamanan informasi. Dalam hal ini, semua pihak di perusahaan harus turut serta.

  • Internal Audit

Audit internal dibutuhkan untuk memastikan semua berjalan dengan tepat. Tim internal assessment haruslah orang yang objektif.

  • Audit Sertifikasi

Setelah dilakukan internal assessment, langkah selanjutnya adalah pengajuan sertifikasi ISO 27001 oleh perusahaan. Tim auditor akan menilai apakah perusahaan Anda telah memenuhi semua klausa yang ada pada ISO 27001 atau tidak.

Jika tim auditor menemukan penyimpangan, maka mereka akan melakukan pencatatan dan menetapkan waktu untuk tindakan korektif. Sertifikat akan diterbitkan apabila perbaikan telah dipenuhi.

  • Implementasi ISO 27001

Setelah perusahaan mengantongi sertifikasi keamanan informasi, perusahaan harus secara konsisten menerapkan standar manajemen keamanan informasi.

 

Itu tadi tips agar mudah mendapatkan ISO 27001. Dengan memenuhi langkah-langkah di atas, perusahaan Anda telah siap untuk menerapkan standar keamanan informasi yang tentu sangat bermanfaat bagi keamanan data penting perusahaan.