integrasolusi.com – Masih ingat dengan banyaknya kasus pembobolan data pribadi oleh peretas (hacker) yang menyebut dirinya Bjorka. Hingga kini, belum ketahuan juga identitas asli Bjorka. 

Ada yang berspekulasi bahwa Bjorka bukan hanya satu orang, namun sekelompok orang dengan keahlian meretas. Mulai dari data pribadi rakyat Indonesia hingga pejabat, semuanya kena. Bjorka pun menjual semuanya ke situs Breach Forum.

Seperti Apa Pencurian Data Pribadi oleh Bjorka?

Yang paling menghebohkan, dokumen surat online yang dilakukan oleh Presiden Joko Widodo termasuk salah satunya. Bahkan, pencurian data pribadi yang dilakukan oleh Bjorka tidak tanggung-tanggung.

Surat-surat digital yang dikirimkan Presiden Jokowi kepada BIN (Badan Intelijen Negara) juga berhasil dicuri oleh Bjorka. Selain itu, Bjorka juga melakukan doxing (penyalahgunaan data pribadi digital dengan tujuan kriminal) kepada beberapa pejabat pemerintah.

Beberapa korban doxing Bjorka termasuk Johnny G. Plate (Menteri Komunikasi dan Informatika), Erick Thohir (Menteri Badan Usaha Milik Negara), hingga Puan Maharani (Ketua Dewan Perwakilan Rakyat).

Mengingat sudah sampai seserius ini, audit keamanan informasi sangat diperlukan. Jangan sampai ada yang jadi korban lagi, karena penanganan masalah ini membutuhkan waktu yang tidak sebentar.

 

Yang Dapat Dipelajari dari Pembobolan Data Pribadi oleh Bjorka

Meskipun banyak juga yang mendukung Bjorka saat melakukan pencurian data pribadi pemerintah, bukan berarti kita harus merayakannya. Pasalnya, bisa saja data kita termasuk salah satu data yang juga dibobol oleh peretas yang sempat trending dan viral itu.

Memang, saat ini belum jelas sosok utama di balik nama Bjorka. Tak perlulah kita menunggu. Maka dari itulah, kita membutuhkan audit ISO 27001.

 

Pentingnya Audit ISO 27001

Penerapan keamanan berstandar ISO 27001 menjamin ketiga hal berikut:

Kerahasiaan

Penerapan ini berarti kepastian bahwa informasi perusahaan hanya bisa diakses oleh orang yang berkepentingan.

Integritas

Penerapan ini berarti kepastian bahwa informasi perusahaan akurat, lengkap, aman, serta tidak akan diganggu pihak yang tidak berkepentingan.

Ketersediaan

Penerapan ini berarti kepastian bahwa informasi perusahaan dapat diakses dengan mudah saat dibutuhkan..

Dengan adanya audit ISO 27001, perusahaan akan terbantu saat mengamankan semua data pribadi staf maupun klien mereka. Semoga tidak ada lagi peretas macam Bjorka yang pastinya menyusahkan banyak orang.

Hubungi kami untuk penjelasan lebih lanjut perihal ISO 27001.

 

Sumber:

https://mti.binus.ac.id/2021/11/17/pentingnya-iso-27001-sebagai-standard-keamanan-informasi-didalam-perusahaan/
https://www.theindonesianinstitute.com/bjorka-kebocoran-data-dan-cara-mengatasinya/