Wajib Tahu, Jenis Dokumen Digital yang Populer di Masyarakat

2023-12-20T10:47:10+07:00 March 4th, 2023|Categories: Document Management System|Tags: , |

integrasolusi.com – Pesatnya perkembangan dunia digital, menuntut perusahaan untuk melakukan transformasi. Salah satu caranya adalah dengan menggunakan berbagai jenis dokumen digital. Dokumen digital sendiri adalah kumpulan informasi berupa media digital (non cetak) berupa teks dan gambar. Tujuan penggunaannya tidak lain untuk efisiensi dalam operasional perusahaan. 

Jenis Dokumen Digital yang Populer

Terdapat 5 jenis dokumen digital yang kerap digunakan dalam operasional perusahaan. Apa saja? Berikut penjelasannya. 

Microsoft Word Document (DOC)

Format dokumen digital yang paling populer adalah DOC. Format ini dapat dibuat dengan aplikasi pengolah kata di Microsoft Word. Selain melalui Microsoft Word, format DOC juga dapat diolah melalui beberapa aplikasi seperti Apple Pages atau Google Docs.

Portable Document Format (PDF)

Format dokumen berikutnya adalah PDF yang dapat dibuat menggunakan Adobe System. Tidak hanya berfungsi merepresentasikan dokumen dua dimensi, saat ini Anda sudah bisa membuat  PDF 3 dimensi dengan bantuan Adobe Acrobat 3D. Salah satu keunggulan dari PDF adalah dapat dibatasi dengan sandi sehingga lebih aman. 

Open Document Format (ODT)

ODT merupakan dokumen digital dengan format XML dan kerap menjadi standar format berkas untuk aplikasi perkantoran. Format dokumen ini sangat disarankan untuk membuat memo, karena prosesnya yang stabil dan cepat. Selain itu, Anda juga bisa membuat dokumen dengan berbagai jenis heading, gambar dan beragam format teks. 

Teks Biasa (TXT)

Teks biasa atau yang disebut sebagai plaintext adalah suatu jenis dokumen teks yang tidak mengikuti bahasa komputer. Dokumen digital ini hanya berisi teks berupa angka, karakter huruf,spasi serta tanda baca. Format dokumen akan mengacu pada standar kode ASCII. Untuk memproduksi dokumen TXT, Anda dapat menggunakan aplikasi Notepad. 

Baca juga:  Peraturan OJK yang Berkaitan dengan Keamanan Sistem Informasi Perbankan

Hypertext Markup Language (HTML)

HTML adalah format dokumen yang berisi kode yang akan digunakan dalam pembuatan website beserta isinya. Kode yang dimaksudkan berupa tulisan dengan susunan khusus yang dapat diubah sesuai dengan tampilan website yang diinginkan. Berkas HTML dapat dibuka dengan browser Google Chrome, Mozilla Firefox, atau Opera Mini. 

 

Banyak keuntungan yang bisa didapatkan perusahaan jika menggunakan berbagai jenis dokumen digital. Mulai dari keamanan yang lebih baik, efisien biaya serta kemudahan berkolaborasi dengan pihak lain. Tunggu apalagi? Segera beralih menggunakannya demi masa depan perusahaan yang lebih baik. Hubungi kami jika Anda ingin tahu lebih lanjut perihal DMS.