Tantangan Utama Dalam Implementasi Master Plan TI Perusahaan

2024-01-17T10:10:00+07:00 March 22nd, 2023|Categories: IT Consulting|Tags: , |

integrasolusi.com – Transformasi digital menjadi kebutuhan bagi setiap institusi dan perusahaan untuk dapat memenuhi tantangan di masa depan. Dalam prosesnya, Anda tidak bisa serta-merta melakukan transformasi digital. Perlu ada tahapan yang runut, termasuk di antaranya adalah implementasi master plan TI atau teknologi informasi. 

Implementasi master plan sistem teknologi informasi memberikan banyak manfaat dan kemudahan bagi pelaku bisnis ataupun institusi. Manfaat dan kemudahan tersebut di antaranya adalah: 

  • Meningkatkan efisiensi dan efektivitas operasional perusahaan
  • Memudahkan proses pengelolaan data yang menjadi aset penting perusahaan
  • Meningkatkan kualitas pelayanan
  • Meminimalkan penggunaan biaya
  • Bagian dari proses integrasi organisasi
  • Meningkatkan optimalisasi sumber daya
  • Dan banyak lagi yang lain

Kesulitan Menerapkan IT Master Plan yang Paling Utama

Implementasi IT master plan memang bakal memberikan banyak manfaat dan kemudahan bagi perusahaan dan instansi. Hanya saja, kenyataan di lapangan memperlihatkan kalau banyak instansi dan perusahaan yang enggan menerapkannya. Berkaitan dengan hal ini, ada 3 tantangan utama yang kerap menjadi hambatan, yaitu: 

1. Dukungan yang Minim dari Stakeholder

Kesulitan menerapkan IT master plan yang paling utama adalah terkait sikap dari stakeholder. Atasan atau pemilik perusahaan merasa tidak butuh, tak merasa memiliki, atau tidak memberikan motivasi dalam proses implementasi. Apalagi, mereka beranggapan kalau sistem yang ada sudah cukup untuk menunjang operasional instansi dan perusahaan.  

2. Kualitas SDM yang Tak Memadai

Faktor selanjutnya yang menjadi tantangan dalam implementasi IT master plan adalah kualitas SDM. Tidak semua orang memiliki pemahaman yang kuat tentang dunia IT. Di sisi lain, instansi atau perusahaan perlu mengalokasikan dana cukup besar untuk bisa meng-upgrade tingkat pemahaman SDM terhadap perkembangan dunia IT. 

Baca juga:  Ini Dia Penyedia TTE di Indonesia yang Diakui oleh Kominfo

3. Sistem IT yang Ketinggalan Zaman

Terakhir, ada tantangan dari sistem IT yang sudah ada. Anda perlu tahu kalau dunia IT sangat dinamis. Sistem IT yang canggih 5 tahun lalu, bisa jadi sudah ketinggalan zaman. Oleh karena itu, perusahaan bakal memerlukan dana yang sangat besar ketika ingin melakukan perubahan sistem secara menyeluruh. 

 

Baca juga: Bagaimana Menerapkan IT Master Plan

 

Lalu, bagaimana cara mengatasi berbagai tantangan tersebut? Anda perlu melakukan pendekatan secara tepat. Kalau perlu, libatkan tenaga konsultan untuk memberi pemahaman secara jelas tentang pentingnya manfaat IT master plan. 

Selanjutnya, Anda juga bisa menggunakan layanan konsultan untuk membantu proses implementasi master plan yang efektif. Solusi seperti ini, bisa Anda peroleh dengan memanfaatkan layanan dari PT Integra Teknologi Solusi. 

 

Baca juga: Kenali Apa Itu IT Master Plan serta Manfaatnya Bagi Perusahaan

 

Dengan pengalaman dalam dunia IT yang panjang, PT Integra Teknologi Solusi dapat membantu Anda untuk mengimplementasikan master plan secara tepat. Dengan begitu, Anda bisa memperoleh manfaat yang maksimal dari keberadaannya.