integrasolusi.com – Dalam menjalankan sebuah perusahaan atau organisasi, baik itu yang orientasinya pada bisnis ataupun tidak pasti tidak akan bisa lepas dari yang namanya komplain atau keluhan. Keluhan tidak hanya datang dari pelanggan, namun bisa juga datang dari internal organisasi, investor, dan stakeholder lainnya. adanya sebuah keluhan tidak selalu diidentikkan dengan sesuatu yang negatif saja, namun dengan adanya keluhan tersebut justru merupakan bahan yang mahal bagi organisasi untuk berbenah kedepannya. Pertanyaannya adalah apakah organisasi anda mampu mengelola keluhan tersebut menjadi peluang ?? tentu diperlukan sebuah sistem yang mendukung hal tersebut, salah satunya adalah dengan menggunakan aplikasi Helpdesk.

Aplikasi helpdesk telah digunakan perusahaan dari berbagai macam industri. Baik perusahaan yang dimiliki pemerintah maupun swasta. Aplikasi ini berperan untuk membantu perusahaan dalam mencatat semua hal yang disampaikan oleh para klien (kritik atau keluhan) ke perusahaan agar mereka mendapatkan solusinya, menangani kebutuhan klien, dan merekapitulasi laporan tertentu. Pada kesempatan ini, kami akan berbagi kepada Anda beberapa alasan, mengapa aplikasi helpdesk penting untuk di terapkan pada organisasi Anda, agar dapat membantu  perusahaan untuk merubah keluhan menjadi peluang. Antara lain adalah :

  1. Meningkatkan Kepuasan Pelanggan

Manfaat pertama Aplikasi helpdesk adalah untuk kepuasan pelanggan atau klien. Jika pelanggan bermasalah dengan produk yang dibeli lalu ia mengeluhkannya ke perusahaan, ia akan senang dan puas jika keluhannya direspon dengan cepat.Apalagi jika perusahaan memberikan solusi atas keluhan tersebut. Jika tidak, pelanggan bisa kecewa dan bukan tak mungkin mereview negatif ke teman-teman dan media sosial. Alhasil citra produk atau perusahaan pun buruk.

  1. Meningkatkan Kualitas Produk atau Jasa Perusahaan

Helpdesk juga dapat meningkatkan kualitas produk atau jasa yang dimiliki oleh perusahaan. Karena dengan keluhan pelanggan, perusahaan dapat mengevaluasi produk atau jasanya, menyelesaikan masalah, mendata masalah yang sering muncul dan mengelompokkannya, serta memeriksa semua keluhan berdasarkan topiknya. Semua yang telah dilakukan ini akan dilanjutkan ke divisi terkait. Sehingga semua divisi dapat meningkatkan kinerja untuk produk berkualitas.

  1. Membantu Kinerja Karyawan

Hal di atas sudah sedikit dijelaskan bahwa aplikasi helpdesk dapat meningkatkan kualitas kinerja. Karena keluhan dari pelanggan akan diteruskan ke divisi-divisi terkait. Lalu masing-masing divisi akan langsung menanggapi dan memberikan solusi atas keluhan tersebut. Alhasil kinerja karyawan lain akan semakin baik, efektif dalam bekerja, dan operasional perusahaan pun lebih efisien.

Tentu manfaat dari aplikasi helpdesk tidak hanya terbatas pada 3 poin yang kami sampaikan. Kegunaan aplikasi ini sudah tidak diragukan lagi manfaatnya, dengan mendigitalisasi sistem layanan keluhan pada organisasi atau perusahaan, akan membantu perusahaan untuk lebih maju dan bersaing dengan kompetitornya.

Ingin tahu lebih dalam mengenai bagaimana sistem aplikasi helpdesk bekerja ??

Silakan kontak kami, tim kami akan siap membantu Anda

 

 

 

 

 

Sumber
https://ajaib.co.id/fitur-dan-manfaat-helpdesk-dalam-dunia-bisnis/