3 Hal Utama Dalam Perancangan Teknologi Informasi Perusahaan

2024-01-04T09:21:43+07:00 April 4th, 2023|Categories: IT Consulting|Tags: , |

integrasolusi.com – Teknologi informasi memegang peranan penting dalam mengembangkan bisnis perusahaan. Oleh karena itu, perancangan teknologi informasi yang matang dibutuhkan untuk  menjaga stabilitas perusahaan di masa yang akan datang. Tujuannya, agar dapat terus bersaing dalam dunia bisnis yang kian kompetitif.  

 

Baca juga: Inilah Pentingnya Audit Teknologi Informasi yang Harus Perusahan Lakukan!

 

Agar dapat berfungsi secara maksimal, sistem teknologi informasi perusahaan harus mampu menghubungkan setiap unit kerja dan divisi yang ada. Dengan kata lain, agar alur informasi dapat berjalan lancar, perusahaan harus menciptakan sistem yang terintegrasi, fleksibel, dan dinamis. Bagaimana caranya? Berikut tiga poin utama yang perlu menjadi perhatian. 

Sistem Informasi 

Dalam perancangan teknologi informasi, hal utama yang perlu diperhatikan tentunya sistem informasi. Poin ini menyangkut segala jenis informasi yang dibutuhkan perusahaan, termasuk estimasi waktu yang dibutuhkan untuk mengolah data menjadi informasi yang siap didistribusikan. 

Beberapa hal lain yang juga perlu menjadi perhatian dalam poin ini adalah tingkat kedetailan informasi, cara penyampaian, hingga penanggung jawab informasi. Hal ini penting agar perancangan teknologi informasi nantinya dapat memenuhi kebutuhan semua pihak secara tepat dan cepat. 

 

Baca juga: Tantangan Utama Dalam Implementasi Master Plan TI Perusahaan

 

Teknologi Informasi

Dalam perancangan sistem teknologi informasi yang baik, tentunya dibutuhkan perangkat pendukung yang dapat membantu kelancaran distribusi informasi dalam perusahaan.  Hal ini menyangkut perangkat keras (hardware) hingga perangkat lunak (software). Perangkat keras yang dimaksud, antara lain alat komunikasi hingga infrastruktur komunikasi yang perlu dibuat.

Sementara itu, yang dimaksud perangkat lunak, antara lain sistem operasi, aplikasi yang digunakan, hingga database perusahaan. Kedua hal tersebut harus dibangun dengan selaras agar dapat menghasilkan sistem teknologi informasi yang mumpuni. 

Baca juga:  Sistem Manajemen Keamanan Informasi Berbasis Risiko

 

Baca juga: Kenali Apa Itu IT Master Plan serta Manfaatnya Bagi Perusahaan

 

Manajemen Informasi

Setelah membahas sistem dan teknologi yang dibutuhkan, hal selanjutnya yang penting dalam perancangan teknologi informasi perusahaan adalah menciptakan manajemen informasi yang baik. Di sinilah peran sumber daya manusia perusahaan mengambil andil. 

Manusia di sini berperan sebagai brainware, yakni pihak yang mengimplementasikan dan mengembangkan sistem teknologi informasi yang telah dibangun. Oleh sebab itu, diperlukan sumber daya yang mumpuni dan dapat bekerja sama untuk menjaga agar alur informasi berjalan lancar. 

 

Baca juga: Bagaimana Menerapkan IT Master Plan

 

Itulah hal mendasar tentang perancangan teknologi informasi yang penting Anda ketahui. Singkatnya, sebagai salah satu inti dari berjalannya sebuah bisnis, teknologi informasi harus sebisa mungkin disesuaikan dengan perkembangan zaman. Dengan demikian, bisnis perusahaan mampu terus bertahan dan berkembang secara selaras dan dinamis.