2 Metode Perencanaan Teknologi Informasi untuk Bisnis Anda

2024-01-11T09:45:03+07:00 July 23rd, 2023|Categories: IT Consulting|Tags: , |

integrasolusi.com Metode perencanaan teknologi informasi menjadi faktor penting dalam proses penyelarasan SI ataupun TIK dengan bisnis. Perencanaan ini secara umum juga digunakan untuk mendukung strategi bisnis perusahaan dalam mencapai tujuan lebih cepat. Berikut adalah beberapa metode yang bisa digunakan:

1. Metode Tozer

Ini adalah metode sederhana dan formal yang memiliki landasan di gagasan strategi bisnis. Melalui metode ini, Anda bisa memutuskan bagaimana penggunaan sistem informasi dan teknologi informasi serta pemanfaatannya. Dalam metode ini, ada 5 fase yang dilalui yakni:

  • Fase 0 dengan menentukan konteks dan ruang lingkup cakupan aktivitas bisnis.
  • Fase 1 dengan menentukan informasi bisnis dan pendukung melalui pengumpulan data.
  • Fase 2 yakni evaluasi kesesuaian sistem dengan kebutuhan bisnis saat ini. Salah satunya proses analisis SI dan TI yang terkait dengan hardware dan software yang digunakan perusahaan.
  • Fase 3 dengan menentukan solusi SI dan TI, penentuan solusi strategi aplikasi database, dan juga analisis kebutuhan TI di masa depan.
  • Fase 4 yakni proses penetapan rencana implementasi SI ke depannya.

Banyaknya perusahaan yang mulai membuat perencanaan sistem informasi atau teknologi informasi karena tergiur dengan manfaat dari SI atau TI ini. 

Sebut saja seperti penyelarasan sistem dengan bisnis, eksploitasi peluang dan melawan threat dari pesaing, hingga memperbaiki anggaran serta penggunaan sumber daya dengan lebih optimal.

Baca juga:  3 Hal Utama Dalam Perancangan Teknologi Informasi Perusahaan

2. Metode Ward and Peppard

Metode perencanaan teknologi informasi yang satu Ini punya keunggulan di dua hal yakni kerangka kerja dan teknik analisis. Kerangka kerja pada metode Ward and Peppard memiliki alur yang jelas. Selain itu, teknik analisisnya juga fokus pada kebutuhan bisnis dan TI kedepannya.

Beberapa teknik analisis yang digunakan adalah SWOT, Critical Success Factors, Balanced Scorecard, hingga Five Forces Competitive.

Ketika Anda melakukan perencanaan strategi sistem dan teknologi, maka ada beberapa faktor yang mempengaruhi kesuksesannya yakni:

  • Sumber daya manusia
  • Dukungan dari manajemen tingkat atas
  • Pemahaman mendalam atas bisnis dan lingkungan SI atau TI perusahaan
Baca juga:  Mengapa Infastruktur Teknologi Informasi Penting Bagi Perusahaan?

Pastikan faktor-faktor di atas tersedia agar metode perencanaan teknologi informasi yang Anda pilih bisa berjalan dengan baik. Hasilnya tujuan dan sasaran juga dapat tercapai dengan lebih cepat.

 

Sumber:
https://bkpsdmd.babelprov.go.id/content/perencanaan-strategi-sistem-informasi
https://www.scup.org/planning-type/information-technology-planning/
https://idmetafora.com/id/blog/read/645/Perencanaan-Strategis-Sistem-Informasi.html